Clean and healthy living behavior (PHBS) education in school through Snakes and Ladders game

Authors

  • Syahrul Basri Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Saleh Jastam Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Munawir Amansyah Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Habibi Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Lilis Widiastuty Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Kahfi Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia
  • Ranti Ekasari Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8505

Keywords:

clean and healthy living behavior, Snakes and Ladders media, children

Abstract

[Bahasa]: Pemahaman konsep Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang mendalam membutuhkan pendekatan yang kreatif dan interaktif. Salah satu pendekatan pengenalan PHBS adalah melalui media ular tangga yang menyediakan pembelajaran dengan konteks yang menyenangkan melalui aktivitas bermain sambil belajar. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar mengenai PHBS sekolah serta pentingnya mengaplikasikan PHBS melalui media permainan. Pengabdian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan tahapan: identifikasi masalah, penentuan prioritas masalah, pemetaan asset, penentuan kegiatan, pembuatan instrumen dan media, pemberian pre-tes, bermain ular tangga, pemberian post-tes, dan evaluasi program. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa sekolah dasar yang berperan sebagai pemain dan penonton permainan dengan media ular tangga. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kanreapia, Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa pada uji paired t-test diperoleh nilai p sebesar 0.001 yang berarti bahwa program pengabdian yang telah dilakukan efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai PHBS. Hasil pre-tes dan post-tes juga menunjukkan bahwa edukasi PHBS dapat meningkatkan pengetahuan peserta terhadap PHBS dengan rata-rata responden yang menjawab benar yaitu dari 16,25 menjadi 19,04. Pihak sekolah diharapkan mengadopsi media ular tangga sebagai media yang menyenangkan dalam memperkenalkan PHBS kepada anak sekolah sehingga memberikan bekal pengetahuan tentang hidup bersih sejak dini.

Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), ular tangga, anak-anak

[English]: A profound understanding of the concept of Clean and Healthy Lifestyle (PHBS) requires a creative and interactive approach. One approach to the introduction of PHBS is through snakes and ladders media that provides learning opportunities for students through play activities. This community service aims to increase elementary school children's knowledge about school PHBS and the importance of applying PHBS through game media. The method used is ABCD (Asset Based Community Development) with stages including problem identification, problem prioritization, asset mapping, determining activities, making instruments and media, giving pre-tests, playing snakes and ladders, giving post-tests, and program evaluation. The participants of this program were elementary school students who played the role of players and spectators of the game with snakes and ladders media. This community service activity was carried out at Kanreapia Elementary School, Kanreapia Village, Tombolo Pao District, Gowa Regency. The results of this community service show that the paired t-test obtained a p-value of 0.001, which means that the program is effective in increasing students' knowledge about PHBS. The results of the pre-test and post-test also show that PHBS education can enhance participants' knowledge of PHBS, with the average respondent who answered correctly ranging from 16.25 to 19.04. Schools are expected to adopt Snakes and Ladders media as fun media in introducing PHBS to school children to provide knowledge about clean and healthy living from an early age.

Keywords: clean and healthy living behavior, Snakes and Ladders, children

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18–28. http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214

Butala, C., Fyfe, J., & Welburn, S. C. (2021). The contribution of community health education to sustainable control of the neglected zoonotic diseases. Frontiers in Public Health, 9, 729973.

Fajriannor, M., & Darsono, P. (2020). Development of Snakes and Ladders Game Media as Learning about Clean and Healthy Living Behavior At the Elementary School Level. 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.23-11-2019.2298385

Fithri, A., Karjatin, A., & Lestari, F. S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang PHBS Melalui Media Ular Tangga Yang Dimodifikasi. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(1), 504–513. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i1.2058

Fitrizah, M. K., Raksanagara, A. S., & Agoes, R. (2020). The effect of snakes and ladders game to improve knowledge and attitudes of elementary school students to stop open defication in Bandung city. The Indonesian Journal of Public Health, 15(2), 173.

Hartati, Dewi, N. P., Sumarni, Fadlilah, S., Lestiawati, E., Harmili, & Pramana, C. (2021). Education Games Effective to Improve Knowledge, Attitudes, and Handwashing Practices in School-Age Children. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(4), 12029–12038. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=158626661&site=ehost-live

Hengky, H. K., Nurlinda, N., Saleh, N. A. A., Juliana, I., & Nursam, C. A. (2022). Edukasi Phbs Melalui Metode Edukatif (Permainan Ular Tangga Raksasa) Pada Anak Usia Dini. Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3123–3129. http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3123-3129

Herawati, C., Kristanti, I., Selviana, M., & Novita, T. (2019). Peran promosi kesehatan terhadap perbaikan pengetahuan, sikap, dan perilaku membuang sampah pada siswa sekolah menengah atas. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40-51. 10.24235/dimasejati.v1i1.5397

Imawati, P. F., Maulana, A., Azmi, P. L., Haniyfa, R. S., & Maheswar, T. (2019). Ular Tangga Raksasa Sebagai Media Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa AMPN 3 Arjasa, Kabupaten Situbondo. Jurnal KSM Eka Prasetya UI, 1(6), 8. https://ksm.ui.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/Ular-Tangga-Raksasa-PHBS.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2016). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Profil Kesehatan Indonesia, 100. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/lain-lain/Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia 2016 - smaller size - web.pdf

Mahmudah, N., & Supiah. (2019). Pemberdayaan pada anak-anak gang dolly di SMA artantika surabaya dengan metode Asset Based Community Development. Madani, 1(2), 144–159.

Maksum, E., Murtiningsih, M., & Inayah, I. (2022). Systematic Riview: Permainan Ular Tangga tentang Protokol Kesehatan Covid-19 dan Edukasi Kesehatan Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(3), 453–462. https://doi.org/10.25311/keskom.vol8.iss3.1099

Nimah, L., & Hidayati, L. (2020). Penguatan PHBS plus dalam upaya pencegahan penyakit tropis dan Covid-19 di Tambakwedi Surabaya Jawa Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 145–154. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2670

Oktariani, L., Aulia, I. D., & Sari, R. S. (2021). Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Kota Tangerang. Syntax Idea, 3(4), 848–856. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i4.1150

Pukhraj, K. S., Deol, R., & Kodi, S. M. (2021). Effect of Snake and Ladder Game on Knowledge , Attitude , and Expressed Practices Regarding Personal Hygiene among Primary School Children?: A Randomized Controlled trial. International Journal of Nursing Research, 7(October), 81–88. https://doi.org/10.31690/ijnr.2021.v07i03.002

Purba, A., & Maturidi, M. (2019). Menanamkan Pola Hidup Sehat pada Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 18(2), 208–220.

Ranoliya, S., Prasad, K. S., & Doss, K. (2019). Effectiveness of Game-Based Learning on Knowledge regarding Personal Hygiene among School going Children in the Selected School. Asian Journal of Nursing Education and Research, 9(4), 559–561. 10.5958/2349-2996.2019.00121.6

Romadhona, M., Solicitor, A. (2020). Narasi Visual Buku Pop-up Carousel tentang Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Anak. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(2), 78–83. http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v19i2.7948

Sanusi, R., & Khairiyah K. Y. (2021). Developing a comic book of COVID-19 prevention education for elementary school students. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1214–1225.

Sasmitha, N. R., Hasnah, & Sutria, E. (2020). Health Education About Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) To Increased Knowledge of School Age Children: Systematic Review. Journal Of Nursing Practice, 3(2 SE-Articles), 279–285. https://doi.org/10.30994/jnp.v3i2.96

Sharma, V., Tiwari, R., Bhargava, R., Jakhar, R., & Rathore, R. S. (2023). A design study of embedded system for a hardware assembly of snake and ladder game. PRATIBODH.

Suprapto, S. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Era Pandemi COVID-19. Abdimas Singkerru, 1(1), 1–7. https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru

Tusaniah, U. S., & Khasanah, U. (2021). Efektifitas Ular Tangga Sebagai Media Edukasi Pencegahan Masalah Cacingan Pada Anak Sekolah. Indonesian Journal of Nursing Practices, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.24853/ijnsp.v2i1.7-12

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Basri, S., Jastam, M. S. ., Amansyah, M., Habibi, Widiastuty, L., Kahfi, M., & Ekasari, R. (2023). Clean and healthy living behavior (PHBS) education in school through Snakes and Ladders game. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2), 203–212. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8505