Interactive learning media training using the Classpoint application to improve the pedagogical competence of Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama teachers in Palangka Raya

Authors

  • Abdul Hadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia
  • Elia Zakaria Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia
  • Dewanto Zulkarnain Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palangka Raya, Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.8728

Keywords:

classpoint application, interactive learning media, pedagogical competence

Abstract

[Bahasa]: Guru sebagai agen pembelajaran harus memiliki kesiapan dalam beradaptasi terhadap perubahan proses pembelajaran dan mampu menghadapi segala tantangan di dalamnya. Di era sekarang, guru perlu untuk meningkatkan kompetensi pedagogiknya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi melalui pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif aplikasi Classpoint. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan empat tahapan kegiatan yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Partisipan program ini adalah sebanyak 27 guru dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di kota Palangka Raya. Evaluasi program ini menggunakan kuesioner, pre-test dan post-test dengan target luaran berupa produk media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Classpoint. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa program ini dapat membantu guru dalam meningkatkan pemahaman tentang penggunaan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi dengan persentase sangat setuju sebanyak 34,6%, dan setuju 65,4%. Sementara nilai rata-rata hasil pre-test adalah sebesar 54% dan post-test sebesar 64% yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi yang disampaikan sebesar 10% setelah mengikuti pelatihan ini. Aplikasi Classpoint dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru untuk mendukung proses pembelajaran.

Kata Kunci: aplikasi classpoint, media pembelajaran interaktif, kompetensi pedagogik

[English]: Teachers, as the principal agents of the learning process, must be able to adapt to changes and deal with all challenges. In the current era, teachers need to improve their pedagogical competence in using information and communication technology to increase the quality of the learning process. This community service program aims to enhance teachers' competence in utilizing technology through a training program on using interactive learning media with the Classpoint application. The method used in this program was Participatory Action Research (PAR), which has four stages: preparation, socialization, implementation, and evaluation. The participants were 27 teachers from Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) in Palangka Raya city. The program evaluation was conducted by distributing questionnaires, pre-tests, and post-tests, with the target output being an interactive learning media product using the Classpoint application. The questionnaire results show that this program can help teachers improve their understanding of using Classpoint as a technology-based interactive learning media, with a percentage of strongly agree with 34.6%, and agree with 65.4%. The average value of the pre-test results was about 54%, and the post-test was 64%, indicating an increase in understanding by 10% after the training. Classpoint application can be an alternative interactive learning media in improving teachers' pedagogical competence to support the learning process.

Keywords: classpoint application, interactive learning media, pedagogical competence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdelrady, A. H., & Akram, H. (2022). An Empirical Study of ClassPoint Tool Application in Enhancing EFL Students' Online Learning Satisfaction. Systems, 10(5), 154. https://doi.org/10.3390/systems10050154

Ekaningtias, M., & Safilin, N. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah NW Lajut Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 232-235. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v4i5.866

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Karim, A. S., Agarina, M., Hasibuan, M. S., & Fauzi, M. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Bagi Guru di Propinsi Lampung. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 4399–4406. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i3.2986

Kurniawan, N. D. & Ika Yatri. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502

Lestari, U. M. D. (2022). Lestari, U. M. D., & Suryaman, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran animasi menggunakan power point pada kompetensi perhitungan volume pekerjaan pondasi. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 8(2).

Oktadela, R., Shalawati, S., Hadiyanti, P. O., Elida, Y., & Ismail, S. (2024). The Implementation of Classpoint in Learning English: A Case Study. Journal of English Language and Education, 9(3), 46-50. https://doi.org/10.31004/jele.v9i3.516

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296

Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, M., Soleha, R. S., & , D. F. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313

Rumidjan, Sumanto, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81. https://doi.org/10.17977/um050v1i12017p77-81

Setiawan, I., Setiyanto, S., & Nurnawati, E. K. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memngembangkan Media Pembelajaran Interaktig Berbasis Tatap Muka Online Menggunakan Classpoint Di Sma Negeri 1 Karangpandan Karangnanyar. 4(1). Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.56327/jurnalpkm.v4i1.84

Setiyanto, S. (2023). Pandangan Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Dokumentasi Kebidananmenggunakan Classpoint. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 5(1), 69-78. https://doi.org/10.47080/iftech.v5i1.2463

Sukarelawan, M.I, Indratno, T.K., & Ayu, S.M. (2024). N-gain Vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Pretest-posttest. Bantul: Suryacahya.

Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9. Diakses di: https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/105

Tanal, A. N., Rahma, P., Mahmud, H., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Program Pelatihan Aplikasi Classpoint. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 102–113. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.386

Thoyibah, A. P., Efriani, A., & Arifin, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint untuk Melihat Minat Belajar Siswa. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4), 1140-1146.

Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif classpoint pada mata kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76-87. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p76-87

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Waty, H. R. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif E-Learning Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi Classpoint. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i1.5683

Zakharia, E., Hadi, A., & Putra, C. (2023). Optimalisasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Microsoft Powerpoint Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nu Palangka Raya. Abdimas Galuh, 5(1), 646. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9994

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Hadi, A., Zakaria, E., & Zulkarnain, D. (2024). Interactive learning media training using the Classpoint application to improve the pedagogical competence of Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama teachers in Palangka Raya. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(1), 28–38. https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.8728