Penerapan Field Study Mata Kuliah Perencanaan dan Evaluasi Anak Usia Dini Melalui Platform Zoom dengan Google Classroom
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7181Keywords:
Covid-19, Field Study, Zoom dengan GCR.Abstract
Adanya mengalami perubahan sangat signifikan yakni pembelajaran secara online dari jenjang anak usia dini hingga mahasiswa. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga mengikuti aturan yang sudah ada yakni online menggunakan platfrom yang sudah ditentukan oleh dosen, dosen mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Anak Usia Dini menggunakan platfrom zoom dengan gcr. Adanya kegiatan Fieldy Study di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini untuk melakukan mengajar pada mahasiswa semester 4, dan menemukan proses pembelajaran mahasiswa semester 4 melalui zoom dengan gcr. Penelitian ini menggunakan kualitatif untuk mendeskripsikan temuan yang telah diteliti kemudian dicatat. Teknik pengumpulan data ialah dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran online mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Anak Usia Dini melalui platfrom Zoom dengan GCR sudah efektif. Selain itu, pembelajaran menggunakan system online mendapat respon dari mahasiswa terdapat lebih fleksibel namun terdapat beberapa mahasiswa menemukan kendala dengan signal, dan pembelajaran kurang maksimal. Adanya aplikasi penghubung antara dosen dengan mahasiswa untuk proses belajar mengajar dilakukan selama adanya pandemi Covid-19, dan mahasiswa menerima pemahaman maupun penjelasan yang diutarakan oleh dosen.
Downloads
References
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Fajriati, R., & Nugraheni, A. S. (2021). Tutorial Penggunaan Aplikasi Rapor Digital untuk Raudhatul Athfal ( ARDIRA ) dalam Pembuatan Laporan Evaluasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. 4(01), 49–58.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Kemendikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020.
Khairunnisa Ulfadhilah, Nurlaela, S. (2021). Implementasi kurikulum 2013 (terpadu) di ra baiturrahman bima cirebon. 6(1), 47–58.
Khairunnisa Ulfadhilah, S. (2021). Penggunaan Media Box of Number and Alfabeth untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitf , Bahasa dalam. 4(1), 67–77. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.93
Kristiani, Y., Widiastuti, W., Elok, U., Rasmani, E., & Wahyuningsih, S. (2021). Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini Abstrak. 5(2), 1240–1247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.752
Oktaviani, D. A. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa. 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995
Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2020). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
Tiolina Siregar, H., & Tarigan, R. M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom (Gcr) Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa Mahasiswa Pgsd. Journal of Natural Sciences, 1(3), 136–142. https://doi.org/10.34007/jns.v1i3.24
Ulfadhilah, K. (2022). MENGATASI KEJENUHAN ANAK DALAM MASA PANDEMI. 4(1).












