Peningkatan kapasitas guru PAI dalam mendesain penelitian tindakan kelas di pondok pesantren Halimatussa’diah Nahdlatul Wathan Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6894Keywords:
desain, kapasitas guru, Pendidikan Agama Islam (PAI), Penelitian Tindakan KelasAbstract
[Bahasa]: Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kecamatan Masbagik Lombok Timur belum memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Salah satu upaya untuk membantu mereka adalah melalui pelatihan PTK. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAI di Kecamatan Masbagik dalam mendesain atau merancang PTK. Program pengabdian ini dilakukan di Ponpes Halimatussa’dian NW Lombok Timur. Partisipan dalam kegiatan pelatihan ini adalah 40 orang guru PAI di Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode workshop dengan melakukan tatap muka langsung di kelas memberikan pelatihan mengenai metode penelitian PTK, penyusunan proposal dan laporan PTK yang terdiri dari tiga tahapan kegiatan, yakni perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa para guru PAI memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai terkait PTK, serta mampu melakukan perancangan PTK dengan baik. Proses bimbingan dan pendampingan telah membantu untuk menyempurnakan kemampuan mereka dalam merancang PTK dengan lebih baik.
Kata Kunci: desain, kapasitas guru, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Tindakan Kelas
[English]: Islamic Religious Education (PAI) teachers in Masbagik, East Lombok, lack adequate knowledge and understanding of Classroom Action Research (CAR). One effort to assist them is through a workshop on CAR. This community engagement activity aims to enhance the knowledge and understanding of PAI teachers in Masbagik in designing CAR. The research was conducted at Halimatussa'diah Islamic Boarding School in East Lombok, with 40 PAI teachers from Masbagik involved in the workshop. The community engagement was carried out through a workshop involving face-to-face interactions in the classroom, training on CAR methods, and CAR proposal design exercise, consisting of three stages: planning, implementation, and evaluation. This community service program results show that PAI teachers possess adequate knowledge and understanding of CAR and are proficient in designing CAR projects. The guidance and mentoring process significantly improved their CAR design skills.
Keywords: design, teacher capacity, Islamic religion education, Classroom Action Research
Downloads
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.
Arikunto, S. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Bumi Aksara.
Borg, W.R & Gall, M. (1983). Eucation research: an introduction.4th Edition. New York: Longman Inc.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Fitriah, L., & Ita. (2021). Workshop Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) bagi Guru Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 300–310.
Kunandar. (2008). Guru Profesional Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan( KTSP ). Jakarta: PT Rajawali Pers.
Latif, I., Sari, D., & Riyadi, M. (2017). Teachers’ Competence in Creating Classroom Action Research (CAR) Proposal. 158(Ictte), 372–380. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.95
Mediatati, N., & Ismanto, B. (2015). Peningkatan Kompetensi Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Pelatihan Partisipatif Dengan Pendampingan Intensif Bagi Guru Guru Di Smp Negeri 2 Ampel Kabupaten Boyolali. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, November, 1–8. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7019
Nuraida, D., Wulandari, T. S. H., & ... (2021). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Madrsah Aliyah Dan Madrasah Tsanawiyah Walisongo …. Prosiding …, 6(1), 276–281. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/758%0Ahttp://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/758/596
Oetomo, S. B. dkk. (2018). Urgensi Diklat PTK, KTI, dan TIK bagi Guru PAI SMA/SMK untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja. Policy Brief, 4(2), 10–118.
Purnama, B. J. (2022). Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 308–316. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.445
R’iya, S., & Kistoro, H. C. A. (2019). Peningkatakan Kemampuan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama Dan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Se Kulon Progo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (JPMKH), 1(2), 58-67.
Saryana. (2016). Improving the Competence of Teachers in Making Classroom Action Research Through Mgmp in Smp Negeri 23 Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.17563
Sofyan, F. A. (2019). Modul Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Pendis Kementrian Agama.
Sudanta, I. W. (2015). Efektivitas Kegiatan Workshop Dalam Meningkatkan Kemampuan Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm). Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 14(27), 75–84. https://doi.org/10.32795/ds.v14i27.49
Sukanti, S. (2014). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1786
Sunardi & Sujadi, I. (2016). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Materi Pedagogik BAB XIX Refleksi Pembelajaran dan PTK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, D., Shandy Narmaditya, B., Hadi Utomo, S., & Hilmi Prayi, P. (2019). Teachers’ Perception on Classroom Action Research. KnE Social Sciences, 3(11), 313. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4015
Zainuddin, Z., Dewantara, D., Wati, M., Misbah, M., Suyidno, S., Haryandi, S., Rahmatullah, P., & Munir, M. J. M. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru IPA di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1788
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ribahan, Fathurrahman Muhtar, Deddy Ramdhani, Suprapto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.