UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI FINGER PAINTING
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v3i2.4676Keywords:
Kreativitas, Anak Usia Dini, Finger PaintingAbstract
Kreativitas yakni kemampuan yang dimiliki anak untuk ciptakan hal-hal dalam bentuk idemaupun karya nyata bagi anak.Riset ini dilakukan agar mendapatkan perkembangan kreativitas anak melalui media finger painting di Kelompok A dan B RA Baiturrahman Cirebon. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didk pada Kelompok A, dan B RA Baiturrahman Cirebon terdapat 20 anak yang terdiri dari atas 8 orang anak laki-laki, dan 12 orang anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, seperti observasi, wawancara maupun dokumentasi. Uji keabsahannya menggunakan triangulasi tekni, dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa finger painting dapat meningkatkan: 1)kreativitas pada anak; 2) meningkatkan daya imajinasi dapat membantu mengekpresikan melalui gambar yan dibuat anak; 3)melatih motorik halus anak dapat melatih agar seluruh otot dalam tumbuh anak berkembang secara maksimal melatih jari sekaligus kekatan tangan anak; 4)meningkatkan koordinasi mata dan tangan saling bekerja sama antara mata dengan tangan melalui finger painting.
Downloads
References
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23
Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
Anggalomoare, K. (2018). JURNAL Smart PAUD. 1(1), 89–96.
Angka, M. (2021). Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf , Bahasa dalam. 4(1), 67–77. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.93
Anhusadar, L. O. (2021). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19 Abstrak. 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555
Bagus, I., Sindu, K., Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., & Disiplin, U. (2020). Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 169–179.
Baharuddin, E. N. W. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180
Di, P., Tk, K. B., & Pembina, N. (2018). JURNAL Smart PAUD. 1(2).
Education, F., The, O., Of, Q., & Care, C. (2021). Family Education On The Quality Of Child Care In The Covid-19 Era. 1(June), 8–19.
Eksperimen, P., Taman, B., Tikka, M., Tanete, K., Kabupaten, R., Tahun, B., & Kurnia, S. D. W. I. (2015). DINI DALAM SENI LUKIS. 285–302.
Erste Sohn Chandra, W., & Eliza, D. (2020). Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460
Fitriani, D., & Arvionita, N. (n.d.). USIA DINI peran penting bagi kehidupan anak , dengan pemberian rangsangan yang baik maka. VI, 204–217.
Inten, D. N., Permatasari, A. N., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Bandung, U. I., Komunikasi, I., & Bandung, U. I. (2019). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. 3(2), 366–376. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188
Islam, P., Usia, A., & Gresik, U. M. (2021). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi Abstrak. 5(1), 549–558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Kreativitas, D., & Finger, P. (2018). 1 , 2 1 , 2. 1(2).
Made, N., Suryaningsih, A., & Rimpiati, N. L. (2018). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. 2(2), 194–201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90
Mardliyah, S., Yulianingsih, W., Surya, L., & Putri, R. (2021). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Sekolah Keluarga?: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini Abstrak. 5(1), 576–590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665
Masa, D. I., Pada, P., & Usia, A. (2021). ISSN?: 2580 – 4197 E ISSN?: 2685-0281 ( online ). 0281.
Ningrum, M. A. (2016). PENGARUH BERMAIN OUTDOOR DAN KEGIATAN FINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI Rachma Hasibuan *). 1, 72–80.
Pane, E. T. T. (2012). PAUD Menyiapkan Masa Depan Anak. Universitas Terbuka.
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Kegiatan, P., Painting, F., Teori, B., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2016). MOTORIK HALUS ANAK Jurusan BimbinganKonseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2).
Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., Tahun, N., Metode, P., Melalui, B., Finger, K., Pendidikan, J., Pendidikan, G., Usia, A., Volume, D., & Tahun, N. (2015). e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1).
Ra, D. I., & Bima, B. (2021). Implementasi kurikulum 2013 (terpadu) di ra baiturrahman bima cirebon. 6(1), 47–58.
Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247
Selvi, I. D. (2020). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 373–382. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Alfabeta.
Suyadi, M. U. (2015). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Ulfadhilah, K. (2021a). MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAN. 3(1), 1–13.
Ulfadhilah, K. (2021b). Strategi Pembelajaran dalam Mengatasi. 16(1), 113–132.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.












