Penyuluhan teknik manajemen stres thought stopping dan hipnotis lima jari bagi perempuan Suku Dayak Ma’anyan

Authors

  • Lanawati Lanawati STIKES Suaka Insan, Banjarmasin, Indonesia
  • Margareta Martini STIKES Suaka Insan, Banjarmasin, Indonesia
  • Theresia Ivana STIKES Suaka Insan, Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4728

Keywords:

hipnotis lima jari, teknik manajemen stres, thought stopping, Suku Dayak Ma’anyan

Abstract

[Bahasa]: Perempuan suku Dayak Ma’anyan terikat pada peraturan adat dalam perilaku sosialnya. Banyak aturan adat yang mengatur kehidupan perempuan pada suku tersebut. Contohnya seperti itampadi pada ibu postpartum dan adat Ipilah pada perempuan yang hamil di luar nikah. Aturan adat yang berlaku ini berpotensi menjadi sumber stressor pada kelompok perempuan tersebut. Oleh sebab itu, penyuluhan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perempuan suku Dayak Ma’anyan terkait stres dan proses adaptasi serta manajemen stres dengan teknik thought stopping dan hipnotis lima jari. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait stres dan proses adaptasi, sementara untuk teknik manajemen stres menggunakan metode demonstrasi. Keberhasilan penyuluhan dilakukan dengan mengukur pengetahuan dan kemampuan peserta dalam meredemonstrasikan teknik thought stopping dan hipnotis lima jari. Pre-test dan post-test diberikan untuk mengetahui perubahan pengetahuan peserta dan observasi digunakan untuk mengetahui demonstrasi. Hasil penyuluhan ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada kategori cukup sebesar 18,75% dan peningkatan pengetahuan pada kategori baik sebesar 6,25%. Ditemukan pula fakta bahwa 12,5% peserta justru mengalami penurunan pengetahuan. Peserta juga belum mampu secara mandiri menerapkan teknik manajemen stres yang diajarkan. Akan tetapi, secara menyeluruh peserta penyuluhan mampu memahami dan mempraktikan teknik manajemen stres yang diajarkan. Untuk mengoptimalkan kebermanfaatan penyuluhan kesehatan, kedua teknik manajemen stres perlu diberikan dalam bentuk audio atau audio visual.

Kata Kunci: hipnotis lima jari, teknik manajemen stres, thought stopping, Suku Dayak Ma’anyan

[English]: Ma'anyan Dayak women are bound by customary rules in their social behavior. There were a number of customary rules that regulate the lives of women in the tribe, for example, Itampadi for postpartum mothers and Ipilah for women who get pregnant before marriage. This customary rule has the potential to be a source of stress for this group of women. Therefore, this health education aims to provide understanding to Ma'anyan Dayak women related to stress and the adaptation process as well as stress management with thought-stopping techniques and five-finger hypnosis. The method used in this program was lecturing to increase participants’ knowledge about stress and the adaptation process, while a demonstration was utilized for stress management. The effectiveness of the counseling is measured through the participants’ knowledge and ability to re-demonstrate the thought-stopping techniques and five-finger hypnosis. A pre-test and post-test were administered to examine the increase in the participants’ knowledge and observations were designed to evaluate the demonstrations. The results showed an increase in the participants’ knowledge in the sufficient category by 18.75% and an increase in knowledge in the good category by 6.25%. It was also found that 12.5% ??of the participants experienced a decrease in knowledge. The participants have not been able to independently apply the stress management techniques. However, overall, the participants were able to understand and practice the stress management techniques. To optimize the benefits of health education, stress management techniques need to be provided in audio or audio-visual forms.

Keywords: five finger hypnosis, stress management techniques, thought stopping, Ma'anyan Dayak Tribe

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Didymus, F. F. (2017). Olympic and international level sports coaches’ experiences of stressors, appraisals, and coping stressors, appraisals, and coping. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 9(2), 214–232. https://doi.org/10.1080/2159676X.2016.1261364

Elbaar, E. F., & Misrita. (2017). Meneroka eksistensi perempuan dayak dalam ritual gawi belum.

Grandinetti, P., Gooney, M., Scheibein, F., Testa, R., Ruggieri, G., Tondo, P., … Berardis, D. De. (2021). Stress and Maladaptive Coping of Italians Health Care Professionals during the First Wave of the Pandemic. Brain Sci, 11, 1586. https://doi.org/10.3390/brainsci11121586

Hartono, D., Hidayat, U. A., Cahyati, Y., & Poddar, S. (2021). Reducing Anxiety Levels Through Intergrative Intervention of FIve Finger Hyonosis and Aromatherapy. Malaysian Journal Of Medical Research, 5(July), 5–10. https://doi.org/10.31674/mjmr.2021.v05i03.002

Hirsch, J. D., Nemlekar, P., Phuong, P., Hollenbach, K. A., Lee, K. C., Adler, D. S., & Morello, C. M. (2020). Patterns of Stress , Coping and Health-Related Quality of Life in Doctor of Pharmacy Students. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(3). https://doi.org/10.5688/ajpe7547

Kemenkes, P. (2009). Profil Kesehatan Indonesia 2009. Diakses di https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2009.pdf

Kiles, T. M., Cernasev, A., Tran, B., & Burns, M. C. (2021). Effects of Racial Trauma on Black Doctor of Pharmacy Students. American Journal of Pharmaceutical Education, 85(9). Diakses di https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8655149/

Kriakous, S. A., Elliott, K. A., & Owen, R. (2019). Coping , Mindfulness , Stress , and Burnout among Forensic Health Care Professionals. Journal of Forensic Psychology Research and Practice, 1–19. https://doi.org/10.1080/24732850.2018.1556545

Lanawati, L. (2019). Studi Fenomenologi; Pengalaman Psikologis Perempuan Suku Dayak Ma’anyan Menjalani Adat Ipilah. Universitas Brawijaya.

Lanawati, L., & Ivana, T. (2020). Adat Ipilah: sebuah pengalaman hidup yang traumatis. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 425–434. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.425-434

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Patonah, S., Atik, S., & Elly, I. (2013). Hubungan pengetahuan dg kecemasaan.

Seery, M. D., & Quinton, W. J. (2016). Understanding Resilience?: From Negative Life Events to Everyday Stressors. Advances in Experimental Social Psychology (1st ed., Vol. 54). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/bs.aesp.2016.02.002

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. (B. A. Keliat, Ed.) (Indonesia). Singapore: Elsevier.

Suryani, U., Guslinda, G., Fridalni, N., & Kontesa, A. (2021). Pemberian Terapi Thought Stopping Untuk Mengatasi Kecemasaan Akibat Penyakit Fisik Pada Lansia. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i1.404

Syarniah, Rizani, A., & Sirait, E. (2014). Studi deskriptif persepsi masyarakat tentang pasung pada klien gangguan jiwa berdasarkan karakteristik demografi di desa sungai arpat kecamatan karang intan kabupaten banjar. Jurnal Skala Kesehatan, 5(2). https://doi.org/10.31964/jsk.v5i2.22

Wijayanti, A. E., Anisah, N., & Lesmana, T. C. (2021). Terapi Hipnotis Lima Jari pada Lansia dengan Gangguan Kecemasaan. DIMAS, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 137–140. https://doi.org/10.47317/dmk.v3i2.353

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2018). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah dan Audiovisual dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Tentang Sadari di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 6 No 2 Des, 116–128. Diakses di https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/viewFile/6439/5917

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Lanawati, L., Martini, M., & Ivana, T. (2022). Penyuluhan teknik manajemen stres thought stopping dan hipnotis lima jari bagi perempuan Suku Dayak Ma’anyan . Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 99–110. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4728