Peningkatan eksistensi pendidikan di MTs. Babul Mujahidin melalui pelatihan outdoor class
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2410Keywords:
pelatihan, pengembangan, websiteAbstract
[Bahasa]: Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik investigasi atas fenomena atau gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya Outdoor learning memberikan dorongan perasaan kebebasan bagi siswa. Sebagai hasil dari tidak dibatasinya ruang berpikir siswa oleh dinding-dinding kelas. Berdasarkan uraian di atas maka Kegiatan Pengabdian kepada Masyarat ini ditujukan sebagai menjembati akademisi kampus IAIN Mataram dengan lembaga pendidikan islam sebagai basis utamanya. Sedangkan fokus utama dari Kegiatan Pengabdian kepada Masyarat ini adalah sebagai langkah inisiasi untuk meningkatkan eksistensi pendidikan yang berlangsung di MTs. Babul Mujahidin agar masyarakat sekitar, khususnya di Desa Bayan, lebih mengenal keberadaan MTs. Babul Mujahidin. Selanjutnya berdasarkan analisis kondisi madrasah tersebut. Hasil kegiatan ini adalah peserta pelatihan dapat memahami bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran di luar kelas serta dapat menerapkan pendekatan pembelajaran di luar kelas, hal ini tercermin dari perangkat pembelajaran yang sudah dikembangkan oleh guru.
Kata Kunci: pelatihan, pengembangan, website
Downloads
References
vera, Adelia, Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
Suherman, Ayi, Pengembangan Outdoor Education Pendidikan Jasmani Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.
Husamah, Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013