Sosialisasi pelestarian pencak silat sebagai warisan budaya dan soft power indonesia

Authors

  • Junita Budi Rachman Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Savitri Adityani Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Dadan Suryadipura Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Bima Prawira Utama Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Sintia Catur Sutantri International Women University, Bandung, Indonesia
  • Mohamad Rizky Novalini Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.3999

Keywords:

Indonesia, pelestarian, pencak silat, soft power, warisan budaya

Abstract

[Bahasa]Pencak silat merupakan warisan nasional negara Indonesia yang perlu dikenal dan dilestarikan oleh generasi muda. Oleh karenanya, diperlukan upaya masif untuk mengenalkan pencak silat kepada generasi muda yang salah satunya melalui kegiatan sosialisasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berbentuk sosialiasasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap siswa sekolah menengah pertama tentang pentingnya pencak silat sebagai warisan budaya sekaligus sumber soft power Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan dan kesediaan untuk bertindak setelah sosialisasi kepada pelajar sekolah menengah pertama (SMP 2) Bandung. Dengan menggunakan model sosialisasi partisipatif dari Mead (1972), kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam empat tahap yaitu tahap persiapan (preparatory stage), tahap meniru atau bermain peran (play stage), tahap siap bertindak (game stage) dan tahap penerimaan target atas norma kolektif (generalized stage). Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan deskripsi data statistik sederhana. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang baik mengenai pentingnya pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia dan sebagai sumber soft power bagi negara Indonesia. Mayoritas siswa setuju untuk ikut berpartisipasi dalam mempromosikan pencak silat sebagai bentuk kesadaran dan tanggung jawab sosial mereka. Dengan demikian, kelestarian pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia dan pencak silat sebagai sumber soft power Indonesia potensial untuk diwujudkan melalui para siswa sekolah menengah pertama sebagai generasi penerus.

Kata Kunci: Indonesia, pelestarian, pencak silat, soft power, warisan budaya

[English]Pencak silat is the national heritage of the Indonesian that needs to be known and preserved by the younger generation. Thus, massive efforts are needed to introduce pencak silat to the younger generation, one of which is through socialization activities. Socialization in the context of this community service program was carried out to junior high school students (SMP 2) Bandung aiming to provide knowledge and understanding of the importance of pencak silat as a cultural heritage and source of Indonesian soft power, as well as to find out how their reception and the willingness to act after socialization. By using the participatory socialization model from Mead (1972), the socialization consisted of four stages; preparatory stage, play stage, game stage, and generalized stage. The results of the program were analyzed using qualitative methods with the description of simple statistical data. The results of the socialization shows that students gained good knowledge and understanding about the importance of pencak silat as Indonesian cultural heritage and as a source of soft power for the Indonesian state. The majority of students agreed to participate in promoting pencak silat as a form of their awareness and social responsibility. Thus, the preservation of pencak silat as an Indonesian cultural heritage and pencak silat as a source of Indonesian soft power has the potential to be realized through junior high school students as the next generation.

Keywords: Indonesia, preservation, pencak silat, soft power, cultural heritage

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, D. (2017). Telaah Kritis Gagagasan Sosialisasi Mead: Self, Mind, Society. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 1(1), 61-79. https://doi.org/10.20961/habitus.v1i1.18856

Ediyono, S., & Widodo, S. T. (2019). Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat. Panggung: Jurnal Seni Budaya, 29(3). 299-313, http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v29i3.1014

Gristyutawati, A. D., Purwono, E. P., & Widodo, A. (2012). Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(3), 129-135. https://doi.org/10.15294/active.v1i3.443

Kemenlu.go.id. (2019). Pencak Silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia oleh UNESCO. (Artikel web) Diambil di: Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia: https://kemlu.go.id/portal/id/read/890/berita/pencak-silat-ditetapkan-sebagai-warisan-budaya-tak-benda-dunia-oleh-unesco

Kriswanto, E. S. (2015). Pencak Silat, Sajarah dan Perkembangan Pencak Silat, Teknik-teknik dalam Pencak Silat, Pengetahuan Dasar Pertandingan Pencak Silat. Bantul Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Mead, G. H. (1972). Mind, Self, and Society from the Standpoint of a Social Behaviorist. Chicago: University of Chicago.

Muhyi, M., & Purbojati. (2014). Penguatan Olahraga Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Nusantara. Jurnal Budaya Nusantara, 1(2), 141-147. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol1.no2.a415

Nye, J. S. (2004). Soft Power: the Means to Success in World Politics. . New York: Public Affairs.

Rachman, J. B., Aditiany, S., Suryadipura, D., Utama, B. P., Sutantri, S. C., & Novalini, M. R. (2019). Asian Games 2018: Kajian Soft Power Pada Perhelatan Mega Olahraga. Bandung: CV. Pustaka Utama Bandung (Anggota IKAPI).

Subroto, J., & Rohadi., M. (1996). Kaidah-Kaidah Pencak Silat Seni yang Tergabung dalam IPSI. Solo: CV Aneka.

Sucipto, M. P. (2009). Materi Pokok Pencak Silat. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutantri, S. C. (2018). Diplomasi Kebudayaan Indonesia dalam Proses Pengusulan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi , 8(1), 28-47. doi:0.34010/jipsi.v8i1.876

Welianto, A. (2020). Kompas.com. Pencak Silat: Arti, Sejarahnya dan Teknik Dasar (Artikel web). Diakses di: https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/06/080000569/pencak-silat--arti-sejarahnya-dan-teknik-dasar?page=all.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rachman, J. B., Adityani, S., Suryadipura, D., Utama, B. P., Sutantri, S. C., & Novalini, M. R. (2021). Sosialisasi pelestarian pencak silat sebagai warisan budaya dan soft power indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 207–219. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.3999