Enhancing disaster communication literacy based on traditional games among West Aceh students
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8642Keywords:
literacy, disaster communication, traditional gamesAbstract
[Bahasa]: Aceh Barat sebagai salah satu daerah rawan bencana alam di Indonesia memerlukan langkah-langkah konkrit sebagai upaya mitigasi bencana. Salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah memberikan pengetahuan tentang literasi komunikasi bencana di kalangan siswa. Studi-studi sebelumnya telah mengkaji tentang model komunikasi bencana berdasarkan beberapa pengalaman daerah-daerah yang mengalami bencana alam dan non-alam. Namun, belum banyak studi yang mengkaji literasi komunikasi bencana melalui permainan tradisional seperti teka-teki silang (TTS). Oleh karena itu, artikel ini berupaya mengisi kekosongan studi tersebut dengan mengambil studi kasus pada Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat. Data-data artikel ini diperoleh melalui aktivitas penyuluhan dan pendampingan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bersifat insidentil. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa literasi komunikasi bencana perlu didiseminasikan dalam bentuk permainan teka-teki silang. Para siswa yang mengikuti penyuluhan ini lebih aktif menggunakan kemampuan berpikir mereka untuk memahami istilah-istilah dalam kebencanaan. Di samping keaktifan mereka dalam mengisi permainan teka-teki silang tersebut, pada saat yang sama mereka berlatih untuk bekerjasama menyelesaikan permainan tersebut bersama teman-teman mereka. Hal ini merepresentasikan bahwa resiko bencana dapat diminimalisir melalui kerjasama aktif di kalangan masyarakat.
Kata Kunci: literasi, komunikasi bencana, permainan tradisional
[English]: West Aceh as one of the natural disaster-prone areas in Indonesia requires concrete steps for disaster mitigation. One important step that must be taken is to provide knowledge about disaster communication literacy among students. Previous studies have examined disaster communication models based on some experiences of areas that experienced natural and non-natural disasters. However, few studies have examined disaster communication literacy through traditional games such as crossword puzzles (TTS). Therefore, this article attempts to fill this gap by taking a case study of Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 3 Aceh Barat. The data for this article were obtained through counseling and mentoring activities in the form of incidental community service. The results of this community service show that disaster communication literacy needs to be disseminated in the form of a crossword puzzle game. The students who participated in this counseling were more active in using their thinking skills to understand the terms of disaster. In addition to their activeness in filling out the crossword puzzle game, they practiced working together with their friends to complete the game. This represents that disaster risk can be minimized through active cooperation among the community.
Keywords: literacy, disaster communication, traditional games
Downloads
References
Andrianie, P. S., & Habiby, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Anak Dalam Situasi Darurat Bencana. Abdimas Dewantara, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.30738/ad.v4i1.8072
Angraini, L. M., Syamsuddin, S., Wirawan, R., Qomariyah, N., & Sukrisna, B. (2019). Pendampingan Sekolah Siaga Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 58–64. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.263
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone bagi Guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2), 140–149. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4022
Asmawadi, A. (2021). Fun Learning Melalui Media Whatsapp Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.16
Dewi, A. R. (2020). Penerapan Kebijakan Sekolah Siaga Bencana Tingkat Sekolah Dasar di Yogyakarta. HIGEIA: Journal of Public Health Research and Development, 4(1), 286–295. https://doi.org/10.15294/higeia.v4iSpecial%201.35577
DIBI, D. (2023). Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI) Tahun 2020-2023 Provinsi Aceh. Retrieved June 20, 2021, from https://dibi.bnpb.go.id
Fatima, W. Q., Khairunisa, L., Priatna, D. C., & Prihatminingtyas, B. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Media Game Pada Panti Asuhan Al Maul Di Desa Ngajum. Senasif, 3(1), 1725–1739.
Komalasari, M. D., & Pamungkas, B. (2019). Model Mitigasi Bencana Berbasis Multisensoris Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusi Kota Yogyakarta. Jurnal Panjar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28460
Kurniawan, J., Dewi, O., Leonita, E., Nurlisis, N., & Muryanto, I. (2021). Efektifitas Media Sosial Youtube Modifikasi Teka Teki Silang Dalam Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Siswa—Siswi SDN 015 Sungai Sirih. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(1), 90–96. https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss1.865
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2020). Literasi Bencana di Sekolah: Sebagai Edukasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan. Metodik Didaktik?: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(1), 41–48. https://doi.org/10.17509/md.v16i1.22757
Lestari, P. (2018a). Komunikasi Bencana: Aspek Penting Pengurangan Risiko Bencana. Sleman: PT. Kanisius.
Lestari, P. (2018b). Model Komunikasi Bencana Berbasis Masyarakat untuk Mitigasi Bencana Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumatera Utara. Sleman: PT. Kanisius.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.
Mulyadi, S. (1997). Bermain itu Penting. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Muyasaroh, S. M., & Sudarmilah, E. (2019). Game Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran Berbasis Android. Jurnal PROtek, 6(1), 31–35.
Nugroho, S. P., & Sulistyorini, D. (2002). Komunikasi Bencana: Membedah Relasi BNPB dengan Media. Jakarta: Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB.
Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pasopati, 3(3), 168–176.
Prihatin, R. B. (2018). Masyarakat Sadar Bencana: Pembelajaran Dari Karo, Banjarnegara, dan Jepang. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 221–239. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084
Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Adrian, Q. J., Pratiwi, D., Darmawan, O. A., … Ikhsan, U. N. (2022). Pelatihan Mitigasi Bencana Bagi Siswa/Siswi MAS Baitussalam Miftahul Jannah Lampung Tengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 272. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2201
Rahmawati, A., Laelasari, M. F., Magfiroh, M., Susilawati, H., & Damayanti, Z. U. (2023). Edukasi Mitigasi Bencana Sebagai Upaya Pencegahan Bencana Alam Dillingkungan Sekolah Mi Al-Mansyuriah Kelurahan Limusnunggal. Jurnal Pendidikan, Humaniora, Linguistik Dan Sosial (JAGADDHITA), 1(2), 93–98. https://doi.org/10.58268/jagaddhita.v1i2.52
Saputra, H., Roswati, R., Fatmawati, F., Novita, Y., & Nelvawita, N. (2021). Sekolah Siaga Bencana SMPN 1 Kecamatan XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. El-Jughrafiyah: Jurnal Geografi Dan Terapannya, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.24014/jej.v1i1.14040
Sukamto, F. I., Nurhidayat, S., & Verawati, M. (2021). Pelatihan Siswa Tanggap Bencana sebagai Upaya Mitigasi Bencana di Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.37680/amalee.v2i1.178
Tamitiadini, D., Dewi, W. W. A., & Adila, I. (2019). Inovasi Model Mitigasi Bencana Non Struktural Berbasis Komunikasi, Informasi, Koordinasi, dan Kerjasama. Tutur Digital Dalam Dominasi Generasi Milenial, 1, 204–214. Tangerang: COMNEWS.
Wardani, D. (2009). Bermain Sambil Belajar (Menggali Keunggulan Rahasia Terbesar dari Suatu Permainan). Bandung: Edukasia.
Yusuf T, M., & Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92. https://doi.org/10.24042/tadris.v1i1.893
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dony Arung Triantoro, Raudhatun Nafisah, Fathayatul Husna, Futri Syam, Rizky Amalia Syahrani, Ainal Fitri, Ashabul Yamin Asgha, Mirza Adia Nova, Ismu Ridha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.