MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Khairunnisa Ulfadhilah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3439

Keywords:

Kontruktivisme, Penerapan Kontruktivisme, Pembelajaran Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran mengarah pada kontruktivisme perlu diterapkan pada anak usia dini sebab tindakan
menciptakan makna yang dipelajari, membuka pengetahuan anak secara aktif, pendidik memberikan
pengetahuan pada anak sebab anak di TK Negeri Satap Cirebon tak sepenuhnya menerapkan
pembelajaran kontruktivisme sehingga eksplorasi anak tidak maksimal. Tujuan riset ini dilakukan agar
anak didik dapat menerapkan pembelajaran kontruktivisme disekolah dengan arahan pendidik.
Metode yang digunakan yakni kualitatif seperti observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil riset
di TK Negeri Satap Cirebon signifikan pembelajaran anak dikelas, anak dapat menjawab pertanyaan
dari pendidik, pendidik mengajarkan dengan aktif, suasana pembelajaran anak dikelas tidak monoton,
menciptakan suasana belajar yang mengasyikan. Peran pendidk dalam pembelajaran kontruktivisme
dapat membimbing, mengarahkan anak untuk makna baru terhadap pengalaman atau informasi yang
anak dapatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Wibowo. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anita Lie & Sarah Prasasti. (2005). Menjadi Orangtua Bijak 101 Cara Membina Kemandirian

dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Media Komputindo.

Anita Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, Prenada Media Goup.

Asri Budiningsih. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baharuddin Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar, dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media.

Carol Seefeldt & Barbara A. Wasik. (2008). Penelitian Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Carol Seefeldt & Barbara A. Wasik. (208). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Crain, W. (2007). Theories of Development Concepts and Aplications Third Edition. (Alih

Bahasa: Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dadan, M. S. Perbedaan Model Pembelajaran Kontruktivisme, dan Model Pembelajaran

Langsung. Journal: Logika, Vol 16, No 01, 2016.

Dera Agustiana Pratiani, Ani Hendriani, Andin Dyas Fitriani. Penerapan Model Kontruktivisme

untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruan Peserta Didik SD. Journal:

Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 1, No 11, Juni 2017.

Dwi Siswoyo, dkk . (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Eti Nurhayati. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, I. (2014). Metode Peneitian Kualitatif Teori, dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermowo, Self Digesting. (2009). “Alat Menjelajahi, dan Mengurai Diri”. Bandung:Mizzan

Learning Cener.

Irianto & Bahtiar Y. (2010). Kebijakan Pembahuruan Pendikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Lexy J. Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martinus Yamin & Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: Gaung Persada Press Group.

M. Ramli. (2012). Pendampingan Perkembangan Ank Usia Dini. Jakarta:Departemen

Pendidkan Nasional Republik Indonesia.

M. Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Newby, Timothy J; Stepich; Lehman; Russel. (2000). Intructional Technology for Teaching

and Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Prectice-Hall, In.

Paul Suparno. (2001). Teori Perkembagan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisus Media.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Sebelas. (Alih Bahasa: Mila Rachmawati &

Anna Kuswanti). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Schunk, H. (2012). Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. (Alih Bahasa: Savitri

Soekrisno). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Publishing.

Slamet Suyanto. (2007). Pendidikan Nilai Secara Terpadu untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta:

Hikayat.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada

Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Downloads

Published

2021-06-20