Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia

Authors

  • Iis Juniati Lathiifah STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bangka Tengah, Indonesia
  • Fitri Apriani STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bangka Tengah, Indonesia
  • Putri Cahyani Agustine STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung, Bangka Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255

Keywords:

training, learning material, PMRI, CPNS 2019

Abstract

[Bahasa]Salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah peningkatan mutu pendidikan. Namun kenyataannya guru kurang mengembangkan kreativitas untuk merencanakan, menyiapkan, dan membuat bahan ajar secara matang yang kaya inovasi sehingga menarik bagi siswa. Kebanyakan aktivitas pembelajaran matematika hanya menyajikan permasalahan dan rumus-rumus saja tanpa memperhatikan penanaman konsepnya. Melihat banyaknya CPNS calon guru pada tahun 2019 ini, terdapat peluang untuk merubah sistem belajar di sekolah agar lebih bervariatif. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengalaman bagi calon guru tentang pembuatan bahan ajar mengunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika dan mengahasilkan bahan ajar menggunakan konteks kehidupan sehari-hari. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan (workshop) yang mengedepankan praktik dengan metode on the job training dimana peserta pelatihan langsung bekerja di bawah bimbingan narasumber. Hasil kegiatan ini adalah produk bahan ajar berupa LKS menggunakan konteks kehidupan sehari-hari yang kemudian dibukukan dan diajukan Hak Ciptanya sehingga dapat digunakan oleh guru sekolah Dasar (SD). Setelah diadakan pelatihan diperoleh bahwa calon guru CPNS 2019 memiliki kemampuan yang sangat baik dan memilki berbagai ide kreatif dalam menyusun bahan ajar dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: pelatihan; bahan ajar; PMRI; CPNS 2019

[English]One of the essential aspects to improve the quality of human resources is to improve the quality of education. But in reality, the teachers are less creative in planning, preparing, and make rich and innovative teaching contents which attract the students. Mostly, mathematics learning activities only present problems and formulas without regard to the inculcation of the concepts. Considering the number of prospective teachers in 2019, there is an opportunity to change the learning approach in schools to be more varied. The purpose of this community service activity is to provide an understanding and experience for prospective teachers about making teaching materials using the Indonesian Realistic Mathematics Approach (PMRI) in learning mathematics and producing teaching materials using the context of everyday life. This community service is carried out in the form of workshops that prioritizes practice, employing the on the job training method in which the training participants directly work under the guidance of experts. The results of this activity are teaching material in the form of student worksheets using the context of daily life which are then recorded and submitted for copyright so that they can be used by elementary school teachers widely. After the training, it was found that pre-service teachers had very good abilities and a variety of creative ideas in compiling teaching materials in the context of daily life.

Keywords: training; learning material; PMRI; CPNS 2019

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255