Peningkatan peran rumah belajar garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di masa pandemi

Authors

  • Agus Riyanto Universitas Lampung, Bandarlampung, Indonesia
  • Junaidi Junaidi Universitas Lampung, Bandarlampung, Indonesia
  • Iqbal Firdaus Universitas Lampung, Bandarlampung, Indonesia
  • Simon Sembiring Universitas Lampung, Bandarlampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4007

Keywords:

anak-anak, Rumah Belajar Garasi, Garasi kids, pandemi Covid-19

Abstract

[Bahasa]Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia mempengaruhi proses pembelajaran anak sekolah, khususnya di Indonesia. Mereka diharuskan belajar dari rumah secara daring sehingga memerlukan pendampingan dari orang tua. Orang tua dari anak-anak dengan berbagai latar belakang pendidikannya belum optimal dalam melakukan pendampingan belajar ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan peran Rumah Belajar Garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di lingkungan RT 04 Jalan Kramat Jaya, Desa Hajimena, Natar, Lampung Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim pengabdian bersama pengelola rumah belajar membuat perangkat media pembelajaran berupa modul dan video yang disebut dengan Garasi kids serta pemberian edukasi kepada warga selaku orang tua. Tim pengabdian juga membuat program pendukung lainnya seperti kegiatan mewarnai dan membuat mozaik untuk anak serta menghadirkan mobil pintar di Rumah Belajar Garasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui dua pendekatan yaitu edukasi terhadap orang tua dan pendampingan anak mereka dalam proses belajar. Edukasi kepada orang tua ditujukan agar mereka memiliki kemampuan untuk membimbing anak-anaknya saat belajar di rumah. Sementara pendampingan kepada anak ditujukan agar mereka lebih mudah untuk memahami materi pelajaran khususnya bernalar matematika. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan Garasi kids pada Rumah Belajar Garasi yang disertai keaktifan, semangat belajar, anak dan juga dukungan orang tua mampu meningkatkan kemampuan bernalar matematika anak-anak secara signifikan. Meskipun terdapat sebagian kecil anak-anak berada pada predikat cukup baik dalam menyerap matematika, namun mereka memiliki keunggulan di bidang seni dan kemampuan bekerja sama dengan teman-temannya. Minat baca anak-anak juga tumbuh dengan kehadiran mobil pintar di Rumah Belajar Garasi. Dengan demikian, optimalisasi Rumah Belajar Garasi melalui Garasi kids dapat memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran anak di rumah pada masa pendemi.

Kata Kunci: anak-anak, Rumah Belajar Garasi, Garasi kids, pandemi Covid-19

[English]The Covid-19 pandemic has hit the world affecting the learning process of school children, especially in Indonesia. They are required to study from home so they need assistance from their parents. Parents with various educational backgrounds are not optimal in providing this learning assistance.This community service program aims to increase the role of the Rumah Belajar Garasi in maintaining the enthusiasm of children's learning in RT 04 Kramat Jaya Street, Hajimena, Natar, South Lampung. To achieve this goal, we created Garasi kids and educated the society. In addition, other supporting programs were also made, such as coloring, making mosaics, and presenting Mobil Pintar. The implementation of this program was carried out through two approaches, namely educating parents and assisting children in learning. Education for parents is intended to guide their children while studying at home, while mentoring children is targeted to make it easier for them to understand the subject matter. The results of this program show that the use of Garasi kids in Rumah Belajar Garasi accompanied by activeness, enthusiasm for children's learning and also parental support can significantly improve children's mathematical reasoning abilities. Although a small number of children are in a pretty good predicate in understanding mathematics, they have the ability in the arts and work together with their friends. Children's interest in reading also grows with the coming of mobil pintar to the Rumah Belajar Garasi. Thus, the optimization of the Rumah Belajar Garasi through the Garasi Kids makes a positive contribution to the children's learning process at home during the pandemic.

Keywords: children, Rumah Belajar Garasi, Garasi kids, pandemic Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan?: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, pp. 586–595).

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 4–6. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203

Handayani, T., Khasanah, H. N., Yosintha, R., Tidar, U., Artikel, H., Tegalarum, D., & Tegalarum, D. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. Adipraja: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107–115. http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Hayati, N., Harianto, F., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176

Lestari, I. P., Purnamasari, V., & Purnamasari, I. (2021). Pendampingan Siswa pada Program Belajar Dari Rumah untuk Membangun Semangat Siswa Sekolah Dasar di Desa Pekalongan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 12–17. https://doi.org/10.51874/jips.v2i1.10

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 58–75. https://doi.org/10.24114/jud.v5i1.16189

Mureiningsih, E. S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Jurnal Madaniyah, 7, 214–229.

Mustara, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Purnama, S. (2010). Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 113–130. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.102

Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPS.. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 121–126.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. ttps://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. In Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (pp. 224–232).

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.705

Yuhenita, N. N., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi bagi warga dusun macanan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 215–219. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3711

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Riyanto, A., Junaidi, J., Firdaus, I., & Sembiring, S. (2021). Peningkatan peran rumah belajar garasi dalam menjaga semangat belajar anak-anak di masa pandemi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 233–244. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4007