Pemantapan manajemen pendidikan di Madrasah Nabi' Nubu' Kekait
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2408Keywords:
pemantapan, managemen pendidikanAbstract
[Bahasa]: Pemantapan Manajemen Pendidikan di Madrasah Nabi’ Nubu’ Kekait dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pendampingan yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasinya dengan melihat berbagai aspek yang ada seperti aspek kesiswaan, kurikulum, tata usaha, sarana dan prasarana, kepegawaian, keuangan dan hubungan masyarakat. Dengan tujuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritik sebagai wadah informasi tentang manajemen pendidikan madrasah, dan secara praktis memberikan rujukan bagi pengelola madarasah dalam mengambil kebijakan yang terkait dengan aplikasi manajemen pendidikan madrasah. Sementara itu model dan metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini antara lain: ceramah bervariasi (penyampaian materi melaui ceramah), demonstrasi dan latihan (praktek) langsung yang dipandu oleh pemateri. Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan data pendampingan dilakukan dengan melakukan dokumentasi terhadap data-data madrasah dan manajemennya, wawancara dengan pihak stakeholder dan observasi langsung di lapangan (obyek dampingan). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa secara umum pengelolaan managemen telah berjalan cukup baik dan telah sesuai pengelolaan manajemen pendidikan yang sebenarnya, baik yang terkait dengan manajemen kesiswaan, kurikulum, tata usaha, sarana dan prasarana, kepegawaian, dan hubungan masyarakat.
Kata Kunci: pemantapan, managemen pendidikan
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993.
Azra, Azyumardi, Paradigma baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Kompas, 2002.
Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Departemen Agama, Pengembangan Madrasah, Jakarta: Departemen Agama Press, 2004.
Fathurahman, P., dkk., Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: Rieka Aditama, 2013,
Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999
Nata, Abudin, (ed), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Grasindo, 2001.
Nawawi, Hadari et.al, Administrasi Sekolah, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1986.
Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta Toko Gunung Agung, 1996.
Nurhadi, Muljani A., Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Andi Offset, 1996.
Rahardjo, Madrasah Sebagai The Centre of Excellence, dalam Ismail SM (ed), Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Sagala, Syaeful, Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Nimas Multima, 2004.
Subrato, B. Suryo, Administrasi Disekolah, Jakarta: Bina Aksara, 1988.
Sutisna, Oteng, Administrasi Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1989.
Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan, Malang, IKIP Malang, 1989.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Sisdiknas) Bandung: Fokusmedia, 2003.
Usman, Manajemen, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, , 2009.
Wahid, A. Manajemen Berbasis Madrasah, Ikhtiar Menuju Madrasah Mandiri, dalam Ismail, Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Weztra, Pariarta, Ensiklopedi Administrasi, Jakarta Haji Masagung, 1989.