Implementation of the Qiro'ati method to improve reciting abilities in students of the Al-Qur’an education center
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.7892Keywords:
Al-Qur’an, education, learning, Qiro'ati methodAbstract
[Bahasa]: Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari kualitas iman dan taqwanya. Peningkatan kualitas ini harus dimulai sejak dini, berupa pembiasaan terhadap tindakan atau kegiatan yang positif. Pembiasaan tersebut dapat dimulai dalam keluarga dan masyarakat, seperti pembiasaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk sosialisasi dan implementasi metode qiro’ati untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di TPQ Miftahul Jannah. Solusi yang ditawarkan adalah pendampingan dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an pada kelompok belajar di TPQ Dusun Miftahul Jannah Sawahan dengan menggunakan Metode Qiro'ati. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan tahapan perencanaan dan persiapan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi, kemudian dilanjutkan dengan pelaporan. Hasil sosialisasi dan implementasi metode Qiro’ati menunjukkan bahwa membaca Alquran dengan metode Qiro'ati dapat meningkatkan kualitas bacaan sesuai kaidah tajwid yang benar dan memudahkan dalam memahami bagaimana membaca Al-Qur’an dengan benar.
Kata Kunci: Al-Quran, pendidikan, pembelajaran, metode Qiro'ati
[English]: The quality of human resources can be seen from the quality of their faith and piety. The improvement of this quality should begin from an early age by cultivating positive actions or activities. Such cultivation can start within families and communities, such as the habit of reciting the Qur'an correctly. This community service aims to socialize and implement the Qiro’ati method to enhance the ability to recite the Qur'an at The Al-Qur’an Education Center Miftahul Jannah. The proposed solution is guidance in learning to read the Qur'an in study groups at The Al-Qur’an Education Center Miftahul Jannah Sawahan using the Qiro'ati Method. The implementation of this community service follows stages of planning and preparation, action, observation, evaluation, and reflection, followed by reporting. The results of the socialization and implementation of the Qiro’ati method show that reciting the Qur'an with the Qiro'ati method can improve the quality of recitation according to proper Tajweed rules and facilitate a correct understanding of how to read the Qur'an.
Keywords: Al-Qur’an, education, learning, Qiro'ati method
Downloads
References
Ali, R. (2017). Efektifitas metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 179-186.
de Fátima Poza-Vilches, M., Gutiérrez-Pérez, J., & López-Alcarria, A. (2014). The Sustainable View of Childhood: A Case Study in a Metropolitan Municipality. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 132, 570-576. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.355
Febrianto, M. V. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Lansia dengan Metode Qiro’ati di Rt 03. Rw. 01 Lingkungan Krajan Karang Kenek Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81-88.
Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45-54. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317
Jannah, L., Prasetiya, B. & Halili, H.R. (2018). Profesionalisme Guru Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur ’ Ansantri TPQ. Al-Ibtidaiyah 34–49.
Mulyani, H., & Maryono, M. (2019). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 25-34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294
Muthoifin, Anshori, A. & Suryono. (2016). Metode Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Tahfiz Nurul Iman Karanganar Dan Madrasah Aliyah Al-Kahfi Surakarta. Profetika, Jurnal Studi Islam 17(2):29–35.
Muttaqin, A. I. (2021). The application of qiroati method in learning to read qur'an on elementary students in Pesantren Abu Fayyad At-tijaniy Al-Islami Randuagung Lumajang. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 1(2), 195-214. https://doi.org/10.54471/rjps.v1i2.1251
Nunung. (1967). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ta’allumil Qur’an Al-Multazam Broni Kota Jambi. Vol. 6.
Rizky, A.S. (2021). “Belajar Baca Al- Qur’an Dengan Metode Qiro’ati.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1–4.
Santi, K. A. (2018). Penerapan Metode Qiro’Ati Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 39-52. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.29
Sufanti, M., Kurniawati, B., Muhaimini, M. S., & Cahyati, J. N. (2021). PENDAMPINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BAGI KADER AISYIYAH RANTING NGADIREJO PADA MASA PANDEMI COVID-19. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 616-623. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5858
Sunandar, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Remaja dengan Metode Qiroati. Khidmat, 1(1), 1-8. Diakses di: https://www.riset-iaid.net/index.php/khidmat/article/view/733
Susilawati, S., Maddusila, S. F., & Ridwan, A. (2021). Menguasai metode pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 16-24.
Wahyuningsih, R. (2021). Implikasi Penggunaan Metode Qiraati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Anak Usia Dini Pada Pendidikan Inklusi. AL Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10-018. Diakses di: https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/633
Wakit, S., & Agustin, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(1), 28-33. https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i1.3730
Wasiah, A.R., & Widyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pembiasaan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Zulkarnaen, Y., & Akhadiah, S. (2018). Relationship between Parenting, Family Income, Nutritional Status and Gross Motor Skills of Children. International Journal of Multidisciplinary and Current Research 6(04):719–25. doi: 10.14741/ijmcr/v.6.4.5.
Zulkarnaen, Z. (2019). The influence of nutritional status on gross and fine motor skills development in early childhood. Asian Social Science, 15(5), 1-75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulkarnaen, Baik Wardatul Husna, Abdi Krismono, Sofia Inov Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.