Metode cepat untuk belajar kitabah bahasa arab di MTs Baiturrahman NW Pemepek Lombok Tengah

Authors

  • M Achyar Institut Agama Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2407

Keywords:

metode cepat, kitabah

Abstract

[Bahasa]Dalam mempelajari bahasa Arab, salah satu kemahiran yang tidak dapat dikesampingkan begitu saja adalah kemahiran kitabah (menulis). Menulis merupakan kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan. Menulis tidak mungkin dipisahkan dengan keterampilan berbahasa lain seperti mendengarkan, berbicara dan membaca. Keempat keterampilan berbahasa itu harus saling melengkapi, mempengaruhi dan dipengaruhi. Pengalaman dan masukan yang diperoleh dari menyimak, berbicara, dan membaca, akan memberikan kontribusi berharga dalam menulis, begitu pula sebaliknya. Namun demikian, menulis memiliki karakter khas yang membedakannya dari yang lainnya. Sifat aktif dan produktif dalam menulis memberikannya ciri khusus dalam hal kecaraan, medium, dan ragam bahasa yang digunakannya. Karena sulitnya keterampilan menulis ini, maka diperlukan metode yang cepat tepat untuk menaklukannya. Berpijak dari itu semua, maka pendampinagn ini penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa di M.Ts Baiturrahman NW Pemepek Lombok Tengah dengan menggunakan metode baru yang tentunya lebih efektif, efisien, dan dengan active learning.

Kata kunci: metode cepat, kitabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

An-Naqoh, Mahmud Kamil, Ta’lim Lughah al-Arobiyah Lin-Naatiqin bilugotin Ukhro.Mekkah: Jamiah Ummul Quro, 1985.

Asyrofi, Syamsuddin, Model, Strategi, & Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Aura Pustaka, 2014.

Efendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2012.

Hamid, M. Abdul, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Hamzah, B. Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

‘Ulyan, Ahmad Fuad Mahmud, al-Maharah al-Lughowiyah, Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha, Darul Muslim, Riyadh, 1992.

Syahatah, Hasan, Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah Baina an-Nazhariyyah wa al-Tathbiq,al-Qohirah: al-Dar al-Mashriyah al-Lubnaniyah, 2002.

Zaenuddin, Radliyah, dkk, Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group, 2005.

Downloads

Published

2016-01-31

How to Cite

Achyar, M. (2016). Metode cepat untuk belajar kitabah bahasa arab di MTs Baiturrahman NW Pemepek Lombok Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12(1), 56–65. https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2407