Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu rumah tangga di Desa Petuluan Indah Lingsar melalui pengembangan manajemen pemasaran home industri (kerupuk ikan)
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i2.2400Keywords:
pemberdayaan, ekonomi ibu rumah tangga pengembangan, manajemen pemasaran, home industri (kerupuk ikan)Abstract
[Bahasa]: Kunci keberhasilan dalam kegiatan perekonomian dan pada prinsipnya juga bidang lainnya adalah mentalitas dan spirit untuk menggapai kemajuan- kemajuan yang direncanakan. Dalam mengelola perusahaannya seorang pegusaha dituntut untuk memiliki manajemen yang baik agar tidak mengalami kerugian,sebab manajemen yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tidaknya suatu usaha. Oleh karena itu pengusaha harus mempersiapkan manajemen yang matang sebelum melaksanakan kegiatan ekonominya,Kegiatan ini akan didesain dengan menggunakan metode partisipatory action research. Pendekatan ini mengutamakan pengetahuan dan pengalaman masyarakat sebagai solusi bagi masalah mereka sendiri. Untuk itu dalam proses awal kegiatan ini, fasilitator (tim dosen) mencoba untuk berdialog dengan ibu-ibu rumah tangga kemudian diungkapkan agar masyarakat dapat menganalisis dan menyimpulkan sendiri apa yang telah dilakukan. Selayaknya participatory action research, proses identifikasi (diagnosis), penyusunan rencana aksi, dan refleksi dilakukan secara bersama dengan masyarakat. Hasil pengabdian ini adalah desain packaging dapat membentuk pola loyalitas konsumen dengan cara mempengaruhi psikologis dan emosional. Contohnya melalui warna, keunikan bentuk kemasan, ilustrasi dan layout. Desain kemasan juga sangat berpengaruh terhadap standar perusahaan dalam penetapan harga sebuah produk diluar produksi. Desain packaging dapat membuat sebuah produk mempunyai identitas yang membuatnya berbeda diantara produk lainnya sejalan dengan persaingan merk dagang yang semakin kompetitif.
Kata Kunci: pemberdayaan, ekonomi ibu rumah tangga pengembangan, manajemen pemasaran, home industri (kerupuk ikan)
Downloads
References
Anonim, Mesin Produksi Kerupuk Ikan. http://www.vacuumfrying.com. Diakses pada 25 November 2016
B., Subroto Pemasaran Industri: Business to Business Marketing, Yogyakarta: ANDI Publisher, 2011.
D., Sunyoto Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus, Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2012.
Ibrahim, dkk, Strategi Pembangunan Pertanian, Yogyakarta: LABPERTA Pustaka Utama, 2003.
Karim, Adiwarman Azwar, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, Cet.1, 2004.
Kotler, Philipe dan Kevin L.K., Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2009.
M.T., Amir, Dinamika Pemasaran, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Rangkuti, AnalisisSWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Rukmana, Raden, Komoditas Unggulan dan Prospek Agribisnis, Yogyakarta: Kanisius, 2002.
S., Ashari, Meningkatkan Keunggulan Berikanan Tropis Indonesia, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.
Soekartawi, Agribisnis Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali press, 2006.
Soekartawi, Pengantar Teori Agroindustri, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.
Suparmoko, Irawan, M., Ekonomika Pembangunan Edisi Keenam, Yogyakarta: BPFF, 2002 .
Swatha, Bashu, Asas-asas Marketing, Yogyakarta: Liberty,1993.
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset, 1997.



