Increasing teacher creativity through computer-based learning media development training

Authors

  • Samrin Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia
  • Tandri Patih Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia
  • Halistin Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia
  • Syifa Syira Salsabila Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.9716

Keywords:

teacher creativity, computer-based learning media, training

Abstract

[Bahasa]: Di Sulawesi Tenggara, pemerintah daerah telah mengadakan pelatihan untuk guru-guru. Namun, program ini belum sepenuhnya diterapkan di sekolah, terutama di daerah pinggiran. Kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dan metode pembelajaran konvensional mempengaruhi motivasi dan pemahaman siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berbantuan Microsoft powerpoint, ispring suite software, dan Kvisoft Flipbook Maker, sehingga dapat meningkatkan kreativitasnya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil program pengabdian ini menunjukkan 1) Guru-guru merespon sangat baik terkait IAIN Kendari yang memberikan pelatihan terhadap kebutuhan Kerjasama yang diharapkan oleh guru-guru; 2) Terdapat peningkatan pengetahuan dan kreativitas guru-guru dalam mendesain dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berbantuan setelah dilaksanakannya pelatihan. Dari hasil evaluasi program, direkomendasikan untuk perlunya dilakukan kegiatan sejenis, agar guru-guru mampu memanfaatkan teknologi komputer atau teknologi Informasi (IT) dalam proses pembelajaran. Selain itu, perlu juga dilakukan pelatihan pemanfaatan software lain seperti canva, serta media-media pembelajaran lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru dalam kegiatan pembelajaran dan evaluasi peserta didik berbasis digital.

Kata Kunci: kreativitas guru, media pembelajaran berbasis komputer, pelatihan

[English]: In Southeast Sulawesi, the regional government has conducted training for teachers. However, this program has not been fully implemented in schools, especially in suburban areas. The difficulty in using computer-based learning media and conventional learning methods affects student motivation and understanding. This community service program aims to provide knowledge insight and increase understanding of junior high school teachers in Lasolo Islands, North Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province in utilizing computer-based learning media assisted by Microsoft PowerPoint, Ispring software suite, and Kvisoft Flipbook Maker so that they can increase their creativity in carrying out learning in class. The method used was the Participatory Action Research (PAR). The results show that: 1) The teachers responded very well to IAIN Kendari, which provided training on the cooperation needs expected by the teachers; 2) There is an increase in teachers' knowledge and creativity in designing and utilizing computer-assisted learning media after the training. It is also recommended that similar activities be carried out so that teachers can utilize computer technology/information technology (IT) in the learning process. In addition, it is necessary to provide training on using other software such as Canva and other learning media that teachers can utilize in digital-based learning and student evaluation activities.

Keywords: teacher creativity, training, computer-based learning media, training

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Samrin, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia

Manajemen Pendidikan Islam

Tandri Patih, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia

Tadris Matematika

Halistin, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia

Tadris Matematika

Syifa Syira Salsabila, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Kendari, Indonesia

Manajemen Pendidikan Islam

References

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Buton, M., Kaunang, R., & Jocom, S. G. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Warunk Bendito di Kawasan Megamas Manado. Agri-Sosioekonomi, 15(1), 159. https://doi.org/10.35791/agrsosek.15.1.2019.23590

Firdaus, F., Zulhajji, Z., A Karim, S., Yusuf Mappeasse, M., & Imran, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Bagi Guru SD Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.298

Fitriani, Faisol, A., Wamiliana, Notiragayu, Chasanah, S. L., & Kurniasari. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru- Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabddian Kepada Masyarakat Tabikpun, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

Margasari, N., Alteza, M., & Musaroh. (2009). Pendampingan Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Memperoleh Sertifikasi Bagi Guru-Guru SMK YPKK I Sleman Yogyakarta. In Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (Issue April). https://staffnew.uny.ac.id/upload/132309679/pengabdian/lampiran-cum-c-upload-1.pdf

Masturdin. (2016). Kreativitas Guru Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MTSN Rukoh Darussalam Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, 7(2), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3869

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Patih, T., Sangila, M. S., Boy, L., Masdin, Kadir, A., Halistin, & Nurhalizah, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal dan Penilaian Daring Bagi Guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(2), 2–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1047

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Resmawan. (2015). Pelatihan Pembuatan Meddia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Guru-Guru SMP/MTs Se-Kecamatan Kwandang. In Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 13). https://repository.ung.ac.id/get/singa/2/39/Pelatihan-Pembuatan-Media-Pembelajaran-Matematika-Interaktif-berbasis-PowerPoint-bagi-Guru-Guru-SMPMTs-se-Kecamatan-Kwandang.pdf

Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasiss Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 1(1), 48–52. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.134

Simarmata, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Melalui Pembuatan Lagu Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan T.A 2016/2017. Jurnal Education and Development, 7(4), 215–222. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1395

Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 313–330. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Samrin, Patih, T., Halistin, & Salsabila, S. S. (2024). Increasing teacher creativity through computer-based learning media development training. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(1), 12–27. https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.9716