Penguatan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran interaktif dengan program autoplay di MI Al-Ikhlasiyah Perampuan
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2201Keywords:
kompetensi guru, media interaktif, autoplayAbstract
[Bahasa]: Media memiliki peran vital dan strategis dalam memastikan praktek pembelajaran berjalan dengan baik. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengembangkan dan menguatkan kompetensi guru. Salah satu bentuk penguatan kompetensi tersebut adalah dengan pelatihan guru mendesain media pembelajaran interaktif dengan program Autoplay. Pelatihan ini dilaksanakan dalam lima tahapan yaitu; (1) Observasi Dan Pengenalan Madrasah; (2) Sosialisasi Program dan FGD; (3) Pelatihan mendesain media pembelajaran dengan software autoplay; (4) Pendampingan penguatan guru dalam pembelajaran dengan software autoplay tahap pertama; (5) Pendampingan penguatan guru dalam pembelajaran dengan software autoplay tahap kedua; (6) monitoring evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi perubahan mindset guru tentang inovasi pembelajaran ditambah lagi dengan peningkatan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran dengan software autoplay. Hasil kegiatan Pengbdian menunjukkan bahwa pengetahuan guru dalam mengoperasikan program tersebut semakin mengalami peningkatan dan dapat dimanfaatkan, dipraktikkan sebagai media pembelajaran di dalam kelas.
Kata Kunci: kompetensi guru, media interaktif, autoplay
Downloads
References
Ansori, Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi Society Edisi VII, Mataram: Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram, 2012.
Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Munadi Y., Media pembelajaran, Jakarta Selatan: GP Press Group, 2013.
Nasution, Teknologi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara: 2012.
Ruth Geee & Trudy-Ann Sweeney. Students’ Voices about Learning with’s Technology. Journal of Social Sciences.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, (Bandung: Al-Fabeta, 2013).
Seels, B.B. & Richey, R.C. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya (terjemahan). Washington DC: AECT, 1994.
Sukiman, Pengembangan media pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Sardiman, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
TOSUN Nilgün. Using Information and Communication Technologies in School Improvement. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology Volume 10 Issue 1 . 2011.
Yatim Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC, 2001.