Pengembangan ‘gully’ melalui pengadaan alat produksi, strategi pemasaran dan desain label kemasan untuk IRT susu olahan
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.3805Keywords:
susu olahan, kefir, landing page, M99 Beverage, GullyAbstract
[Bahasa]: M99 Beverage adalah salah satu industri rumah tangga (IRT) di desa Tambakyudan, Kota Pasuruan yang bergerak pada produk olahan susu, salah satunya yaitu ‘Gully’ (Yoghurt Jelly). Di masa sulit pandemi Covid-19, M99 Beverage terpaksa vakum setelah berupaya maksimal untuk tetap beroperasi di tiga bulan awal kasus positif Covid-19. Permasalahan yang dihadapi M99 Beverage adalah terkait dengan upaya produksi, pengemasan, dan pemasaran produk. Produksi Gully tidak berjalan secara maksimal karena masih diproduksi secara manual dan tergantung pada suhu ruangan dalam pembuatan kefirnya. Masalah lainnya adalah desain kemasan produk yang belum optimal dan strategi pemasaran yang masih manual (hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut). Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas produksi dan penjualan M99 Beverage sebagai mitra kegiatan melalui pengadaan alat produksi, pemasaran produk, dan perbaikan desain label atau kemasan produk. Metode yang digunakan meliputi observasi, identifikasi masalah, perumusan masalah, pelaksanaa kegiatan sebagai tindakan solusi permasalahan, dan evaluasi output Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mitra dapat berinovasi dalam penambahan varian produk yang baru yaitu es lilin, es krim dan Gully Squeeze. Setelah kegiatan ini mitra juga berhasil mendesain label yang lebih representatif dan mencerminkan branding yang baik. Mitra juga berhasil membuat media promosi produk yang berbasis platform digital antara lain facebook, twitter, dan landing page. Dengan langkah-langkah solusi yang dilakukan melalui program ini, produksi dan penjualan mitra bertambah dari 40 botol/ minggu di bulan Juni 2021, menjadi 60 botol/minggu di bulan Juli 2021. Ini menunjukkan pengabdian kepada masyarakat ini efektif dalam meningkatkan aktivitas produksi industri rumah tangga yang bergerak dalam bidang susu olahan.
Kata Kunci: susu olahan, kefir, landing page, M99 Beverage, Gully
[English]: M99 Beverage is one of the home industries (IRT) in Tambakyudan village, Pasuruan City that produces dairy products, one of which is 'Gully' (Yoghurt Jelly). During the Covid-19 pandemic, M99 Beverage had to halt any operations after trying to operate in the first three months of Covid-19. The problems faced by M99 Beverage are related to production, packaging, and product marketing efforts. Gully production was not optimal because it is still produced manually and depends on room temperature. Other problems are related to the non-optimal design of product packaging and marketing strategies, which are still manual (only relies on word-of-mouth marketing). The purpose of this community program is to increase the production and sales activities of M99 Beverage as a partner through procurement of production equipment, product marketing, and improvement of product labels or packaging designs. The methods used include observation, problem identification, problem formulation, implementation of problem solution actions, and evaluation of the outputs. The results of this program show that the partners can innovate in adding new product variants, namely ice wax, ice cream, and Gully Squeeze. After this program, partners also succeeded in designing labels that were more representative and reflect good branding. They have also succeeded in creating product promotion media based on digital platforms, including Facebook, Twitter, and landing pages. With the solution steps carried out through this program, partners' production and sales have increased from 40 bottles/week in June 2021, to 60 bottles/week in July 2021. This shows that this program is effective in increasing household industrial production activities, which operates in the dairy sector.
Keywords: dairy product, kefir, landing page, M99 Beverage, Gully
Downloads
References
Aryanata, I.W.R. (2021). Kefir Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan, 3(1), 35-38.
Amir, N.O & Mustikawati, D. (2019) Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3(4), 681-688. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.04.3
Indrawati, AP., Sudiarta, IN., & Suardana, IW. (2017). Efektifitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di KRISNA Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78-83.
Jannah, M. (2016). Inovasi Kemasan Produk Pada UD.SEGER WARAS Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Repository Universitas Negeri Jember. Diakses di: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76640
Kamardi, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Tahu di Kota Solok. Repositori Universitas Andalas. Diakses di http://scholar.unand.ac.id/41984/
Nihayah, I. (2015). Pengaruh Konsentrasi Starter Terhadap Kualitas Kefir Susu Sapid dan Pemanfaatannya Sebagai Penurun Kadar Kolesterol Mencit (Mus musculus). Skripsi jurusan biologi, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/426/
Pemerintah Kabupaten Pasuruan. (2018). Sapi Perah. Diakses dari https://www.pasuruankab.go.id/potensi-167-sapi-perah.html
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purnaningrum, E. (2018). Pengembangan Pemasaran Online dan Pengemasan Produk Berperan terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Penamas Adi Buana, 2(1) , 7-10.
Soejono, F., Sunarni, T., Bendi, R. KJ., Efila, MR., Anthony, S., & Angeliana, W. (2020). Pendampingan Usaha: Penggunaan One Single Submission untuk Ijin Usaha. Jurnal Wikrama Parahita, 2(4), 104-108. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i2.2214
Suciati, F, & Safitri, L.S. (2021). Pangan Fungsional Berbasis Susu dan Produk Turunannya. Journal of Surimi (Sustainable Research In Management of Agroindustry). 1 (1), 13-19. https://doi.org/10.35970/surimi.v1i1.535
Sudarwati, W., & Prasetyawati, M. (2016). Evaluasi Pengembangan Industri Kreatif Pemula dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 8 November 2016
Suriasih. (2013). Kefir susu sapi Bali meningkatkan kadar IgG, IgA, dan sel penghasil IgA pada saluran pencernaan dan serum mencit BALB/C yang diinfeksi dengan Escherichia
coli. Disertasi Program Pasca Sarjana Universitas Udayana. Denpasar.