Pengembangan media digital untuk meningkatkan minat siswa dan kualitas pembelajaran Geografi di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5501Keywords:
guru geografi, media digital, pelatihan, pembelajaranAbstract
[Bahasa]: Media pembelajaran berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Namun pemanfaatan IPTEK dalam pembelajaran belum optimal disebabkan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan guru terhadap Informasi Teknologi (IT). Pengabdian kepada masyarakat melalui program pelatihan ini bertujuan agar guru dapat membuat media pembelajaran digital untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar. Pelatihan ini menawarkan enam media digital yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yaitu Google Earth Engine, Google My Maps, Google Earth Pro, Android, Augmented Reality, dan Website. Metode pelaksanaan program ini adalah analisis situasi, pemberian materi, dan praktik pembuatan produk media digital melalui pendampingan trainer terlatih. Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan bahwa belum semua guru geografi mampu menerapkan media digital di dalam pembelajaran. Namun tidak semua guru mampu untuk membuat media digital secara mandiri karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan serta faktor usia. Program pengabdian melalui pelatihan media digital ini membantu guru geografi dalam membuat dan mengembangkan media digital untuk pembelajaran geografi.
Kata Kunci: guru geografi, media digital, pelatihan, pembelajaran
[English]: Learning media develops along with the rapid development of information and communication technology. However, the utilization of science and technology in learning still needs to be improved due to the limitations of teachers' knowledge and skills in Information Technology (IT). This community service program aimed to help teachers create digital learning media to increase students' interest in learning. This program offered six digital media: Google Earth Engine, Google My Maps, Google Earth Pro, Android, Augmented Reality, and Website. The method used was situation analysis, material provision, and practice of making digital media products through the assistance of trained trainers. The results of this program show that not all geography teachers applied digital media in learning, and not all teachers can create digital media due to limitations of knowledge and skills. Thus, this program can help geography teachers to create and develop digital media for geography learning.
Keywords: geography teacher, digital media, training, learning
Downloads
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Itqan, 8(2), 145-167. Diakses di https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/download/107/65
Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 198-209. http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i2.8652
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran mobile learning sebagai inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47-56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Badan Pusat Statistik. (2021). Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2021.
Bondarenko, O. V., Pakhomova, O. V., & Zalsesky, V.I. (2019). The Use Of Cloud Technologies When Studying Geography By Higher School Students. https://doi.org/10.48550/arXiv.1909.04377
Data Guru Provinsi Jawa Barat. (2022). Data Pokok Pendidikan ; Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.416
Ishak, N. S., & Khalid, F. B. (2021). Penggunaan Video Youtube Bagi Meningkatkan Minat dan Pencapaian Murid Dalam Pembelajaran Geografi Fizikal di Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(3), 228 – 240. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i3.708
Jannah, M., & Junaidi. (2020). Faktor Penghambat Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 191-198. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.25
Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204-222. Diakses di http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047
Mardhiah, Ainun & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 50. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105
Nofrion, Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Geografi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Jurnal Geografi, 10(2) 105-116. https://doi.org/10.24114/jg.v10i2.9070
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS DI Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49-54. http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325
Rakhman, R., Piliang, Y., Ahmad, H., & Gunawan, I. (2019). Kartu Kuartet Dongeng Jawa Barat Sebagai Media Awarness Generasi Digital Native. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 131-136. Diakses di https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/210
Rostikawati, Y., Aeni, S. E., & Wuryani, W. (2020). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial. Abdimas Siliwangi, 3(1), 361-370. http://dx.doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3460
Sari, M., Sumadi, & Zulkarnain. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 2(7), 1-9. Diakses di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/7631
Somantri, L., & Ridwana, R. (2021). Model Pembelajaran Penginderaan Jauh Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 5(2), 109-117. https://doi.org/10.22236/jgel.v5i2.6890
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Umarella, S., Saimima, M. S., & Husein, S. (2018). Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal IAIN Ambon, 1. http://dx.doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Untari, E. (2017). Problematika dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PeKhasa, 3(1), 259-270. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riki Ridwana, Vina Aulia Nafisyah, Ahmad Yani, Iwan Setiawan, Bagja Waluya, Asep Mulyadi, Melina Rosyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.