Pendampingan pemanfaatan aplikasi Electronic Supply Chain Management bagi kelompok UMKM Kartini Mandiri di Kabupaten Jepara

Authors

  • Fatchur Rohman Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Nur Aeni Widiastuti Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia
  • Santi Andriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4530

Keywords:

Electronic Supply Chain Management, Jepara, pemasaran daring, UMKM

Abstract

[Bahasa]: Di era teknologi informasi yang terus berkembang, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu memanfaatkan aplikasi digital untuk membantu pemasaran dan pendistribusian produk bisnisnya. Masalah utama yang masih dihadapi pelaku UMKM adalah adanya penerapan model single agen sehingga pelaku usaha sangat bergantung kepada satu agen atau reseller dalam mendapatkan bahan baku produk. Proses pemasaran produk juga masih mengandalkan metode “dari mulut ke mulut” dan penyebaran google form. Pengabdian kepada masyarakat yang bermitra dengan Paguyuban UMKM Kartini Mandiri Jepara ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada mitra dalam proses produksi dan pemasaran produk melalui pendampingan pemanfaatan aplikasi Electronic Supply Chain Management (E-SCM). Pengabdian ini juga membekali pengetahuan dan keterampilan mitra dalam proses pemasaran komoditas dan pengelolaan keuangan. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah Participation Action Research (PAR) melalui studi pendahuluan, sosialiasi, pelatihan, dan pendampingan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa aplikasi E-SCM mampu mengatasi masalah utama mitra di bidang bahan baku, pemasaran, dan manajemen. Program pengabdian ini membantu angota Paguyuban UMKM Kartini Mandiri Jepara dalam mendapatkan informasi secara langsung dari pihak pertama sebagai pemasok bahan baku tanpa perantara. Aplikasi E-SCM juga membantu proses sinkronisasi pelbagai platform marketplace populer seperti Facebook, Shopee, dan Tokopedia.

Kata Kunci: Electronic Supply Chain Management, Jepara, pemasaran daring, UMKM

[English]: In the information-technology era, the use of digital applications to help Small and Medium Enterprises (UMKM) in marketing and distributing their business products is necessary. A primary problem faced by UMKM is the implementation of a single agent model in which they rely on one agent or reseller in obtaining raw materials. This community service program in partnership with the association of UMKM Kartini Mandiri of Jepara aims to support the partners in the production process and product marketing through training in using Electronic Supply Chain Management (E-SCM) application in their business. It also equips the partners with knowledge and skills in the process of commodity marketing and financial management. The method used in this program was Participation Action Research (PAR) through preliminary studies, socialization, training, and mentorship. The results reveal that the E-SCM application can overcome the partners’ problems to attain the raw materials, marketing, and management. This program helps the Members of the Kartini Mandiri Association to get information directly from the first party as a supplier of raw materials without intermediaries. The E-SCM application also helps in synchronizing various popular marketplace platforms such as Facebook, Shopee, and Tokopedia.

Keywords: Electronic Supply Chain Management, Jepara, online marketing, Micro Small Medium Enterprise

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Diakses di https://apjii.or.id/survei

Azizah, N., & Pramandari, V. D. (2018). Implementasi Supply Chain Management Pada Umkm Tenun Troso Jepara. NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 3(1), 11–16. https://doi.org/10.36564/njca.v3i1.65

Azizah, N., & Widiastuti, N. A. (2018). Teknologi Geolocation Berbasis Android dengan Metode K-Means untuk Pemetaan UMKM di Kabupaten Jepara. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 8(2), 218. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp218-224

Bhakti, D. D. (2018). Simulasi Berbasis Multi-Agent Cerdas Untuk Pemilihan Supplier Berdasarkan Multi-Issue Negotiation. Jurnal Petik, 1(1), 1. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.53

Biro Pusat Statistik. (2021). Proporsi Kredit UMKM Terhadap Total Kredit (Triliun Rupiah). Jakarta.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Joni, I. D. M. A. B. (2018). Analisa Implementasi E-Scm Pada Model Bisnis Distribution Outlet (Distro). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1), 146–156. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.12739

Martasubrata, M. F., & Priyadi, Y. (2020). Analisis Kesiapan UMKM Dalam Mengadopsi E-SCM Melalui Kolaborasi Technology Acceptance Model dan Data Flow Diagram di UMKM Clothing Line Lokal Bandung. Sosiohumanitas, 21(2), 108–115. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v21i2.1249

Muhfiatun, M., & Nugraha, M. R. (2019). Penerapan Konsep Suply Chains Management Dalam Pengembangan Pola Distribusi Dan Wilayah Pemasaran Umkm Desa Krambilsawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 2(2), 357–382. https://doi.org/10.14421/jpm.2018.022-08

Nasution, D. S. (2018). Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Sektor Industri UKM Roti Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Menuju Industri Mandiri. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 27–34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.572

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Setyaningsih, N. D., & Asnawi, N. (2021). Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Syariah: Pendekatan Participatory Action Research. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 124–143. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v2i1.199

Utama, A. A. G. S., Arista, D., Alvaro, H., & Fachruddin, A. (2018). E-Supply Chain Management?: Efisiensi Pemasaran Rantai Pasok. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, Dan UMKM, 1(2), 1–7. Diakses di https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/109

Widiastuti, N. A., Zainudin, A., Filza, D. L., Prayoga, A. P., & Muzakki, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Instagram di CV. Karunia Barokah Jepara. Abdimas Universal, 4(1), 28–33. Diakses di http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversal/article/view/155

Widyaningrum, P. W., & Bharata, W. (2017). Workshop Internet Dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Kelompok Pengusaha Muda Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ADIMAS, vol 1 No 1, 1–7. http://dx.doi.org/10.24269/adi.v1i1.410

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rohman, F., Widiastuti, N. A., Saefudin, A., & Andriyani, S. (2022). Pendampingan pemanfaatan aplikasi Electronic Supply Chain Management bagi kelompok UMKM Kartini Mandiri di Kabupaten Jepara. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 84–98. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4530