The improvement of teachers' knowledge and skills through mentoring in the development of thematic teaching materials integrated with science and Islam at Madrasah Ibtidaiyah (MI)
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i2.8916Keywords:
teaching materials, science-Islam integration, science learningAbstract
[Bahasa]: Pengembangan bahan ajar tematik terintegrasi Sain-Islam di Madrashah Ibtidaiyah merupakan sebuah strategi dalam memberikan pendidikan holistik dan praktis. Madrasah Ibtidaiyah Sebagai lembaga pendidikan keagamaan seharusan mengadopsi pendekatan pembelajaran khas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar tematik terintegrasi Sains-Islam dengan tema ”indahnya kebersamaan”. Metode pendampingan yang digunakan yaitu menggunakan Service Learning (SL) terdiri dari lima tahap yaitu melakukan engagement, reflection, reciprocity dan dissemination. Hasil pendampingan menunjukan keterampilan pemahaman guru ditinjau dari aspek pemahaman integrasi sebelum pendampingan rerata 70%, setelah dilakukan pendampingan meningkat menjadi 80%. Pada aspek memahami metode integrasi 68% sebelum pendampingan, setelah dilakukan pendampingan meningkat menjadi 78%. Selanjutnya terkait dengan pencarian ayat sain dan hadits juga mengalami peningkatan yaitu awalnya 70% menjadi 84%. Begitu juga dengan keterampilan pengembangan bahan ajar secara signifikan mengalami peningkatan yaitu 80% setelah pendampingan. Temuan ini menunjukan bahwa pendampingan yang dilakukan efektif meningkatkan keterampilan guru dalam merancang dan mengembangkan bahan ajar tematik terintegrasi Sains-Islam. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan solusi efektif peningkatan mutu pendidikan dalam rangka mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara moral dan spiritual.
Kata Kunci: bahan ajar, integrasi sains-Islam, pembelajaran IPA
[English]: Developing thematic teaching materials integrated with Science-Islam in Madrasah Ibtidaiyah is essential for providing holistic and relevant education. As a faith-based educational institution, Madrasah Ibtidaiyah is expected to adopt a distinctive learning approach that integrates religious values with scientific knowledge. This study aims to enhance teachers' skills in designing and developing thematic teaching materials integrated with Science-Islam, particularly on the theme "The Beauty of Togetherness. The method used in this study is Service Learning (SL), which consists of five stages: engagement, reflection, reciprocity, and dissemination. The results of the mentoring process showed significant improvements in teacher skills. In the aspect of integration understanding, the average score increased from 70% to 80% after mentoring. Understanding the integration methods also improved, from 68% before mentoring to 78%. The ability to find relevant Quranic verses and hadiths for the learning theme increased from 70% to 84%. Lastly, the teachers' skills in developing teaching materials significantly improved, reaching 80% after the mentoring process. These findings indicate that the mentoring method based on Service Learning effectively enhances teachers' skills in developing thematic teaching materials integrated with Science-Islam. This study provides a concrete solution to improve the quality of education, preparing students to become individuals who are not only intellectually capable but also morally and spiritually strong.
Keywords: teaching materials, science-Islam integration, science learning
Downloads
References
Baharudin, Ida iteriani, I., Kriani, R., & Hunaifi, A. A. (2021). Penguatan Benteng Spiritual Pekon Marga Mulya: Pendampigan Anggota Remaja Islam Masjid (Risma) Sebagai Pengajar TPA Dimasa Pandemi Covid-19. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), 54-64. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i2.16888
Bujuri, D. A., Ananda, N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 117–132. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.495
Bujuri , D. A., & BAITI, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Integratif Berbasis Pendekatan Kontekstual. Terampil?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 184–197. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3173
Dini, F., Nesri, P., Kristanto, Y. D., & Sanata, U. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail?: Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. Aksioma, 9(3), 480–492.
Dwiningsih, K., Poedjiastoeti, S., Lutfi, A., Sukarmin, S., Hidayah, R., & Nisa, A. (2022). Interactive e-modules training and workshop as teaching materials the era of Society 5.0. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(2), 295–308. https://doi.org/10.26905/abdimas.v7i2.6615
Fitriyawany, F., Lailatussaadah, L., & Meutiawati, I. (2022). Integrating Islamic Values into Science Learning in Indonesian Islamic Higher Education: Expectation and Implementation. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 7(1), 119–132. http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v7i1.10802
Hardi, I., & Tasman, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan Matriks Kelas Xi Sma / Ma. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(2), 70–73.
Jamilah, J., Ahmad Najib, A., Dzulkhairi, M. R., Ariff, H. O., & Nasri Ismail, N. M. (2014). Integration of Islamic input in medical curriculum - Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) experience. International Medical Journal Malaysia, 13(2), 73–77. https://doi.org/10.31436/imjm.v13i2.483
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Murditya, M. B., Corebima, A. D., & Lestari, U. (2016). Pengembangan Multi-Purposes Textbook ( Mtb ) Bertema Biologi Sel Dan Molekuler Bersintak Reading Questioning and Answering ( Rqa ). Seminar Nasional Biologi, 353–359.
Nguyen, G. T. C., & Thai, D. T. (2023). Integrated teaching in primary schools: A systematic review of current practices, barriers, and future developments. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 2053–2062. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.26087
Oktapriana, C., Nurdiniah, D., Bhuana, K. W., & Novianti, N. (2021). Pendampingan perhitungan harga jual melalui metode service learning bagi kedai kopi di Kota Bekasi. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 265-274.
Pandanwangi, A., Sukapura Dewi, B., Juli Rianingrum, C., & Wilastrina, A. (2023). Pelatihan Membuat Batik Diatas Kayu Dengan Menggunakan Metode Service Learning Di Sma Kebangsaan-Tanggerang Selatan. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1411
Pangestuti, T. M., Kamil, M., & Sardin, S. (2020). Model Pelatihan Andragogi Berbasis Media Virtual Reality Dalam Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 38-43. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28289
Ridhoi, R., Ayundasari, L., Khairunnisaa, A., & Hadi, A. F. (2023). Pembuatan bahan ajar sejarah tematik bagi guru MGMP sejarah tingkat SMA/MA. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19388
Rusydiyah, E. F., Rakhmawati, R., Purwati, E., Hafiyusholeh, M., & Asyhar, A. H. (2019). Multimedia application development with islamic critical reflection through 3-2-1 technique for novice teacher internship program. Advances in Science, Technology and Engineering Systems, 4(3), 100–105. https://doi.org/10.25046/aj040314
Suwendi, A. Basir, & J. W. (2022). Pengabdian, Metodologi Masyarakat. Kementerian Agama RI.
Suciati, R., Gofur, A., Susilo, H., & Lestari, U. (2022). Development of Textbook Integrated of Metacognition, Critical Thinking, Islamic Values, and Character. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 20–28. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.03
Sumining, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 1–24. https://doi.org/10.35719/educare.v2i1.30
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311-320.
Taher, A., Taher, A., Gondhowiardjo, S. A., & Bachtiar, A. (2022). Comprehensive Efforts to Accelerate Non-Communicable Disease Services in the Era of COVID-19 in Indonesia's Suburban Area. ASEAN Journal of Community Engagement, 6(1), 152–168. https://doi.org/10.7454/ajce.v6i1.1167
Tahir, M. T. (2021). Integrasi agama dalam pembelajaran sains di Madrasah. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 19–36. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.151
Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 150. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402
Zabidi, F. N. M., Abd Rahman, N., & Halim, L. (2021). Integration of islamic values for environmental conservation: An analysis of school textbooks. Religions, 12(7), 1–18. https://doi.org/10.3390/rel12070509
Zarkasih, Yusuf, K. M., Hasanuddin, & Susilawati. (2019). Integration of Naqli and Aqli Knowledge in Islamic Science. Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 123–134. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/7800/5557
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Baharudin, Ida Fiteriani, Syaiful Anwar, Nur Asiyah, Dian Andesta Bujuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



