Penguatan peran orang tua dalam pemenuhan gizi dan kesehatan mental anak sekolah selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19

Authors

  • Lailatul Muniroh Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Ika Yuniar Cahyanti Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
  • Septa Indra Puspikawati Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4712

Keywords:

COVID-19, gizi seimbang, kesehatan mental, peran orang tua

Abstract

[Bahasa]: Pandemi COVID-19 memaksa pelaksanaan pembelajaran anak sekolah dilakukan secara daring (online). Hal ini berdampak pada munculnya permasalahan seperti kejenuhan siswa, gangguan mood siswa, psikosomatis yang diawali dari rasa cemas/gelisah, stres hingga depresi, kurang gerak pada siswa, dan kecenderungan makan berlebihan. Dibutuhkan peran orang tua untuk membantu siswa mengatasi permasalah tersebut. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada orang tua siswa mengenai pemenuhan gizi seimbang dan kesehatan mental pada anak sekolah selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Focuss Group Discussion (FGD) untuk menggali permasalahan siswa dan edukasi penguatan peran orang tua dalam pemenuhan gizi dan kesehatan mental anak. Hasil FGD digunakan sebagai dasar penyusunan dua modul yaitu modul tips pemenuhan gizi seimbang dan modul pemenuhan kesehatan mental anak. Kegiatan edukasi diawali dengan pemberian pretest dan diakhiri dengan pemberian posttest kepada orang tua siswa. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan orang tua siswa mengenai gizi seimbang dan kesehatan mental anak sebesar 54,5%. Orang tua siswa antusias dan terlibat aktif dalam diskusi selama edukasi berlangsung. Kegiatan edukasi ini ditindaklanjuti dengan pembentukan group Whatsapp sebagai upaya untuk mengontrol agar kegiatan terus berkesinambungan.

Kata Kunci: COVID-19, gizi seimbang, kesehatan mental, peran orang tua

[English]: COVID-19 pandemic made students do online learning, which resulted in the emergence of problems, such as students’ boredom, mood disorders, psychosomatic starting from anxiety, stress to depression, lack of movement, and the tendency of overeating. It takes the role of parents to help students overcome these problems. The purpose of this community service program was to provide education to parents regarding the fulfillment of balanced nutrition and mental health in school children during online learning. The method used in this program was Focus Group Discussions (FGD) to explore student problems and strengthen the role of parents in fulfilling children's nutrition and mental health. The results of the FGD were used for compiling two modules, namely the tips for fulfilling balanced nutrition and children's mental health. The education program was carried out by administering a pre-test and a post-test. This program showed an increase in the knowledge of parents by 54.5%. During the educational session, the parents were enthusiastic and actively involved in discussions. Then it was followed up with a Whatsapp group as an effort to keep the program sustainable.

Keywords: COVID-19, balanced nutrition, mental health, the role of parents

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balitbangkes. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Donsu, J. (2017). Psikologi Keperawatan (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fabian C., Pagan, I., Rios, J. L., Betancourt, J., Cruz, S. Y., Gonzales, A. M. (2013). Dietary Patterns and their Association with Sociodemographic Characteristics and Perceived Academic Stress of College Students in Puerto Rico. Puerto Rico Health Sciences Journal, 32(1), 36-43. Diakses di https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23556264/

Fikawati, S., Syafiq, A., & Veratamala, A. (2017). Gizi Anak dan Remaja. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Gonzalez, M. J., & Miranda-massari, J. R. (2014). Diet and Stress. The Psychiatric Clinics of North America, 37, 579–589. https://doi.org/10.1016/j.psc.2014.08.004

Halford, J. C. G., Boyland, E. J., Hughes, G., Oliveira, L. P., & Dovey, T. M. (2007). Beyond-brand effect of television (TV) food advertisements/commercials on caloric intake and food choice of 5-7-year-old children. Appetite, 49(1), 263–267. https://doi.org/10.1016/j.appet.2006.12.003

Han, J. C., Lawlor, D. A., & Kimm, S. Y. (2010). Childhood obesity. The Lancet, 375(9727), 1737–1748. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(10)60171-7

Harris, J. L., Bargh, J. A., & Brownell, K. D. (2009). Priming Effects of Television Food Advertising on Eating Behavior. Health Psychology, 28(4), 404–413. https://doi.org/10.1037/a0014399

He, M., Piché, L., & Beynon, C. (2010). Screen-related sedentary behaviours?: Children ’ s and parents ’ attitudes , motivations , and practices. Journal of Nutrition Education and Behaviour, 42(1), 17–25. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2008.11.011

Isrokatun, I., Rahayu, M., Dewi, W. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan mental Peserta Didik di Masa Pandemi COvid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 834-851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1987

Jair Vidal, E., Alvarez, D., Martinez-Velarde, D., Vidal-Damas, L., Yuncar-Rojas, K. A., Julca-Malca, A., & Bernabe-Ortiz, A. (2018). Perceived stress and high fat intake: A study in a sample of undergraduate students. PLoS ONE, 13(3), 1–11. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0192827

Kandiah, J., Yake, M., & Willett, H. (2008). Effects of stress on eating practices among adults. Family and Consumer Sciences Research Journal, 37(1), 27–38. https://doi.org/10.1177/1077727X08322148

Kemenkes RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

KEMENKES RI. (2011). Strategi Nasional Penerapan Pola Konsumsi Makanan Dan Aktivitas Fisik Untuk Mencegah Penyakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.

KEMENKES RI. (2014). Pedoman Umum Gizi Seimbang. Jakarta: Kemenkes RI.

KEMENKES RI. (2019). Laporan Provinsi Jawa Timur Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Laugero, K. D., Falcon, L. M., & Tucker, K. L. (2011). Relationship between perceived stress and dietary and activity patterns in older adults participating in the Boston Puerto Rican Health Study. Appetite, 56(1), 194–204. https://doi.org/10.1016/j.appet.2010.11.001

Liputan6.com. (2021). Tertinggi Nasional, Kematian Covid-19 di Jatim capai 234 Kasus Hari ini. Diakses di https://surabaya.liputan6.com/read/4607021/tertinggi-nasional-kematian-covid-19-di-jatim-capai-234-kasus-hari-ini

Mahan, L., Falcon, L., & Raymond, J. (2012). Krause’s Food & The Nutrition Care Process, 13th ed (13th ed.). USA: Elsevier Saunders.

Ngalimun. (2015). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nuryanto, Pramono, A., Niken, P., & Muis, S.F. (2014). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 3(1), 32-35. https://doi.org/10.14710/jgi.3.1.121-125

Paramitha, N. M. (2012). Hubungan Stres Dan Faktor Lainnya Dengan Konsumsi Makanan Mahasiswa Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia Tahun 2012. Universitas Indonesia.

Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Powell, L. M., Schermbeck, R. M., & Chaloupka, F. J. (2013). Nutritional content of food and beverage products in television advertisements seen on children’s programming. Childhood Obesity, 9(6), 524–531. https://doi.org/10.1089/chi.2013.0072

Pujiati, Arneliwati, & Rahmalia, S. (2015). Hubungan Antara Perilaku Makan dengan Status Gizi Pada Remaja Putri. Jurnal Online Mahasiswa (JOM), 2(2), 1345–1352. Diakses di https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/8302

Riyanto, A., Junaidi, Firdaus, I., & Sembiring, S. (2021). Peningkatan Peran Rumah Belajar Garasi dalam Menjaga Semangat Belajar Anak-anak di Masa Pandemi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 233-244. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i2.4007

Scott, C., & Johnstone, A. M. (2012). Stress and eating behaviour: Implications for obesity. Obesity Facts, 5(2), 277–287. https://doi.org/10.1159/000338340

United Nations Indonesia. (2020). Pernyataan Bersama tentang Ketahanan Pangan dan Gizi dalam Konteks Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses di https://www.unicef.org/indonesia/media/4901/file/Pernyataan Bersama tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.pdf

Wijayanti, A., Margawati, A., & Wijayanti, H. S. (2019). Hubungan Stres, Perilaku Makan, Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Journal of Nutrition College, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i1.23807

Zogara, A. U. (2021). Edukasi Gizi Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar Tentang Sarapan sehat. CHMK Health Journal, 5(2), 290-296. Diakses di http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/kesehatan/article/view/971

Zulaekah, S. (2012). Efektivitas Pendidikan Gizi dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Anak SD. Jurnal Kesmas, 7(2), 121-128. Diakses di https://www.neliti.com/id/publications/25318/efektivitas-pendidikan-gizi-dengan-media-booklet-terhadap-pengetahuan-gizi-anak

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Muniroh, L., Cahyanti, I. Y., & Puspikawati, S. I. (2022). Penguatan peran orang tua dalam pemenuhan gizi dan kesehatan mental anak sekolah selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 59–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4712