Peningkatan pemahaman pengasuhan digital untuk ibu PKK dalam mengawasi media digital pada anak di Desa Tepus Kulon, Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah

Authors

  • Siti Anisatun Nafi'ah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo, Purworejo, Indonesia
  • Ida Amelia Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Purworejo, Purworejo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6781

Keywords:

media digital, pengasuhan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Abstract

[Bahasa]: Saat ini perkembangan teknologi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi tantangan bagi orang tua tidak terkecuali bagi ibu-ibu anggota Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Di sisi lain ibu-ibu anggota PKK juga belum mengetahui langkah pengasuhan digital yang tepat pada anak. Anak-anak seringkali mengakses media digital dan kurang mendapatkan pengawasan dari ibu anggota PKK khususnya di Desa Tepus Kulon. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman ibu PKK tentang media digital, pemahaman tentang langkah pengasuhan dan pengawasan pemanfaatan media digital, dan pemahaman tentang langkah pembatasan internet pada anak. Metode yang digunakan adalah Community-Based Research (CBR) dengan empat fase yaitu 1) fase peletakan landasan atau membangun fondasi, 2) perencanaan penelitian, 3) pengumpulan data dan analisis, 4) tindak lanjut atas hasil penelitian. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman media digital sebesar 21%, peningkatan pemahaman tentang metode pengasuhan digital sebesar 41%, dan peningkatan pemahaman metode untuk membatasi penggunaan internet sebesar 32%. Program pengabdian kepada masyarakat ini efektif membantu orang tua dalam melakukan pengawasan penggunaan media digital pada anak.

Kata Kunci: media digital, pengasuhan, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

[English]: The development of technology and its use in everyday life is a challenge for parents, including the members of the family empowerment and welfare program (PKK). On the other hand, the women PKK members also do not know the appropriate digital parenting steps for children. Children often access digital media and lack supervision from PKK member mothers, specifically in Tepus Kulon Village. This community service program aims to improve PKK mothers' understanding of digital media, parenting steps and supervision of digital media use, and internet restrictions on children. The method used was Community-Based Research (CBR) with four phases, namely 1) the phase of laying the foundation or building the foundation, 2) research planning, 3) data collection and analysis, 4) data analysis, and 5) data collection. data collection and analysis, 4) follow-up on the research results. The results show an increase in understanding of digital media by 21%, an increase in understanding of digital parenting methods by 41%, and an increase in understanding of methods to limit internet use by 32%. This community service program is effective in helping parents to supervise their children's use of digital media.

Keywords: digital media, parenting, empowerment and family welfare program (PKK)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Apji.or.Od, June, 10.

Assingkily, M. Shaleh., Putro, K. Zarkasih. & Sirait, Sangkot. (2019). KEARIFAN MENYIKAPI ANAK USIA DASAR DI ERA GENERASI ALPHA (Ditinjau dari Perspektif Fenomenologi). Sangkot Sirait Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.32507/attadib.v3i2.492

Broto, G. S. D. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Diakses di https://www.kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no-17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku-anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Djaja, M., Nirawaty, N., Darnis, S., Rachman, A. G. N., Solihin, A. M., Prabowo, Y. T., Zakaria, M. R., & Hayati, L. (2018) Seri Pendidikan Orang Tua Mendidik Anak di Era Digital. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses di https://repositori.kemdikbud.go.id/470/

Ginting, A. K., & Stiasih, L. R. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak di SDN Karang Baru 04 Kabupaten Bekasi. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 22–29. https://doi.org/10.35960/vm.v16i1.835

Kominfo. (n.d.). Panduan Internet untuk Orang Tua.

Merdekawati, A., Dhiana, A. S., Kumalasari, J. T., Sugeng, I. S., & Lestari, S. W. (2021). Pelatihan parenting melalui pemanfaatan internet sehat sebagai upaya mengurangi kecanduan internet ( media sosial ) ada Yayasan Nurul Islam Sabillurrosyad. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radis Vol 1 (3) (2021), 1(3), 233–239. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.63

Palupi, Y. (2015). Digital parenting sebagai wahana terapi untuk menyeimbangkan dunia digital dengan dunia nyata bagi anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta. Diakses di http://repository.upy.ac.id/373/

Pratiwi, M. R., Indrayani, H. & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76-94. http://dx.doi.org/10.33021/exp.v3i1.1012

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha AH-PIECE. Al Hikmah Proceedings an Islamic Early Childhood Education, 1(April), 493–502. Diakses di https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38804/

Rahmawati, R., Wanti, A. G., Renaldi, A., Gusmawan, Azizah, I. N. & Wilodati. (2019). Peningkatan Keterampilan Orangtua di Era Digital melalui Program Islamic Parenting Pages 143-151 Improving Digital Era Parenting Skills through Islamic Parenting Program. Indonesian Journal of Sociology, Educatiom and Development, 1(2), 143–151. Diakses di https://www.neliti.com/id/publications/328038/peningkatan-keterampilan-orangtua-di-era-digital-melalui-program-islamic-parenti

Reginasari, A., & Afiatin, T. (2019). Pengasuhan Digital dan Inkongruensi Pengalaman di Media Sosial antara Remaja dan Orang Tua. Temu Ilmiah Nasional XI Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 71–85.

Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran digital parenting terhadap perkembangan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di ra bunayya giwangan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 41-55. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v5i1.4012

Sisbintari, K. D. & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Susilawaty, A., Ahmad, D., Babcock, T., Babcock, T. & Janzen, R. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research) (Issue 35).

Suwandi, A., Laily, N., Wahydi, N. & Umam, M. H. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Dierektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Nafi’ah, S. A. ., & Amelia, I. (2023). Peningkatan pemahaman pengasuhan digital untuk ibu PKK dalam mengawasi media digital pada anak di Desa Tepus Kulon, Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 121–130. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6781