Penerapan OpenDK untuk pengelolaan data desa di Kecamatan Petang Kabupaten Badung
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4838Keywords:
data desa, Kecamatan Petang, OpenDK, websiteAbstract
[Bahasa]: Pemerintah Kecamatan Petang telah menerapkan teknologi informasi dalam pengelolaan data desa yang dapat diakses melalui website https://petang.badungkab.go.id. Meskipun penerapan teknologi informasi telah dilakukan, pengelolaan data desa masih belum optimal. Kendala yang dihadapi adalah terbatasnya pengetahuan perangkat kecamatan dalam pengelolaan website yang dimiliki. Permasalahan lain yang dihadapi oleh pemerintah Kecamatan Petang adalah kesulitan dalam mendapatkan data valid dan up to date yang bersumber dari desa di Kecamatan Petang. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu pemerintah Kecamatan Petang dalam mengotomatisasi pengelolaan data yang bersumber dari desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR) dengan dua pendekatan yaitu penyelesaian masalah dan peran serta. Dengan metode ini, Tim Pengabdian memberikan penyelesaian masalah yang dihadapi pemerintah Kecamatan Petang melalui (1) instalasi dan konfigurasi website kecamatan dengan OpenDK, (2) pelatihan pengelolaan website kecamatan dengan OpenDK, dan (3) integrasi data desa ke OpenDK. Pemerintah kecamatan Petang sebagai mitra dalam kegiatan ini ikut berperan serta aktif dalam seluruh program. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah (1) pemerintah Kecamatan Petang memiliki OpenDK sebagai sistem pengelolaan data desa, (2) rata-rata sebanyak 78.57% peserta memahami pengelolaan website kecamatan dengan OpenDK, dan (3) pemerintah Kecamatan Petang telah memahami bagaimana mengoperasikan OpenDK untuk menampilkan dashboard hasil integrasi data desa dan OpenDK.
Kata Kunci: data desa, Kecamatan Petang, OpenDK, website
[English]: Petang sub-district has been implementing information technology in managing village data which can be accessed through the website https://petang.badungkab.go.id. Despite the fact, the data management is yet optimal. The obstacle faced is limited knowledge of the sub-district apparatus to manage the website. Another problem is the difficulty in obtaining valid and up-to-date data sourced from villages. The purpose of this community service program is to assist the Petang sub-district officers in automating the management of data. The method used in this program was Participatory Action Research (PAR) through two approaches, namely problem-solving and participation. In this method, the program team provides solutions to problems faced by Petang sub-district, including (1) installation and configuration of the website using OpenDK, (2) a website management training using OpenDK, and (3) integration of village data into OpenDK. Petang sub-district as a partner participated actively in all programs. The results obtained in this program are (1) the sub-district has OpenDK as a village data management system, (2) 78.57% of the participants understand the management of the sub-district website using OpenDK, and (3) the apparatus of Petang sub-district has understood how to operate OpenDK to display a dashboard of the integration of village data and OpenDK.
Keywords: village data, Petang District, OpenDK, website
Downloads
References
Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? PERSPEKTIF, 10(2), 616–626. https://doi.org/10.31289/PERSPEKTIF.V10I2.4905
Bahrawi. (2015). Tata Kelola Perencanaan Sistem Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Governance of Information and Communication Technology (Ict) System Planning. Jurnal Penelitian Komunikasi, 18(1), 57–68. https://doi.org/10.20422/jpk.v18i1.20
BPS Badung, B. P. S. K. B. (2020). Kecamatan Petang Dalam Angka 2021.
Fahlefi, Z. (2017). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA BP2TSP KOTA SAMARINDA). Jurnal Paradigma (JP), 3(2), 155–166. https://doi.org/10.30872/JP.V3I2.386
Hanif, A., Giatman, M., & Hadi, A. (2020). Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Menggunakan Framework Cobit 5. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 94–101. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i1.28401
Jayanti, N. K. D. A. (2018a). Kajian Analisa: Penerapan dan Pengembangan e-Government pada Pemerintah Propinsi Bali. Creative Information Technology Journal (CITEC), 4(2), 141–150. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i2.105
Jayanti, N. K. D. A. (2018b). Model e-Government sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat (Studi Kasus Pemerintah Propinsi Bali). Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JUSITI), 6(2), 61–71. Diakses di https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/article/view/55
Loeliger, J., & McCullough, M. (2012). Version Control with Git: Powerful Tools and Techniques for Collaborative Software Development. Diakses di https://books.google.com/books/about/Version_Control_with_Git.html?id=aM7-Oxo3qdQC
Mustanir, A., Rais, M., Razak, R., & Mursalat, A. (2021). PEMBERDAYAAN BADAN USAHA MILIK DESA DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PELAYANAN PUBLIK YANG LESS CONTACT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2246–2258. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5250
Nugraha, J. T. (2018). E-GOVERNMENT DAN PELAYANAN PUBLIK (STUDI TENTANG ELEMEN SUKSES PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42. http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v2i1.758
Philipus, R., & Sahay, M. F. A. (2022). Pengembangan E-Government Dalam Pelayanan Publik Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya | JOURNAL ADMINISTRASI PUBLIK (JAP) - E-ISSN: 2723-2530 & P-ISSN: 2337-4985. Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 63–69. Diakses di https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JAP/article/view/4140
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37905/AKSARA.6.1.62-71.2020
Solanki, N., Shah, D., & Shah, A. (2017). A Survey on different Framework of PHP. International Journal of Latest Technology in Engineering, Management & Applied Science (IJLTEMAS), VI(VI), 155–158. Diakses di https://www.ijltemas.in/DigitalLibrary/Vol.6Issue6/155-158.pdf
Yandri, L. I., & Putri, T. D. (2021). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KOTA PARIAMAN. Menara Ilmu, 15(2). https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2948
Yuniko, F. T., & Putra, F. K. (2019). Penerapan Teknologi Informasi Web Programing Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik Dalam Bidang Kebijakan Administrasi Kependudukan. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 1(1), 13–19. https://doi.org/10.35145/JOISIE.V1I1.387
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, Gde Sastrawangsa, Ni Made Dewi Kansa Putri, Ni Putu Apriliya Dewi, Gde Ramanda Arya Sanjaya, Lasedayu Putra Cikaton

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.