Developing mathematics teaching materials based on numeracy literacy for junior high school mathematics teachers in West Bandung Regency
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8294Keywords:
integrated mathematics teaching materials, mathematics teachers, numeracy literacy, mathematics teachingAbstract
[Bahasa]: Pemahaman guru matematika terhadap literasi dan numerasi yang baik akan berdampak pada kemampuan mereka dalam mengembangkan bahan ajar yang pada akhirnya akan meningkatkan literasi numerasi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan pemahaman literasi numerasi guru matematika sehingga mereka memiliki kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar yang mengintegrasikan literasi numerasi dalam proses pembelajaran matematika. Kegiatan pengabdian ini didesain dalam tiga tahap, yaitu seminar, lokakarya, dan ujicoba hasil lokakarya. Kegiatan tahap pertama dilakukan melalui seminar secara daring dengan dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Partisipan kegiatan ini adalah 172 guru matematika SMP negeri dan swasta di Bandung Barat. Kegiatan tahap kedua adalah lokakarya pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi literasi numerasi dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan topik matematika yang ada di sekolah menengah pertama. Produk hasil lokakarya pada tahap kedua ini adalah modul ajar, bahan tayang, bahan ajar, dan bahan ajar tersimpan dalam aplikasi Kotobee. Tahap ketiga adalah implementasi praktek pembelajaran sebagai uji coba produk yang dihasilkan pada tahap dua. Praktek pembelajaran dilakukan secara terbuka di SMP N 3 Lembang Kabupaten Bandung Barat. Hasil program pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi guru matematika SMP di Kabupaten Bandung Barat. Secara umum peserta mampu menghasilkan produk bahan ajar matematika yang terintegrasi literasi numerasi dan disimpan pada salah satu aplikasi yang Bernama Kotobee.
Kata Kunci: bahan ajar matematika terintegrasi, guru matematika, literasi numerasi, pengajaran matematika
[English]: Mathematics teachers' understanding of literacy and numeracy impacts their ability to develop teaching materials to improve students' numeracy literacy. This community service program aims to strengthen mathematics teachers' understanding of numeracy literacy to develop teaching materials that integrate numeracy literacy into the mathematics learning process. This program was designed in three stages: seminars, workshops, and pilot testing of workshop results. The first phase of the activity was conducted through an online seminar using the PAR (Participatory Action Research) approach. The participants were 172 public and private junior high school mathematics teachers in West Bandung Regency. The second phase of the activity was a numeracy literacy integrated learning tool development workshop where participants were divided into groups based on mathematics topics. The workshop's products in this second stage are teaching modules, broadcast materials, and teaching materials stored in the Kotobee application. The third stage was the implementation of learning practices as a trial of the products produced in stage two. The learning practice was conducted openly at SMP N 3 Lembang, West Bandung Regency. The results of this community service program showed an increase in the numeracy literacy skills of junior high school mathematics teachers in West Bandung Regency. In general, participants could produce mathematics teaching material products that were integrated with numeracy literacy and stored in one application called Kotobee.
Keywords: integrated mathematics teaching materials, mathematics teachers, numeracy literacy, mathematics teaching
Downloads
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) metodologi alternatif riset dan pengabdian kepada masyarakat transformatif. Disampaikan dalam kegiatan Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tanggal 22 Pebruari 2020.
Amir, F., Prayama, D., Fadillah, F. & Riyanto. (2022). Pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis IT Guru SMP PGRI Kabupaten Pelalawan. Dinamisa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (5), 1225 – 1231. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11139.
Bahctiar. (2021). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan untuk Capaian Hasil Maksimal. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(2), 127 – 140.
Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1), 39 – 44. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.93.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Durahman. (2021). Penerapan Lesson Studi Melalui Pelatihan Pola In-On-In dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Madrasah Ibtidaiyah. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 54-60, sep. 2021. ISSN 2722-1520. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/240>. Date accessed: 16 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v2i1.240.
Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan belajar pada bidang literasi dan numerasi siswa sekolah dasar di masa transisi. Jurnal Basicedu Volume 6, Nomor 2, Tahun 2022, Halaman 2606 – 2615. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.242.
Kemdikbud. (2017). Materi Pendukung Lierasi Numerasi (Gerakan Literasi Nasional). Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.
Kilpatrick, J., Swafford, J. & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press.
Komalasari, K., Rahmat, R., & Anggraini, D. N. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16-27. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i1.79
Muliantara, I. K. & Suarni, N. K. (2022). Strategi menguatkan literasi dan numerasi untuk mendukung merdeka belajar di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (3), 4847 – 4855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2847.
Nuurjannah, P. E. I., Amalia, W. & Fitria, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN) Wahana publikasi karya tulis ilmiah di bidang pendidikan matematika. 4(1), 15 – 28, https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016.
OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Osamwonyi, E. F. (2016). In-Service Education of Teachers: Overview, Problems and the Way Forward. Journal of Education and Practice, 7 (26), 83 – 87. www.iiste.org.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan literasi numerasi untuk asesmen kompetensi minimum dalam kegiatan kurikuler pada sekolah dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302.
Sarman, I. W. (2020). Peningkatan kompetensi penyusunan butir soal ujian sekolah berbasis komputer (USBK) melalui pendampingan In On IN MGMP Jenjang SMA/SMK. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 33-46.
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Sofyan, A. (2021). The development of an open-ended approach based on meaningful learning in social studies to improve the critical thinking ability. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 4(1), pp.11-18. https://doi.org/10.25134/ijli.v4i1.4340.
Superfine, C., A. (2008). Planning for mathematics instructions: a model of experienced teachers’ planning processes in the context of a reform mathematics curriculum. The Mathematics Educator 2008,18(2), 11- 22.
Tumuruna, J. (2021). Bimtek In-On-In Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP PJJ Kelas Khusus Olahraga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 368-375. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.297
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis kemampuan numerasi dan literasi membaca peserta didik kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding SNasPPM, 6(1), 659-666.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10 (2), 331-343. DOI : 10.25273/jipm.v10i2.10218.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina & Rohati. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0 (2), 574-583. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345.
Zulyetti. (2014). Penerapan diklat in-on-in untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas. penerapan diklat in-on-in untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas, https://bpmpriau.kemdikbud.go.id/2014/12/penerapan-diklat-in-on-in-untuk-meningkatkan-kemampuan-guru-dalam-melakukan-penelitian-tindakan-kelas/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jarnawi Afgani Dahlan, Dadang Juandi, Anjar Yogaswara, Dui Kurniasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.