Pelatihan manajemen taman pendidikan Al-Qur’an Nurul Hidayah Getap Barat Kelurahan Cakranegara Selatan Kec. Cakranegara Kota Mataram

Authors

  • Subki Subki Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2199

Keywords:

fungsi manajemen, lembaga pendidikan, maju dan terkemuka

Abstract

[Bahasa]Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih yang berdampak pada semakin menjamurnya lembaga pendidikan, baik swasta maupun negeri, baik lembaga pendidikan formal maupun non formal, mulai dari perkotaan  sampai [edesaan dan bahkan pelosok sekalipun, menuntut kepada semua penentu kebijakan baik pemerintah dan terlebih lagi bagi para pemangku kepentingan atau penentu kebijakan strategis pada masing-masing lembaga pendidikan yang bersangkutan untuk terus berbenah diri. Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Nurul Hidayah Getap Barat hadir di tengah-tengah masyarakat Getap Barat yang berada di wilayah kecamatan Cakranegara sebagai pusat perekonomian warga Mataram khususnya dan provinsi Nusa Tenggara Barat umumnya, sebagai wadah untuk membekali generasi muda  dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi serta informasi yang disajikan melalui media masa baik cetak maupun eketronik. Keberadaan sebuah lembaga pendidikan di tengah menjamurnya lembaga pendidikan di berbagai penjuru mulai dari perkotaan sampai pedesaan dan bahkan pelosok kampung terpencil sekalipun, akan dapat eksis manakala lembaga pendidikan yang  bersangkutan dikelola dan ditata dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pelatihan manajerial Taman Pendidikan al-Qur’an Nurul Hidayah getap Barat, dengan mengundang narasumber yang mumpuni di bidang manajemen. Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan dengan menerampakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas atau latihan.  Kegiatan tersebut dihadiri oleh 15 orang peserta, dengan rincian seorang kepala, tiga orang wakil (kesiswaan, kurikulum, dan   sarana –prasarana), seorang Bendahara dan 10 orang guru. Materi yang disampaikan pada saat pelatihan berkisar pada fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Masing-masing fungsi tersebut diperkuat oleh narasumber dengan memberikan ruang tanyajawab dan latihan sederhana kepada peserta.

Kata Kuncifungsi manajemen, lembaga pendidikan, maju dan terkemuka

Downloads

Download data is not yet available.

References

http://elangjawa-hidup.blogspot.co.id/2014/05/manajemen-pengelolaan-taman-pendidikan.html.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosydakarya, 2007

James A.F. Stoner, Management, New York: Prenticel /Hall International. Inc. 1982

George R Terry, Asas-asas Manajemen. Terj. Dr. Winardi. Cet. 8, Bandung: PT. Alumni, 2006

Sri Minarti, Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2011

John R. Schermerhon, Jr. 1996, Management, 5” Edition. John Woley and Sone, Inc New York, Diterjemahkan oleh M. Purnama Putranta, 1997.

Downloads

Published

2017-07-31

How to Cite

Subki, S. (2017). Pelatihan manajemen taman pendidikan Al-Qur’an Nurul Hidayah Getap Barat Kelurahan Cakranegara Selatan Kec. Cakranegara Kota Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 164–184. https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2199