Sosialisasi dampak pernikahan dini terhadap persepsi dan pemahaman siswa pada program kuliah kerja partisipatif dari rumah (KKP DR)

Authors

  • Soni Ariawan Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, Indonesia
  • Baiq Imroatul Hasanah Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, Indonesia
  • Desi Rusmana Divisi Pendidikan Kesehatan Gelora Education Center, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4001

Keywords:

pernikahan usia anak, persepsi positif, persepsi negatif, persepsi relatif

Abstract

[Bahasa]Pernikahan usia anak atau pernikahan dini masih menjadi masalah serius di Indonesia. Siswa sekolah sebagai generasi pada kelompok umur tersebut perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif terkait penyebab dan akibat pernikahan usia anak sebagai upaya preventif. Kegiatan pengabdian ini penting dilakukan dengan tujuan mengubah persepsi siswa terhadap penyebab dan dampak dari pernikahan usia anak atau pernikahan dini tersebut. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi dan bertempat di MA Nurul Haq Karang Bejelo Kabupaten Lombok Tengah. Sebanyak 50 peserta dari kelas XII mengikuti kegiatan tersebut. Namun karena keterbatasan waktu, hanya 30 orang yang mengisi pretest dan posttest melalui google form yang telah disediakan. Hasil analisis dari pretest dan posttest menunjukkan bahwa sebelum sosialisasi dilakukan, masih terdapat siswa yang memiliki persepsi positif dan persepsi relatif terhadap dampak pernikahan usia anak. Selain itu, mereka juga tidak mampu menyebutkan beberapa faktor penyebab dan dampak dari pernikahan usia anak ini. Setelah dilakukan sosialisasi, persepsi dan pemahaman mereka terhadap pernikahan dini berubah. Mereka meyakini pernikahan dini akan membawa kerugian dalam hal psikologis, biologis dan aspek kehidupan sosial. Mereka juga mampu menyebutkan berbagai faktor penyebab dan dampak dari pernikahan usia anak ini seperti dampak psikologis, biologis, budaya, sosial, ekonomi dan pendidikan. Hal ini menjukkan bahwa setelah diadakan sosialisasi, persepsi dan pemahaman siswa berubah.

Kata Kunci: pernikahan usia anak, persepsi positif, persepsi negatif, persepsi relatif

[English]Early marriage is still considered as one of the serious problems in Indonesia. School students need to have a comprehensive knowledge dealing with the causes and effects of early marriage as one of the preventive actions. This community service program is significantly crucial to change the students’ perception on the causes and effects of early marriage. Socializations were held as the methodology of this program that took place at MA Nurul Haq Karang Bejelo Central Lombok District. It involved 50 students, however, due to the limitation of time, just 30 students participated in pretest and posttest developed in google form and distributed online. The tests found that there were some students who had positive and relative perception on the impacts of early marriage. In addition, they were also unable to mention various factors that cause early marriage and its impact. The perception and understanding have been changed after the socialization. They believe that early marriage would bring more harms than goods in terms of psychological, biological, and social aspect of life. Furthermore, the students were able to mention various factors that cause early marriage, such as lack of education, lack of family education as well as the misuse of technology and social media. This indicates that the students have already understood the material delivered in the socialization.

Keywords: early marriage, positive perception, negative perception, relative perception

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Ariawan, S., Hasanah, B. I., & Rusmana, D. (2021). Sosialisasi dampak pernikahan dini terhadap persepsi dan pemahaman siswa pada program kuliah kerja partisipatif dari rumah (KKP DR). Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 296–306. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4001