Pengembangan kompetensi digital academics writing berbasis COST untuk remaja di Puri Cinere Hijau Depok
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2659Keywords:
digital academics writing, COSTAbstract
[Bahasa]: Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada para remaja tentang membuat digital academics writing yang berbasis COST (comprehensive, objective, systematic, trusted) sehingga dapat Meningkatkan wawasan pengetahuan tentang menulis makalah atau karya tulis yang baik dan benar. Disamping itu juga meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Universitas Budi Luhur dengan Warga Puri Cinere Hijau Depok sebagai mitra. Metode yang digunakan adalah survey, wawancara, penyampaian materi dan praktikum serta memberikan kuesioner sebagai feedback dari mitra dan evaluasi dari kegiatan PKM. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Word dalam pembuatan digital academics writing yang berbasis COST berjalan dengan baik dan terbukti berdasarkan Analisis angket menunjukkan bahwa respon remaja terhadap Evaluasi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dalam Digital Academics Writing berbasis COST dengan rata-rata persentase sebesar 71%. Serta berdasarkan hasil evaluasi proses pelatihan menunjukkan 90% peserta setuju isi materi pelatihan jelas dan mudah dipahami, 80% Tutor memberi kesempatan untuk bertanya, 90% peserta sangat setuju bahwa tutor mampu menjawab pertanyaan peserta dengan jelas, 70% Peserta setuju bahwa tutor membantu dalam memahami materi yang disampaikan contoh latihan jelas dan mudah dipahami. Pelatihan ini meningkatkan kompetensi remaja dalam bidang menulis makalah atau bentuk digital academic writing lainnya serta memiliki dampak sangat positif bagi remaja khususnya pelajar dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas harian sekolah atau kampus dan juga sebagai modal dalam penyusunan makalah dan skripsi nantinya.
Kata Kunci: digital academics writing, COST
[English]: This community service aims to increase teenagers’ knowledge and skills on how to make Digital Academics Writing based by COST (comprehensive, objective, systematic, trusted) to increase their writing quality. It also improves relations and cooperation between Budi Luhur University and the partner (Puri Cinere Hijau Depok residents). The methods used were surveys, interviews, expository, and practicum. Questionnaires were also given to the participants as an evaluation of the program. The training on using Microsoft Word application to create Digital academic Writing based on COST was running well. The questionnaire results showed that the program improved participants’ Digital Academics Writing skills based on COST with 71% average. The evaluation of the training reveals that 90% of the participants agreed that the training content is clear and understandable, 80% agreed that the tutor facilitated a discussion, 90% strongly agreed that the tutor could answer the participants’ questions clearly, and 70% agreed that tutor had helped the participants to understand the delivered lesson, and appropriately given the exercises. The program has improved the participants’ competence in writing papers or another digital academic writing form. Also, it gives a strong positive impact on school students and university students to complete their daily school or college tasks and as a preparation for writing the thesis.
Keywords: digital academics writing, COST
Downloads
References
Aminatun, L. E. R. (2017). Implementasi Teknik Penilaian Proyek dan Penilaian Sejawat Untuk Menilai Kompetensi Menulis Proposal Siswa Kelas XI SMA Negeri Karangpandan [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/52279/
Hernawati, K. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Fitur Microsoft Word DalamPenyusunan Karya Ilmiah Bagi Guru. https://adoc.tips/artikel-kegiatan-ppm882ee1d50083864d77f09dcc175c2ba286149.html
Ikhwani, Y. (2015). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 Pada Smp H. A. Johansyah. A Banjarmasin. Al-Ikhlas, 1(1), 11–14. https://www.researchgate.net/publication/337907054_Pelatihan_Aplikasi_microsoft_word_2013_pada_SMP_HAJA
Juanita, S., Pramusinto, W., & Anif, M. (2019). Peningkatan sumber daya manusia pada yayasan ummah mulia bangsa di tangerang dalam pemanfaatan internet sebagai media publikasi dan literasi infomasi. Prosiding SENDI_U 2019. Universitas Stikubank. 117-123.
Karmilasari, Kurniawan, A. B., & Pertiwi, A. (2014). Pengembangan Model Alternatif Praktikum Jaringan Komputer Secara Mandiri Berbasis TIK. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 3(3), 118. https://doi.org/10.23887/janapati.v3i3.9821
Munawwaroh, Z. (2018). Menyusun makalah yang baik dan Benar. http://mp.fitk.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/MODUL-WOKELAH-MP-2018-created-Zahrotul-Mmunawwaroh-M.Pd_.pdf
Nasih, A.M. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Refika Aditama.
Persadha, D. A. K. (2016). STUDI KOMPETENSI KEMAMPUAN MENULIS DI KALANGAN MAHASISWA. MUADDIB, 06(01), 1–20. https://doi.org/10.24269/muaddib.v6n1.2016.1-20
Press, U. S. A. (2018). Teknik Penulisan Karya Ilmiah (Sugeng Kurniawan (ed.)). UIN Sunan Ampel Press.
Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R.D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat) UBJ, 3(2), 95–104.
Supina. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XC pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura: Pontianak. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3330/3349
Wahab, A.A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Alfabeta.