Implementation of the STINE program (Smart Thinking In New Era) in shaping Pancasila's characterized and visionary society at Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kalidami
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.9464Keywords:
Taman Bacaaan Masyarakat, information literacy, PancasilaAbstract
[Bahasa]: Pandemi COVID-19 menyebabkan pola perubahan aktivitas masyarakat, yang sebelumnya banyak pada ruang fisik kemudian beralih menjadi aktivitas digital. Pembatasan kegiatan saat pandemi membuat masyarakat banyak menggunakan media digital dan virtual. Termasuk muncul kebiasaan untuk malas bersosialisasi secara fisik, menurunnya minat belajar bersama, dan berkurangnya kegiatan masyarakat diruang publik. Menurunnya interaksi mengakibatkan beberapa nilai-nilai Pancasila terlupakan, hal ini sejalan dengan perkembangan globalisasi yang tidak dapat dibendung dan informasi dengan tema Pancasila tergusur dengan tema-tema lainnya. Pada era baru pasca pandemi menuntut pemberdayaan kembali ruang – ruang publik yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan tempat akses informasi terdekat seperti Taman Bacaan masayarakat (TBM) Kalidami RW 10. Metode pelaksanaan program ini adalah penyuluhan dengan tahapan yang meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah menghidupkan Kembali TBM Kalidami RW 10 melalui program peningkatan kemampuan berpikir cerdas melalui kegiatan literasi. Program STINE (Smart Thinking in New Era) yang terdiri dari empat kegiatan unggulan berupa Kenali Dirimu, Workshop Information Guidance, Temukan dan Selesaikan Aku!, Pengadaan Koleksi dan Sarana Prasarana yang aktif, inovatif, dan kreatif untuk membentuk kehidupan sosial lingkungan masyarakat yang berkarakter dan berwawasan Pancasila. Hasil menunjukkan bahwa Program STINE Kenali Dirimu meningatkan pengetahuan penerapan nilai-nilai Pancasila sebesar 23%; melalui program Workshop Information Guidance pengetahuan melakukan seleksi informasi di media social sebesar 12%; program Temukan dan Selesaikan Aku! Kemampuan berpikir kritis dan bekerja sama dalam tim meingkat sebesar 22%; dan Pengadaan koleksi dan sarana prasarana jumlah koleksi meingkat sebesar 100%. Ssecara keseluruhan program STINE mampu meningkatkan literasi informasi masyarakat sekitar TBM Kalidami.
Kata Kunci: Taman Bacaan Masyarakat, literasi informasi, Pancasila
[English]: Throughout the COVID-19 pandemic, there has been a significant shift in societal activities from physical spaces to digital platforms. With restrictions on in-person gatherings, people have increasingly relied on digital and virtual media. This shift has led to a decline in face-to-face social interaction, a decrease in community learning initiatives, and a reduction in public activities. The decreased interaction has resulted in the erosion of some of Pancasila's core values, which align with the unstoppable forces of globalization and the overshadowing of Pancasila-related information by other themes. In the post-pandemic era, there is a need to revitalize public spaces as center for community activities and as accessible sources of information, such as the Community Reading Garden (TBM) of Kalidami. The implementation method for this program involves educational outreach through planning, preparation, execution, and evaluation stages. This Community Service aims to reinvigorate TBM Kalidami RW 10 by enhancing critical thinking skills through literacy activities. The STINE program (Smart Thinking in New Era) comprises four flagship activities: Information Guidance Workshop, Kenali Dirimu!, Temukan dan Selesaikan Aku!, and the last one is Collection and Facilities Procurement. These activities are designed to actively, innovatively, and creatively shape the social environment of the community to embody the values of Pancasila. The results show that the STINE Program's Kenali Dirimu! component increased the application of Pancasila values by 23%; the Information Workshop program improved the selection of information on social media by 12%; the Temukan dan Selesaikan Aku!, component boosted critical thinking and teamwork skills by 22%; and the Collection and Facilities procurement increased the collection by 100%. In general, the STINE program has successfully clarified community information literacy around TBM Kalidami.
Keywords: Taman Bacaan Masyarakat, information literacy, Pancasila
Downloads
References
Ardiansyah. (2021). Bantuan Luar Negeri Australia Melalui Program Inovasi Untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi) Dalam Upaya. In Skripsi .
Arliman, L. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. Unifikasi?: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 58. https://doi.org/10.25134/unifikasi.v5i1.754
Hastuti, D. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Montessori. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1203
Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini ditinjau dari Perspektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. Osfpreprints, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31219/osf.io/hq4ux
Luhukay, M. S. (2018). Penyuluhan Literasi Media: Cara Mencegah Hoax Di Media Sosial Kepada Ibu-Ibu PKK Kelurahan Pakulonan Barat Tangerang. Prosiding PKM-CSR Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibilty, 1, 185–191. http://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/145
Maharani, L. A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Menumbuhkuatkan Pengetahuan Mengenai Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 137–138. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2484
Mulyani, S. (2012). Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Akuntansi. Sistem Informasi Akuntansi, 1–25. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/EKSI431203-M1.pdf
Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402
Sari, R., Saleh, M. N. I., Rahman, D. N., & Aisah, A. (2020). Pemberdayaan Remaja Masjid di masa pandemi Covid-19 melalui workshop dan simulasi Konseling Sebaya. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 190. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i2.7789
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. 1(1), 73–80.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Ulfah, Y., & Suryantoro, A. (2021). Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Nilai Pretest dan Posttest IPA Kelas IX. A SMP Negeri Purworejo Lampung Tengah. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1), 28-35. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3387
Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.688
Yuliyanto, Y., & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Anuva, 3(4), 377–386. https://doi.org/10.14710/anuva.3.4.377-386
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Kusumaningtiyas, Nur Ailiya Hanum, Rani Kusuma Savitri, Raihanah Karen Azzahra Ticoalu, Sasqia Alya Kamila, Intan Tri Amalia Rusmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.