Pendampingan pembuatan alat permainan edukatif (APE) matematika bagi guru PAUD di Kelurahan Balandai Kota Palopo

Authors

  • Nur Rahmah Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia
  • Nursyamsi Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia
  • Subhan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4345

Keywords:

Alat Permainan Edukatif (APE), guru PAUD, pelatihan, pendampingan

Abstract

[Bahasa]: Ketidakmampuan guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelurahan Balandai Kota Palopo dalam menciptakan alat peraga secara mandiri menyebabkan praktik pembelajaran di sekolah tersebut masih mengandalkan alat peraga buatan pabrik. Oleh karenanya, kreativitas guru PAUD dalam merancang dan menciptakan alat peraga edukatif (APE) perlu didorong melalui partisipasi guru dalam pelatihan atau workshop pembuatan APE. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan keterampilan kepada guru PAUD dalam merancang APE matematika melalui program pelatihan dan pendampingan serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa PAUD melalui pemanfaatan APE yang telah dibuat. Mitra kegiatan ini adalah 16 orang guru PAUD pada Kelurahan Balandai Kota Palopo dengan pelaksanaan pelatihan bertempat di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo serta pelaksanaan program pendampingan yang bertempat di lembaga satuan masing-masing. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Participation Action Research (PAR) yang berbentuk program pelatihan dan pendampingan secara kemitraan. Tahapan kegiatan meliputi yaitu pemetaan, persiapan, pelaksanaan, tindak lanjut serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan beberapa hal antara lain: (1) Persentase terpenuhinya semua indikator pada uji kompetensi konseptual pembuatan APE matematika mencapai 78,13%, (2) Persentase peserta dengan kategori mampu pada uji kompetensi teknis pembuatan APE adalah sebesar 84,38%, (3) Hasil observasi aktifitas anak selama pemanfaatan APE secara keseluruhan masuk pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 37,89% dan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 49,47%, dan (4) Rata-rata persentase ketuntasan hasil observasi aktifitas anak selama pemanfaatan APE pada setiap lembaga adalah sebesar 82%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pelatihan dan pendampingan pembuatan APE matematika bagi guru PAUD di Kelurahan Balandai Kota Palopo efektif terhadap perkembangan hasil belajar anak.

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif (APE), guru PAUD, pelatihan, pendampingan

[English]: The inability of Early Childhood Education (PAUD) teachers in Balandai Village, Palopo City in developing teaching aids independently causes learning practices at the school to still rely on factory-made teaching aids. Therefore, the creativity of PAUD teachers in designing and creating educational teaching aids (APE) needs to be encouraged through teacher participation in training or workshops. The purpose of this community service program is to equip PAUD teachers with skills in designing mathematics APE through training and mentoring programs as well as improving PAUD students' mathematics learning outcomes through the use of the aids. The partners of this program were 16 PAUD teachers in Balandai Village, Palopo City. The training took place at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training IAIN Palopo and the mentoring programs were held in the teachers’ respective institutions. The method used in this community service was Participation Action Research (PAR) in the form of partnership training and mentoring programs. The stages of the programs included mapping, preparation, implementation, follow-up and monitoring and evaluation. The results of this activity show that: (1) The percentage of fulfillment of all indicators in the conceptual competency test for making mathematical aids reaches 78.13%, (2) The percentage of participants in the capable category on the technical competency test for making APE is 84.38%, (3) The results of observing children's activities during the use of APE as a whole are in the category of Expected Development (BSH) at 37.89% and Very Good Development (BSB) at 49.47%, and (4) The average percentage of completeness results on the observation of children's activities during the use of APE at each institution was 82%. Thus, the program to support PAUD teachers in developing mathematics APE in Balandai Village, Palopo City is effective for the development of children's learning outcomes.

Keywords: educational teaching aids (APE), early childhood teachers, training, mentoring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, & Hartini, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematika melalui Permainan Balok dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Kelompok B TK Pelemgadung 3 Jaten Pelemgadung. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3027

Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763

Chandra, R. D. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-45. Diakses di https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia/article/view/1872

Djeni, D., Waluyo, E., Agustin, V., Loviga, A., & Pratama, D. (2019). Pkm Pemanfaatan Botol dan Kardus Bekas dalam Pembuatan Alat Peraga Edukatif (Ape) di Gugus PAUD 10 Kecamatan Kanigaran Probolinggo. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.36841/integritas.v3i1.346

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan. Sepanjang Rentang Kehidupan. Gramedia.

Imaduddin, M., Nihayati, L., Nugroho, T. W., Murti, W. B., Sa’adah, L., & Kurniasari, D. (2021). Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Topik Ekologi Berbasis STEAM pada Kelompok Guru PAUD Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 27–37. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2702

Ismawati, P. (2016). Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam” Terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan.” SELING; Jurnal Program Studi PGRA, 2 (1), 66. https://doi.org/10.29062/seling.v2i1.218

Kidwai, H., Iyengar, R., Witenstein, M. A., Byker, E. J., & Setty, R. (Eds.). (2017). Participatory action research and educational development: South Asian perspectives. Springer.

Mursalin, E., & Setiaji, A. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sains Sederhana Bagi Guru PAUD. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(4), 140–148. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i1.21237

Musa, N. I. (2018). Pengembangan Permainan Edukatif Balok Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Ciluuk BA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nafi'ah, A. (2019). Peningkatan Kemampuan mengenal Bentuk Geometri melalui Permainan Lompat Geometri pada Kelompok B-3 Di Raudhatul Athfal Perwanida Rejoso Nganjuk. UIN Sunan Ampel Surabaya, Tarbiyah dan Keguruan. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sriningsih & Rachmawati. (2008). Implementasi Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. UPI Bandung, Sekolah Pascasarjana, Bandung.

Sudono, A. (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (I ed.). Jakarta: Grasindo.

Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). Ibm Pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru PAUD Di Kota bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84-91. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177

Susilowati, E., Fathonah, N., Astutik, E. P., Hadi, S., & Prayitno, L. L. (2020). Pendampingan Bunda PAUD dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Sederhana untuk Pengenalan Konsep Bangun Datar. Jurnal SOLMA, 9(1), 131–142. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4714

Tatminingsih, S. (2019). Alternative Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183-190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rahmah, N., Nursyamsi, & Subhan. (2022). Pendampingan pembuatan alat permainan edukatif (APE) matematika bagi guru PAUD di Kelurahan Balandai Kota Palopo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 137–153. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4345