Pengenalan virtual laboratory berbasis Physics Education Technology (PhET) interactive simulation sebagai alternatif praktikum pada siswa sekolah internasional luar negeri Riyadh

Authors

  • Lalu Ahmad Didik Meiliyadi Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, Indonesia
  • Baiq Ayu Ruhana Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, Indonesia
  • Nur Khasanah Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6189

Keywords:

laboratorium virtual, PhET, simulasi interaktif

Abstract

[Bahasa]: Inovasi proses pembelajaran menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari seiring dengan masifnya perkembangan teknologi dan informasi. Salah satu upaya inovasi tersebut adalah penggunaan PhET interactive simulation virtual laboratory dalam kegiatan praktikum pembelajaran fisika pada program kerjasama Sekolah Internasional Luar Negeri (SILN) Riyadh. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika melalui aktivitas praktikum dengan menggunakan PhET. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research (PAR) dengan 4 tahapan kegiatan yaitu (a) persiapan, (b) sosialisasi, (c) pelaksanaan, dan (d) evaluasi dan refleksi. Fokus materi dalam program ini adalah materi pada pelajaran fisika yang terdiri dari (a) Tekanan, (b) Hukum Kekekalan Energi, (c) Kinematika dan Dinamika Gerak, (d) Hukum Faraday, (e) dan Hukum Ohm. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa pada aspek pelaksanaan praktikum virtual berbasis PhET diperoleh poin sebesar 3,5 yang mengindikasikan siswa sangat antusias dalam mengikuti program. Sedangkan poin yang paling rendah adalah pada aspek waktu yaitu sebesar 2,6. Keterbatasan program ini adalah minimnya waktu yang tersedia sehingga masih ada siswa yang merasa kesulitan ketika menggunakan aplikasi PhET. Penggunaan PhET interactive simulation ini dapat menjadi alternatif proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan antusisme belajar siswa sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami konsep fisika.

Kata Kunci: laboratorium virtual, PhET, simulasi interaktif

[English]: Innovation in the teaching and learning process is an inevitable facet along with the massive development of technology and information nowadays. One of the efforts is using PhET interactive simulation virtual laboratory in the physics learning practicum process in the Riyadh International Foreign School (SILN) cooperation program. This community service program aims to improve students' understanding of physics concepts through practicum activities using PhET. The method used in this program was Participatory Action Research (PAR) which consists of four stages, including (a) preparation, (b) socialization, (c) implementation, and (d) evaluation and reflection. The focus of the material in this program was on physics lessons consisting of (a) Pressure, (b) The law of Conservation of Energy, (c) Kinematics and Dynamics of Motion, (d) Faraday's Law, and (e) Ohm's Law. The result shows that in implementing the PhET-based virtual practicum aspect, points of 3.5 were obtained, indicating that students were highly enthusiastic about participating in the program. In contrast, the lowest point is in the aspect of time, which is 2.6. The limitation of this program was the lack of time available. Therefore, the students were still having difficulties when using the PhET application. PhET interactive simulation can be an alternative tool in the physics teaching and learning process to increase students' enthusiasm for learning, which will potentially impact improving students' competence in understanding physics concepts.

Keywords: virtual laboratory, PhET, interactive simulation

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, T., & Ntobuo, N. E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis PhET terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 7(3), 26–31. Diakses di http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14383

Astuti, B., Fitrianingrum, A. M., & Sarwi. (2017). Penerapan Instrumen Three-Tier Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Phenomenon, 7(2), 88–98. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1118

Didik, L. A. (2019). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(2), 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.25321

Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Phenomenon, 9(1), 99–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905

Didik, L. A., & Wahyudi, F. (2021). Sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 melalui Kuliah Kerja Partisipatif dari Rumah (KKP-DR). Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 126–135. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2953

Didik, L. A., Wahyudi, M., & Kafrawi, M. (2020). Identifikasi Miskonsepsi dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tadris Fisika pada Materi Listrik Dinamis Menggunakan 3-Tier Diagnostic Test. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9911

Djanette, B., & Fouad, C. (2017). Determination of University Students’ Misconceptions about Light Using Concept Maps. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 582–589. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.247

Fatimah, S., & Suryandari, K. C. (2022). Pembelajaran Fisika melalui Virtual Laboratory Berbasis PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Listrik. Kappa Journal, 6(1), 71–78. https://doi.org/10.29408/kpj.v6i1.5542

Firman, H. F., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Two-Tier Test Berbantuan Certainty Of Response Index (Misconception Identification of Students using Two-Tier Test Assisted by Certainty of Response Index). Biodik, 7(2), 33–44. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12812

Irwansyah, Sukarmin, & Harjana. (2018). Development of three-tier diagnostics instruments on students misconception test in fluid concept. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 07(2), 207–217. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2703

Kaltacki-Gurel, D., Eryilmaz, A. ., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a

Kaltacki-Gurel, D., A, E., & McDermott, L. C. (2017). Development and Application of a Four-tier Test to Asses Pre-service Physics Teacher’s Misconception About Geometrical Optics. Research in Science and Technological Education, 35(2), 238–260. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1310094

Ko’o, E., Meiliyadi, L. A. D., & Bahtiar. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Multiple Intelligences pada Materi Kalor Kelas VII MTs Miftahul Ishlah. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6979

Korganci, N., Miron, C., Dafinei, A., & Antohe, S. (2015). The Importance of Inquiry-Based Learning on Electric Circuit Models for Conceptual Understanding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2463–2468. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.530

Kustiarini, F. T., Susanti VH, E., & Saputro, A. N. C. (2019). Penggunaan Tes Diagnostik Three-Tier Test Alasan Terbuka untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Larutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.25236

Maison, Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Meiliyadi, L. A. D., Wahyudi, M., & Fidiawati. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Melalui Pembinaan Olimpiade Berbasis Kompetisi Sains Madrasah. Jurnal Warta Desa, 4(3), 148–153. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.196

Pe?man, H., & Ery?lmaz, A. (2015). Development of Three Tier Test to Asses Ninth Grade Students Misconception About Simple Electric Circuit. The Journal of Educational Research, 103(3), 208-222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002

Rahayu, N. S., Lestari, P. R., Ady, W. N., & Irvani, A. I. (2022). Pengenalan Eksperimen Fisika Sederhana Kepada Siswa Kelas VI di SDN 2 Limbangan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–84. Diakses di https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPM/article/view/1817

Riantoni, C., Astalini, & Darmaji. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Fisika, 6(2), 71–75. http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202

Safarati, N., Zuhra, F., & Fatimah. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Fisika SMA di Lingkungan Kabupaten Bireuen dalam Melakukan Praktikum Fisika. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 819–825. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4756

Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Sub-Materi Fluida Dinamik : Azas Kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.03208

Silviyani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PhET simulation sebagai alat bantu siswa sekolah dasar dalam proses belajar mengajar mata pelajaran matematika. Gedsense: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184

Siregar, A., Sunarno, W, & Cari. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i02.9754

Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48–58. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184

Yang, D. -C., & Lin, Y. -C. (2015). Assesing 10- to 11-year-old Children’s Performance and Misconceptions in number Sense Using a Four-Tier Diagnostic Test. Educational Reasearch, 57(4), 368–388. https://doi.org/10.1080/00131881.2015.1085235

Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus. Unnes Journal of Biology Education, 1(1), 86-94. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.371

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Meiliyadi, L. A. D., Ruhana, B. A., & Khasanah, N. (2023). Pengenalan virtual laboratory berbasis Physics Education Technology (PhET) interactive simulation sebagai alternatif praktikum pada siswa sekolah internasional luar negeri Riyadh. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 60–69. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6189