Pelatihan penyusunan rencana kerja madrasah (RKM) untuk peningkatan akreditasi di MTs NW Bebuak Desa Bebuak Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2409Keywords:
rencana kerja madrasah (RKM), akreditasiAbstract
[Bahasa]: Pelatihan penyusunan Rencana Kerja Madrasah (RKM) di MTS NW Bebuak bertujuan untuk meningkatkan akreditasi MTS NW Bebuak kecamatan Kopang. Pihak-pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah ketua atau perwakilan yayasan, kepala sekolah beserta Seluruh jajarannya, perwakilan wali murid atau komite madrasah, tim pengabdi IAIN Mataram serta Narasumber yang Expert di bidangnya. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan yang dilakukan dalam dua kali pertemuan yang melibatkan kepala madrasah, seluruh guru, perwakilan komite madrasah, serta ketua atau perwakilan yayasan. Sumber Daya Manusia yaitu Pengabdi sendiri selaku penanggungjawab kegiatan, Pemateri yang expert di bidangnya, Ketua Yayasan, Kepala Sekolah dan segenap jajarannya serta Perwakilan wali siswa selaku obyek kegiatan. Mahasiswa KKP IAIN Mataram sebagai bagian dari Tim pelaksana kegiatan yang membantu Pengabdi dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan. Adapun instrument pengabdian yang digunakan, antara lain: 1). Deep Interwiew atau wawancara mendalam. 2). Observasi. 3). Dokumentasi. Hasil kegiatan ini yaitu tersusunya Rencana Kerja Madrasah (RKM) NW Bebuak yang disusun oleh tim penyusun dokumen akreditasi yang merupakan peserta aktif dari kegiatan pelatihan ini yaitu kepala madrasah dan guru-guru, serta mempertimbangkan pula masukan dari komite sekolah serta pihak yayasan itu sendiri.
Kata Kunci: rencana kerja madrasah (RKM), akreditasi
Downloads
References
Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Penerbit Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Creswell, J.W., Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan, Edisi-3. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 4. Jakarta: DEPDIKNAS, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 2001
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 87, Tentang Akreditasi Sekolah, 2002
Maleong, L.J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Muhaimin, dkk., Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah, Jakarta: Kencana, 2009.
Muhroji, dkk., Manajemen Pendidikan : Pedoman bagi Kepala Sekolah Dan Guru. Surakarta : University Muhammadiyah Press, 2009.
Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung. Remaja Rosdakarya, 2002.
Mustofa, Akreditasi Sekolah/Madrasah”. http://mustofamuz. blogspot.com, Diakses pada tanggal 10 Oktober 2011.
Nanang, F., Landasan Manajemen Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Patilima, H., Metode Penelitian Kualitatif, Malang: UMM Press,2010
Permendiknas Nomor 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.
Permendiknas Nomor 69 Tentang Standar Biaya Non Operasional, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta., 2014.
Sumaryanto, Kajian Penyelenggaraan Akreditasi Sekolah Pada Pendidikan Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Suryosubroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.