Increasing teacher creativity through computer-based learning media development training
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v20i1.9716Keywords:
teacher creativity, computer-based learning media, trainingAbstract
[Bahasa]: Di Sulawesi Tenggara, pemerintah daerah telah mengadakan pelatihan untuk guru-guru. Namun, program ini belum sepenuhnya diterapkan di sekolah, terutama di daerah pinggiran. Kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dan metode pembelajaran konvensional mempengaruhi motivasi dan pemahaman siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dan meningkatkan pemahaman guru-guru Sekolah Menengah Pertama di Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berbantuan Microsoft powerpoint, ispring suite software, dan Kvisoft Flipbook Maker, sehingga dapat meningkatkan kreativitasnya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil program pengabdian ini menunjukkan 1) Guru-guru merespon sangat baik terkait IAIN Kendari yang memberikan pelatihan terhadap kebutuhan Kerjasama yang diharapkan oleh guru-guru; 2) Terdapat peningkatan pengetahuan dan kreativitas guru-guru dalam mendesain dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berbantuan setelah dilaksanakannya pelatihan. Dari hasil evaluasi program, direkomendasikan untuk perlunya dilakukan kegiatan sejenis, agar guru-guru mampu memanfaatkan teknologi komputer atau teknologi Informasi (IT) dalam proses pembelajaran. Selain itu, perlu juga dilakukan pelatihan pemanfaatan software lain seperti canva, serta media-media pembelajaran lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru-guru dalam kegiatan pembelajaran dan evaluasi peserta didik berbasis digital.
Kata Kunci: kreativitas guru, media pembelajaran berbasis komputer, pelatihan
[English]: In Southeast Sulawesi, the regional government has conducted training for teachers. However, this program has not been fully implemented in schools, especially in suburban areas. The difficulty in using computer-based learning media and conventional learning methods affects student motivation and understanding. This community service program aims to provide knowledge insight and increase understanding of junior high school teachers in Lasolo Islands, North Konawe Regency, Southeast Sulawesi Province in utilizing computer-based learning media assisted by Microsoft PowerPoint, Ispring software suite, and Kvisoft Flipbook Maker so that they can increase their creativity in carrying out learning in class. The method used was the Participatory Action Research (PAR). The results show that: 1) The teachers responded very well to IAIN Kendari, which provided training on the cooperation needs expected by the teachers; 2) There is an increase in teachers' knowledge and creativity in designing and utilizing computer-assisted learning media after the training. It is also recommended that similar activities be carried out so that teachers can utilize computer technology/information technology (IT) in the learning process. In addition, it is necessary to provide training on using other software such as Canva and other learning media that teachers can utilize in digital-based learning and student evaluation activities.
Keywords: teacher creativity, training, computer-based learning media, training
Downloads
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Buton, M., Kaunang, R., & Jocom, S. G. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Warunk Bendito di Kawasan Megamas Manado. Agri-Sosioekonomi, 15(1), 159. https://doi.org/10.35791/agrsosek.15.1.2019.23590
Firdaus, F., Zulhajji, Z., A Karim, S., Yusuf Mappeasse, M., & Imran, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Bagi Guru SD Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.59562/abdimas.v1i1.298
Fitriani, Faisol, A., Wamiliana, Notiragayu, Chasanah, S. L., & Kurniasari. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru- Guru SMK Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabddian Kepada Masyarakat Tabikpun, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96
Margasari, N., Alteza, M., & Musaroh. (2009). Pendampingan Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Memperoleh Sertifikasi Bagi Guru-Guru SMK YPKK I Sleman Yogyakarta. In Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (Issue April). https://staffnew.uny.ac.id/upload/132309679/pengabdian/lampiran-cum-c-upload-1.pdf
Masturdin. (2016). Kreativitas Guru Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MTSN Rukoh Darussalam Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, 7(2), 1–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3869
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Patih, T., Sangila, M. S., Boy, L., Masdin, Kadir, A., Halistin, & Nurhalizah, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal dan Penilaian Daring Bagi Guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(2), 2–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i2.1047
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Kependidikan, 4(3), 265–272. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Resmawan. (2015). Pelatihan Pembuatan Meddia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Guru-Guru SMP/MTs Se-Kecamatan Kwandang. In Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 13). https://repository.ung.ac.id/get/singa/2/39/Pelatihan-Pembuatan-Media-Pembelajaran-Matematika-Interaktif-berbasis-PowerPoint-bagi-Guru-Guru-SMPMTs-se-Kecamatan-Kwandang.pdf
Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arifianto, A. S. (2016). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasiss Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 1(1), 48–52. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.134
Simarmata, E. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Melalui Pembuatan Lagu Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan T.A 2016/2017. Jurnal Education and Development, 7(4), 215–222. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1395
Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lisan Al-Hal, 7(2), 313–330. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Samrin, Tandri Patih, Halistin, Syifa Syira Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.