MENGATASI KEJENUHAN ANAK DALAM MASA PANDEMI MELALUI BERMAIN TRADISIONAL BERSAMA ORANG TUA
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4761Keywords:
Usir Kejenuhan, Masa Pandemi, Bermain Tradisional Bersama Orang TuaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan cara bagi orang tua di Indonesia untuk menghilangkan kejenuhan anak di masa pandemi dengan cara bermain permainan tradisional bersama orang tua. Selain itu, orang tua dapat mengenalkan permainan tradisional kepada anak agar permainan tradisional tidak punah seiring dengan berjalannya waktu, tidak tergeser oleh permainan modern yang kini merambah dunia anak Indonesia, serta menjaga permainan tradisional sebagai kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai budaya bermain anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga dapat menjelaskan hasil penelitian dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Orang tua berusaha menghilangkan kejenuhan anak di masa pandemi Covid-19 dengan cara bermain permainan tradisional di rumah bersama orang tua seperti bermain congklak, gobak sodor, dan petak umpet sehingga dapat meminimalisir kebosanan yang melanda anak selama pembelajaran online di rumah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, orang tua telah melakukan langkah-langkah untuk mengusir kebosanan anak selama masa pandemi melalui permainan tradisional bersama orang tua di sekitar rumah sehingga dapat mengurangi mobilitas dengan orang lain, dan dapat melindungi keluarga dari paparan Covid. -19 yang sangat mudah menyebar.
Downloads
References
Amini, Nur. 2020. “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini.” 09(02):119–29.
Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan , Solusi Dan Harapan?: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” 282–89.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.
Kemendikbud. 2020. “Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020.”
Khadijah. 2017. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Khairunnisa Ulfadhilah, Nurlaela, Sukiman. 2021. “Implementasi Kurikulum 2013 (Terpadu) Di Ra Baiturrahman Bima Cirebon.” 6(1):47–58.
Khairunnisa Ulfadhilah, Suyadi. 2021. “Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf , Bahasa Dalam.” 4(1):67–77. doi: 10.31004/aulad.v4i1.93.
Oktaria, Renti, and Purwanto Putra. 2020. “PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAAT PANDEMI COVID-19 CHILD EDUCATION IN THE FAMILY AS AN EARLY CHILDHOOD.” 7(1):41–51.
Satrianingrum, Arifah Prima, Iis Prasetyo, Pendidikan Anak, Usia Dini, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2021. “Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di PAUD Abstrak.” 5(1):633–40. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.574.
Ulfadhilah, Khairunnisa. 2021a. “Family Education On The Quality Of Child Care In The Covid-19 Era.” 1(June):8–19.
Ulfadhilah, Khairunnisa. 2021b. “ISSN?: 2580 – 4197 E ISSN?: 2685-0281 ( Online ).” 0281.
Ulfadhilah, Khairunnisa. 2021c. “MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN.” 3(1):1–13.
Ulfadhilah, Khairunnisa. 2021d. “Strategi Pembelajaran Dalam Mengatasi.” 16(1):113–32.
Umi, Ghatarina, Mila Karmila, Pendidikan Guru, Pendidikan Anak, and Usia Dini. 2020. “PENDIDIKAN KETERAMPILAN HIDUP ( LIFE SKILL ) ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI.” 6.












