Evaluasi program pelatihan penyusunan jadwal dengan ASC timetable menggunakan model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6032Keywords:
Asc TimeTable, CIPP, evaluasi program, penyusunan jadwal, society 5.0Abstract
[Bahasa]: Perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan secara optimal dalam berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi perlu dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah permasalahan dalam penyusunan jadwal pelajaran pada beberapa sekolah atau madrasah yang ada di Kabupaten Ponorogo. Solusi yang ditawarkan adalah program pengabdian masyarakat menggunakan pendekatan service learning dalam bentuk pelatihan penyusunan jadwal menggunakan software Asc TimeTable. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi program menggunakan model CIPP, yang terdiri dari empat komponen evaluasi, yaitu evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa dari aspek context, program yang ditawarkan sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh sasaran program, yaitu para guru/ustadz dan pengelola sekolah/madrasah. Pada aspek input, strategi program yang ditawarkan juga sangat sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari sasaran program. Evaluasi proses pelaksanaan program menunjukkan bahwa program telah terlaksana dengan sangat baik. Demikian halnya dari aspek evaluasi produk diketahui bahwa pemahaman subjek sasaran program sudah baik. Secara umum program yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik dan efektif. Oleh karena itu, diharapkan hasil studi ini menginspirasi pelaksanaan program serupa dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi di era Society 5.0 ini untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
Kata Kunci: Asc TimeTable; CIPP; evaluasi program; penyusunan jadwal, society 5.0
[English]: Technology development should be utilized optimally in various fields of life, including education. Technology needs to be used to overcome problems in education, including the problem of preparing lesson schedules in several schools or madrasahs in Ponorogo Regency. The proposed solution is a community service program utilizing the service learning approach through training sessions on schedule planning using the Asc TimeTable software. This study aims to evaluate the program using the CIPP model, which consists of four components: context, input, process, and product. The evaluation results show that from the context aspect, the programs offered are under the problems the program targets face: teachers/ustadz and school/madrasah administrators. In the input aspect, the program offered is also highly relevant to the needs and expectations of the target. Evaluation of the program implementation process shows that the program has been carried out very well. Likewise, from the aspect of product evaluation, it is known that understanding the program target's subject is good. In general, the program implemented has been running well and effectively. As a result, it is hoped that the findings of this study may inspire similar projects aimed at optimizing the use of technology in the period of Society 5.0 for community advancement and welfare.
Keywords: Asc TimeTable, CIPP, program evaluation, scheduler, society 5.0
Downloads
References
Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14680
Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.1553
Bhakti, B. Y. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109
Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (2011). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. Boston: Pearson.
Herlinda, H. (2018). Evaluasi Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Tematik Posdaya Berbasis Masjid Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal EL-RIYASAH, 8(2), 47. https://doi.org/10.24014/jel.v8i2.4408
Hidayati, A. (2010). Evaluasi Pemanfaatan Program Information Communication Technology (ICT) Menggunakan Model CIPP Pada Sekolah Menengah di Kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 76. https://doi.org/10.24036/pendidikan.v10i2.2244
Irawan, E. (2019). Digitalisasi Madrasah di Era Revolusi Industri 4.0: Refleksi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3229
Irawan, E. (2020a). Model Pengabdian Berbasis Kompetisi. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Irawan, E. (2020b). Pelatihan Blended Learning Sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 190–198. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499
Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i1.3242
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Muawanah, S., Sofanudin, A., Wahab, W., Taruna, M. M., Wibowo, A. M., Muzayanah, U., … Muntakhib, A. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Layanan Pendidikan Madrasah di Jawa Tengah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(1), 41–58. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i1.1227
Mushlihuddin, R., Irvan, & Al Khowarizmi. (2022). Manajemen Aplikasi Database Sekolah/Madrasah Muhammadiyah se-Kota Binjai Berbasis Web. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30596/ihsan.v4i1.8552.g9407
Mustofa, I. (2021). Manajemen Strategi Pemberdayaan Masyarakat (Evaluasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik Pemberdayaan Umat STAI Darussalam Nganjuk). Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 29–48. Diakses di https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2304384
Nihayaty, A. I., & Fanani, D. R. (2022). Digitalisasi Madrasah: Langkah Kalangan Muslim di Era Media Baru. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.54471/nusantara.v2i1.11
Nuruddin, N. (2014). Perkembangan Madrasah Pasca Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Bingkai Penelitian. Dialog, 37(1), 61–74. https://doi.org/10.47655/dialog.v37i1.53
Nuruddin, N. (2017). Penguatan Kompetensi Guru dalam Mendesain Media Pembelajaran Interaktif dengan Program Autoplay di MI Al-Ikhlasiyah Perampuan. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 13(2), 192–207. https://doi.org/10.20414/transformasi.v13i2.2201
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model CIPP. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32. Diakses di https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891
Saputra, E., & Bahri, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Timetables untuk Penyusunan Penjadwalan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.32696/ajpkm.v5i2.973
Stufflebeam, D. L. (1971). The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability. The Annual meeting of the American Association of School Administrators. New Jersey.
Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP Model for Evaluation. In Stufflebeam, D. L., Madaus, G. F., Kellaghan, T. (Eds), Evaluation Models. Evaluation in Education and Human Services, vol 49. Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/0-306-47559-6_16
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. New York: The Guilford Press.
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Khumaedi, M., & Suraji, S. (2021). Evaluasi Program Pengabdian: Bimtek Penyusunan Tes Online Bagi Guru SD di Banyubiru. Journal of Community Empowerment, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.15294/jce.v1i1.48847
Syarifuddin, S., & Romlansyah. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Asc Time Table Terhadap Penyusunan Jadwal Mata Pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karimun Menggunakan PHP dan Mysql. Jurnal Tikar, 1(1), 78-86. https://doi.org/10.51742/teknik_informatika.v1i1.40
Tulung, J. M. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Balai Diklat Keagamaan Manado. Journal “Acta Diurna,” III(3), 1–16. Diakses di https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/5812
Wijayanti, N. I., Yulianti, R., & Wijaya, B. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu?: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 37. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.790
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Edi Irawan, Yaya Sukjaya Kusumah, Nur Kolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.