Peningkatan kapasitas pembelajaran santri melalui pelatihan pemanfaatan media sosial di Pondok Pesantren An-Nihayah Kabupaten Karawang

Authors

  • Ana Fitriana Poerana Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia
  • Fajar Hariyanto Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia
  • Oky Oxygentri Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia
  • Flori Mardiani Lubis Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5052

Keywords:

kapasitas pembelajaran, media sosial, pelatihan, pesantren

Abstract

[Bahasa]: Pondok Pesantren An-Nihayah Kabupaten Karawang menghadapi permasalahan berupa masih minimnya pemanfaatan media sosial yang dapat mendukung proses pembelajaran. Oleh karenanya diperlukan upaya peningkatan kapasitas pembelajaran santri melalui program kemitraan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran bagi santri di pondok pesantren An-Nihayah. Partisipan program pengabdian ini adalah 30 santri pondok Pesantren An-Nihayah, Sukamekar, Rawamerta, Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program ini terdiri dari tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Materi pelatihan meliputi materi teknis pembuatan podcast sebagai bahan konten media sosial, materi terkait optimalisasi media sosial, dan materi terkait pengelolaan media sosial. Hasil program pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mengenai pengetahuan jenis media sosial sebesar 17% dan kemampuan teknis mengelola media sosial sebesar 84%. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut dinilai baik oleh partisipan. Respon partisipan terhadap kemampuan pemateri dan kesesuaian materi adalah baik (100%) dan respon terhadap proses pelaksanaan program pengabdian adalah baik (97%).

Kata Kunci: kapasitas pembelajaran, media sosial, pelatihan, pesantren

[English]: An-Nihayah Islamic Boarding School in Karawang Regency faced the problem of the lack of utilization of social media to support the learning process. Therefore, it is necessary to increase the learning capacity of santri through community service programs. This community service program aimed to improve the understanding of the use of social media in learning for students at the An-Nihayah Islamic boarding school. The participants were 30 students of An-Nihayah Islamic Boarding School, Sukamekar, Rawamerta, Karawang Regency. The method used in this program has several stages: planning, training implementation, and evaluation. The training materials consist of technical material for making podcasts as social media content, optimizing social media, and managing social media. The results show an increase in understanding of knowledge of types of social media by 17% and technical ability to manage social media by 84%. Overall, this community service program was rated well by the participants. The participant’s response to the speaker's ability and the material's suitability was good (100%), and the response to the process of implementing the service program was good (97%).

Keywords: learning capacity, social media, training, islamic boarding school

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education?: A case study of Peking University. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.29333/pr/7937

Dragseth, M. R. (2020). Building Student Engagement Through Social Media. Journal of Political Science Education, 16(2), 243–256. https://doi.org/10.1080/15512169.2018.1550421

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1 SE-Full Articles). https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hermawan, R., & Ngindana, R. (2020). Pendidikan Politik Kebangsaan Berbasis Pesantren. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 154. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6704

Indrawatiningsih, N., & Hakim, L. (2021). Peningkatan iptek guru TK melalui penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran berbasis daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 282. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10008

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Statistik Data Pondok Pesantren. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp

Khan, M. N., Ashraf, M. A., Seinen, D., Khan, K. U., & Laar, R. A. (2021). Social Media for Knowledge Acquisition and Dissemination: The Impact of the COVID-19 Pandemic on Collaborative Learning Driven Social Media Adoption. Frontiers in Psychology, 12, 1913. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.648253

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255

Lee, J. H. (2020). Relationships among students’ perceptions of native and non-native EFL teachers’ immediacy behaviours and credibility and students’ willingness to communicate in class. Oxford Review of Education, 46(2), 153–168. https://doi.org/10.1080/03054985.2019.1642187

Mahbub, M. A. (2021). Optimalisasi penggunaan Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran virtual untuk guru di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jember. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 107–116. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3055

Mulyono, H., Suryoputro, G., & Jamil, S. R. (2021). The application of WhatsApp to support online learning during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Heliyon, 7(8), e07853. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07853

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technology in Education. Conference on “Recent Trend of Teaching Methods in Education. Journal of Applied and Advanced Research. https://doi.org/https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3S1.169

Rifai, M., & Hariyanto, F. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Pemenuhan Informasi Calon Gubernur Jawa Barat bagi Pemilih Pemula di Kabupaten Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 24–39. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i2.3227

Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Stephanie, C. (2021). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. Kompas.Com. Diakses di: https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Poerana, A. F., Hariyanto, F., Oxygentri, O., & Lubis, F. M. (2022). Peningkatan kapasitas pembelajaran santri melalui pelatihan pemanfaatan media sosial di Pondok Pesantren An-Nihayah Kabupaten Karawang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2), 287–297. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5052