Pelatihan dasar menulis bagi guru madrasah Aliyah At-Tamimy Praya di Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2714Keywords:
menulis, guru madrasah, karya ilmiahAbstract
[Bahasa]: Kemajuan sebuah bangsa salah satunya ditentukan oleh kualitas sistem pendidikannya. Untuk memajukan sistem pendidikan dibutuhkan sumber daya manusia yaitu guru yang kompeten. Aktivitas menulis dapat mendukung pengembangan kemampuan akademik dan karier profesi guru. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih para guru madrasah mengenai teknik dasar menulis sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para guru memiliki kesadaran untuk mengembangkan karier profesi guru melalui aktivitas menulis. Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta At-tamimy, Praya, Kabupaten Lombok Tengah. Metode pengabdian masyarakat menggunakan pendekatan pelatihan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar para guru dalam mencari literatur dan menulis kerangka tulisan. Hasil kegiatan ini adalah para guru telah memiliki keterampilan dalam literasi referensi secara daring sebagai bahan rujukan dalam menulis. Para guru masih belum mampu menyusun kerangka tulisan dengan baik. Pelatihan menulis berkelanjutan perlu terus dilakukan agar para guru termotivasi dan memiliki keterampilan untuk mengembangkan karier profesi melalui kegiatan menulis.
Kata Kunci: menulis, guru madrasah, karya ilmiah
[English]: The quality of its education system determines the progress of a nation. Human resources, qualified teachers, are essential to improve the education system. Writing activities can support the development of academic skills and professional careers for teachers. This community service aimed to train teachers of a madrasah in basic writing techniques then after participating in this activity, it is expected that the teachers will have the awareness to develop professional teaching careers through writing activities. This activity was carried out at At-Tamimy Madrasah Aliyah, Praya, Central Lombok Regency. The community service method used a training approach to increase teachers' basic knowledge and skills in searching for literature and writing written frameworks. This activity showed that the teachers have skills in online reference literacy as reference material in writing. However, teachers are still not able to develop a good writing framework. Continuous writing training needs to be carried out to be motivated and have the skills to create professional careers through writing activities.
Keywords: writing activities, teacher of the madrasah, scientific paper
Downloads
References
Caswita. (2020). Forum Gumeulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Karya Ilmiah di Kota Tasikmalaya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 8(1), 418–429. https://doi.org/10.36052/andragogi.v8i1.122
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.07
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science, 4(2), 1–12. www.theijes.com
Hand, B., & Prain, V. (2002). Teachers Implementing Writing-To-Learn Strategies in Junior Secondary Science: A Case Study. Science Education, 86(6), 737–755. https://doi.org/10.1002/sce.10016
Kemendikbud. (2010). Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.
Lam, R. (2019). Teacher assessment literacy: Surveying knowledge, conceptions and practices of classroom-based writing assessment in Hong Kong. System, 81, 78–89. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.01.006
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru Sma Swasta Di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
Muhali, M., Prayogi, S., Asy’ari, M., Hunaepi, H., Sukarma, I. K. S. K., Mirawati, B., Syamsuri, T. S., Firdaus, L., & Fitriani, H. (2019). Pelatihan Guru MIPA MAN 3 Lombok Tengah dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran yang Melatihkan Kemampuan Metakognisi Siswa. BAKTIMAS?: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 49. https://doi.org/10.32672/btm.v1i1.1182
Noey, R. A. (2000). Human resource management: gaining competitive advantage, 5th ed. McGraw Hill.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 98–114.
Sumartini, Mulyani, M., & Nugroho, B. A. (2019). Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Puruhita, 1(1), 54–59. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita/
Trisniawati, T.-, Wardani, K., & Azizah, D. M. (2018). Optimalisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Guru Sd Negeri Jetis 2 Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 1(1), 77. https://doi.org/10.30738/ad.v1i1.2086
Wijayanti, S. H., & Arian, Y. D. (2017). Penulisan Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar Pascapelatihan. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(2), 447–461. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i2.94