Pengembangan mobile apps untuk crowdfunding Yayasan Griya Sodaqo Indonesia

Authors

  • Hanif Azhar Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Faishal Mufied Al-Anshary Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Didit Widiatmoko Soewardikoen Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Wahdan Arum Inawati Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Aminahtul Zahroh Griya Sodaqo Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Avison Xaquil Azhar Griya Sodaqo Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6666

Keywords:

crowdfunding, griya sodaqo, mobile apps, panti asuhan

Abstract

[Bahasa]: Panti asuhan adalah organisasi nirlaba berbentuk lembaga usaha kesejahteraan sosial khusus anak. Pendirian panti asuhan bertujuan memberikan pelayanan kesejahteraan sosial melalui kegiatan santunan dan pengentasan anak-anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial. Masyarakat umum dapat secara langsung dapat membantu memenuhi kebutuhan anak yatim kurang mampu sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan anak yatim di panti asuhan. Yayasan Griya Sodaqo Indonesia sudah melaksanakan kegiatan cowdfunding sejak tahun 2020 tetapi pelaksanaan ini hanya dilakukan dalam bentuk konvensional. Oleh karena itu diperlukan platform berupa aplikasi untuk kegiatan crowdfunding. Program pengabdian ini dilakukan dengan metode Focus Group Discussion dan ditindaklanjuti dengan observasi wawancara. Perencanaan Aplikasi fundraising berbasis android memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dana dari berbagai sumber untuk keperluan yang berbeda-beda. Hasil aplikasi ini dapat meningkatkan opersional kerja yayasan Griya Sodaqo Indonesia dan desain aplikasi ini juga dapat bermanfaat untuk institusi sejenis di Indonesia.

Kata Kunci: crowdfunding, griya sodaqo, mobile apps, panti asuhan

[English]: Orphanages are non-profit organizations engaged in social welfare for children. The establishment of orphanages aims to provide social welfare services through compensation and alleviation of neglected children, providing replacement services for parents or guardians of children in fulfilling physical, mental, and social needs. The general public can directly help fulfill the needs of underprivileged orphans to improve the welfare of orphans. Griya Sodaqo Indonesia Foundation has been carrying out crowdfunding activities since 2020, but this implementation is only done in conventional ways. Therefore, an application for crowdfunding activities is required. The method used was Focus Group Discussion and followed up with observation and interviews. Planning an Android-based fundraising application allows users to raise funds from various sources. The results of this application can improve the operational work of the Yayasan Griya Sodaqo Indonesia, and this application design can also be helpful for similar institutions in Indonesia.

Keywords: crowdfunding, griya sodaqo, mobile apps, orphanage

Downloads

Download data is not yet available.

References

CF The Crowdfunding Industry Report. (2015). Diakses dari Massolution 2010-2015: https://www.smv.gob.pe/Biblioteca/temp/catalogacion/C8789.pdf

Alegre, I., & Moleskis, M. (2017). Crowdfunding. Retrieved from SSRN: https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2900921

Ariffudin, M. (2021). Web Development & Design. Retrieved from Niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/kotlin-adalah/

Bappenas. (2020). Kementrian PPN/Bappenas. Retrieved from Bappenas: https://bappenas.go.id

Hmelo-Silver, C. E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and Strategies of a Problem Based Learning Facilitator. The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning, 1 (1), 21-39. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1004

Jeffrey, S. (2004). Millennium Project. Retrieved from United Nations Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development: https://sdgs.un.org/statements/professor-jeffrey-sachs-millennium-project-9513

Mensos. (2011). Standar nasional pengasuhan anak untuk lembaga kesejahteraan sosial anak. Retrieved from BPHN: http://www.bphn.go.id/data/documents/11pmsos030.pdf

Rohman, F., Widiastuti, N. A., Saefudin, A., & Andriyani, S. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Electronic Supply Chain Management bagi Kelompok UMKM Kartini Mandiri. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat- 18 (1), 84-98. https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i1.4530

Sodaqo. (2020). Diakses dari Tentang Sodaqo: https://sodaqo.id/

Soewardikoen, D. (2021). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Azhar, H. ., Al-Anshary, F. M. ., Soewardikoen, D. W., Inawati, W. A. ., Zahroh, A., & Azhar, A. X. . (2023). Pengembangan mobile apps untuk crowdfunding Yayasan Griya Sodaqo Indonesia . Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 141–152. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6666