Ecoprint batik training for biology and craft teachers using local materials from Ternate Island
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8118Keywords:
batik ecoprint, red spinach, MGMP BiologyAbstract
[Bahasa]: Ecoprinting merupakan salah satu keterampilan alternatif yang ingin dikuasai dan dimintai oleh guru-guru di Kota Ternate. Hal ini karena teknik ini sangat menarik untuk diajarkan pada siswa di sekolah sehingga penting untuk mengajarkan ecoprinting pada guru-guru terlebih dahulu. Kegiatan pelatihan pembuatan batik ecoprint diselenggarakan tim pengabdian universitas Khairun bersama MGMP Biologi SMA/MA Kota Ternate dan dihadiri 28 guru dari 11 SMA se-Kota Ternate. Tujuannya ialah mengajarkan keterampilan membuat batik ecoprint. Kegiatan dilakukan menggunakan metode sosialisasi, demonstrasi, pelatihan dan pendampingan. Alat dan bahan pembuatan diperoleh dari lingkungan sekitar sebagai potensi lokal daerah Ternate. Hasil evaluasi melalui pre test dan angket menunjukkan bahwa awalnya sebanyak 67% peserta tidak mengetahui tentang ecoprinting. Saat pelatihan, peserta cenderung menggunakan daun yang berwarna yakni daun bayam merah sebanyak 64% peserta. Hasil evaluasi, peserta merespon positif terhadap pelatihan baik terhadap isi materi, pemateri, dan metode pelaksanaan kegiatan. Secara keseluruhan penilaian peserta adalah baik sekali terhadap isi materi dan instruktur dengan rata-rata skor masing-masing 91, sedangkan untuk penilaian terhadap metode rata-rata ialah 89. Pelatihan berhasil mengajarkan ecopriting kepada semua peserta dan tim merekomendasikan untuk mengajarkan pada pada siswa SMA di Kota Ternate.
Kata Kunci: batik ecoprint, bayam merah, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi
[English]: Ecoprinting is one of the alternative skills that teachers in Ternate City want to master and demand. This is because this technique is very interesting to teach to students at school, so it is important to teach ecoprinting to teachers first. The ecoprint batik training activity was held by the Khairun University service team together with MGMP Biology SMA/MA Ternate City and attended by 28 teachers from 11 high schools throughout Ternate City. The aim is to teach skills in making ecoprint batik. Activities are carried out using methods of socialization, coercion, training and mentoring. Tools and manufacturing materials were obtained from the surrounding environment as a local potential of the Ternate area. The evaluation results through pre-tests and questionnaires showed that initially 67% of participants did not know about ecoprinting. During training, participants tended to use colored leaves, namely red spinach leaves, as many as 64% of participants. As a result of the evaluation, participants gave a positive response to the training regarding the content of the material, presenters, and methods of implementing activities. Overall, the participants' assessment was very good regarding the content of the material and the instructor with an average score of 91 each, while for the assessment of the method, the average was 89. The training was successful in teaching ecopriting to all participants and the team recommended teaching it to high school students in the city Ternate.
Keywords: batik ecoprint, red spinach, MGMP Biology
Downloads
References
Alfi, D. Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan Tentang Kurikulum Pengembangan Muatan Lokal. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19105/rjpai.v2i1.4140
Wirawan B., & Alvin, M. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17, 1–5. https://doi.org/10.54911/litbang.v17i0.101
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143–1155.
Fitri, R., Sudarmiatin, Zonna Lia, D. A., & Murniati, A. (2021). Konsep Design Thinking Melalui Ecoprint Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Kemandirian Santri. Jurnal Karinov, 4(1), 64–69.
Iftitah, N., Sutrisno, W., Maskuri, A., & Prabaswari, A. D. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Daun Singkong Menjadi Bahan Ecoprint. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss1.art3
Kartiko, C., Adhe, K. R., Shinta, H., & Puspita, C. (2023). Pelatihan Batik Ecoprint pada Kelompok Ibu-Ibu PKK di Kelurahan Warugunung Surabaya untuk Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Batik Ecoprint Training for PKK Mothers ’ Group in Warugunung Sub-district, Surabaya, to Support Creative Economic Growth den. Lumbung Inovasi, 8(2), 359–367.
Nawangsari, D. A., & Suryanti. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Ecoprint Terhadap Hasil Belajar IPA Materi BAgian, Bentuk, dan Fungsi Daun Siswa Kelas 4 SDN 1 Ngetal. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(10), 3529–3541. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/44075
Nurohim, Zazuli, A. I., & Hidayah, F. F. (2020). Membangun Desa Ekonomi Mandiri Melalui Batik Eco- print di Rejosari Kabupaten Kudus. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3, 68–76.
Octariza, S., & Mutmainah, S. (2021). Penerapan Ecoprint Menggunakan Teknik Pounding Pada Anak Sanggar Alang-Alang, Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 9(2), 308–317. http:/e/journal.unesa.ac.id/index.php/va
Purwani, S. (2022). Pelatihan Ecoprint Teknik Punding dengan Daun Pepaya di LKP Kumalasari. Abdimas Akademika, 3(02), 184–191.
Restanti, R., Sarwanto, & Sudarisman, S. (2013). Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) melalui Model Formal dan Informal Hands on Activities Ditinjau dari Kreativitas Siswa dan Sikap Peduli Lingkungan. Bioedukasi, 6(1), 76–94. https://media.neliti.com/media/publications/59685-ID-pembelajaran-biologi-dengan-pendekatan-c.pdf
Saptutyningsih, E., & Kamiel, B. P. (2021). Mendorong Ekonomi Kreatif Melalui Produk Ecoprint Melalui Pemanfaatan Potensi Alam di Dukuh Glugo Bantul. Warta LPM, 24(1), 145–158. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.11081
Saraswati, R., Susilowati, M. H. D., Restuti, R. C., & Pamungkas, F. D. (2019). Buku Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata M . H . Dewi Susilowati Ratri Candra Restuti Fajar Dwi Pamungkas Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Indonesia Universitas. In Universitas Indonesia (Issue October).
Setyaningrum, F., & Purwanti, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint Sebagai Media Pembelajaran IPA bagi Guru SD di PCM Berbah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 79–88. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284
Sholikhah, R., Widowati, W., Pendidikan, S. N., Keluarga, K., Kunci, K., Pelatihan, :, & Gunungpati, K. (2021). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Pada Ibu-Ibu PKK Di Kelurahan Gunungpati Kota Semarang. Fashion and Fashion Education Journal, 10(2), 81–85. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ffe
Sifaunajah, A., Tulusiawati, C., & Af’idah, L. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1), 16–20. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1061
Suparman, S., Nurhasanah, N., Bahtiar, B., & DAS, S. (2020). Studi Literasi Taksonomi dan Penelusuran Spesimen Lektotipe Cengkih (Syzygium aromaticum (L.) Merr. & Perry). Techno: Jurnal Penelitian, 9(1), 363. https://doi.org/10.33387/tjp.v9i1.1753
Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 759–778. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.142
Zarkasi, M. S., & Suwasono, B. T. (2022). Teknik Pounding Pada Ecoprint Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Abstraksi Wayang. Acintya?: Jurnal Penelitian Seni Budaya, 14(1), 53–65. https://doi.org/10.33153/acy.v14i1.4327
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iqbal Limatahu, Chumidach Roini, Suparman, Nur Asbirayani Limatahu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.