Mobile applications sebagai media penguatan kompetensi guru bahasa Inggris di Desa Lamajang

Authors

  • Tri Nur Aini Noviar Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia
  • Maya Amalia Oesman Palapah Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia
  • Riza Hernawati Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia
  • Annisa Rachmani Tyaningsih Universitas Islam Bandung, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6470

Keywords:

anak-anak, media digital, strategi komunikasi

Abstract

[Bahasa]: Rendahnya pemahaman guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tentang kompetensi yang harus dimiliki seorang pengajar bahasa Inggris di Desa Lamajang menyebabkan metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran masih seadanya. Faktanya, saat ini perkembangan teknologi informasi terus berkembang sehingga berbagai aplikasi sederhana dapat digunakan sebagai media pendamping pembelajaran. Oleh karenanya, khasanah pengetahuan perlu diperluas agar kreativitas guru dalam menentukan media pendamping pembelajaran semakin terasah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam penguatan kompetensi para pengajar Bahasa Inggris melalui pelatihan berbasis mobile application. Melalui pengabdian ini guru PAUD dapat membuat media pembelajaran yang inovatif sebagai sarana dukung pengajarannya. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, praktek dan permainan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru PAUD pada aspek strategi komunikasi serta pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui aplikasi pembelajaraan virtual dalam memperkenalkan kosa kata dan modelling pengucapan. Selain itu, ppeserta memiliki semangat untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang efektif kepada anak-anak di Desa Lamajang.

Kata Kunci: anak-anak, media digital, strategi komunikasi

[English]: The low understanding of Education of Early Childhood (PAUD) teachers about the competencies that an English teacher in Lamajang Village must have resulted in sober learning methods. Currently, the development of information technology continues to grow so that various simple applications can be used as learning media. Therefore, the repertoire of knowledge needs to be expanded so that the teacher's creativity in determining learning companion media is increasingly honed. This community service program aims to strengthen English teachers’ needs through a mobile-based training application. PAUD teachers can create innovative learning media through this program to support their teaching. The methods used were lectures, discussions, questions and answers, practice and games. The results show increased PAUD teachers' understanding of communication strategies and the use of information and communication technology developments through virtual learning applications in introducing vocabulary and modelling pronunciation. In addition, participants were enthusiastic to continue developing effective teaching methods for children in Lamajang Village.

Keywords: children, digital media, communication strategy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p001

Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, E., Afandi, T. Y., Lukiani, E. R. M., & Prastyaningtyas, E. W. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 486–496. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.17629

Asnawati, Rizal, S. U., & Sulistyowati. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 2 Palangka Raya Melalui Pelatihan Kurikulum 2013. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 797–805. Diakses di https://karya.brin.go.id/id/eprint/15995/

Capecchi, D. (2014). The Golden Age. Hist Mech Mach Sci, 25, 223–301.

Chear, A. (2011). Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, F., & Supriyatin, T. (2022). Implementasi Educational Comic Berbasis Aplikasi Comic Life sebagai Media Pembelajaran Alternatif. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 365–373. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.16551

Dimyati, M. dan. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations.

Erniasih, U., Pramono, S. E., & Atno, A. (2018). Perbedaan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video Edukasi dan Media Video Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah di SMA N 12 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 162–171. Diakses di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27646

Falah, I. F., & Haerudin, D. A. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat?: Pengenalan Flipped Learning bagi Guru di Madrasah Ibtidaiyah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 149–156. https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.10913

Firmansyah, M. S., & Alfian, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpidato Berbahasa Inggris Siswa SMK Di Kabupaten Tegal. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 275–284. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.15669

Hakim, L. N., & Solihati, T. A. (2021). Sosialisasi English for Young Learners (EYL) bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Ciamis. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 450–458. https://doi.org/10.30651/aks.v5i4.3527

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76. Diakses di https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Lestari, I. W., & Arfiandhani, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Daring dengan Media Buku Anak Dwibahasa. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 549–556. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i4.8432

Nugrohoningsih, D., Syukri, M., & Sutarmanto. (2015). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(11), 1–9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12075

Nuraeni, F., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Fiqih Jual Beli, Hutang Piutang dan Riba dengan Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1), 92–98. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-1.92

Putra, R. P., Maryani, A., Triwardhani, I. J., & Rachmawati, I. (2022). Pengembangam Softskill Social Media Marketing Bagi Komunitas Wanita Disabilitas ( HWDI Provinsi Jawa Barat ). Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 761–772. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.18352

Rahman, N., Nursayamsi, & Subhan. (2022). Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Matematika Bagi Guru PAUD di Kelurahan Balandai Kota Palopo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat,18(1), 137–153. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4345

Rahmat, H., & Fauzi, W. H. (2022). Pengenalan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Untuk Anak-Anak di Masa Pendemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 154–165. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4937

Sakdiah, H., & Lukman, I. R. (2022). Pelatihan Satu Guru Satu Aplikasi Pembelajaran bagi Guru SD Lhoksmawe. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 648–655. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.16975

Salamah, I.-, Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52–62. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197

Sari, A. K. P., & Wati, D. P. (2020). Penggunaan Prezi untuk Meningkatkan Keterampilan Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Mengembangkan Multimedia TAVAGIS Kurikulum 2013 Bagi Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar. Aksiologiya, 4(2), 213–220. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.2721

Slamet, T. I., Alfiansyah, A., Al Maki, W. F., Musyafa, F. A., Satyaputra, A., Fathoni, P., Andayani, S. S., Melinda, S., Oktavianus, D., & Yusuf, N. P. (2020). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (Open Sources). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2316

Suryani, E., & Purwanti, K. Y. (2019). Pengenalan Game Edukasi Android Sebagai Penunjang Perkembangan Kognitif Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 148–156. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1486

Wahdah, W., & Mufahir, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Every One Is A Teacher Here Dengan Media Video Pada Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Muhammadiyah 1 Pontianak. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islami, 5(2). http://dx.doi.org/10.29406/tbw.v5i2.2770

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Noviar, T. N. A., Palapah, M. A. O., Hernawati , R., & Tyaningsih, A. R. (2023). Mobile applications sebagai media penguatan kompetensi guru bahasa Inggris di Desa Lamajang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 93–108. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6470