MEMBANGUN POTENSI DAN KESADARAN MODERASI BERAGAMA PADA MAHASISWA BARU T.A 2022/2023 PRODI ILMU ALQURAN DAN TAFSIR (IQT) FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA UIN MATARAM

Authors

  • M. Taufiq Universitas Islam Negeri Mataram
  • Agam Royana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Mohamad Khoiril Anwar UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elumdah.v7i2.12570

Keywords:

Potensi, Kesadaran, Moderasi Baragama, Mahasiswa

Abstract

UIN Mataram mempunyai visi dan misi dalam mencetak lulusanya. Sebagaimana visi uin mataram yakni berdaya saing internasional dengan integrasi keilmuan dalam membangun masyarakat yang shaleh, moderat, cerdas dan unggul. Adaya kemoderatan itu telah ditunjukkan dalam visi uin mataram sehingga perlu adanya penguatan dan pengintegrasian keilmuan. Melalui penelitian ini peneliti mengidentifikasi pemahaman moderasi beragama di kalangan mahasiswa baru prodi IQT FUSA UIN mataram. Maka perlu pemahaman kepada mahasiswa baru mengenai moderasi beragama karena masih banyak mahasiswa baru yang belum mengetahui apa itu moderasi beragama bahkan ada yang baru dengar istilah moderasi beragama di kampus. Dengan adanya itu peneliti mencoba untuk menguatkan konsep moderasi beragama kepada mahasiswa baru prodi IQT khususnya karena prodi ini lebih sangat bisa menggunakan dalil-dalil dalam beragama. Sehingga pentingnya moderasi beragama ini untuk mengurai problematika intoleransi secara umum. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemahaman mahasiswa semester awal T.A. 2022/2023 IQT FUSA terhadap konsep moderasi beragama?, 2) Bagaimana sikap mahasiswa semester awal T.A. 2022/2023  IQT FUSA terhadap keberagaman. Hasil dari penelitian ini bahwa pemahaman tentan moderasi agama bagi mahasiswa awal belum sepenuhnya memahaminya namun dalam sikap atau tindakan dalam fenomen keberagamaan rata-rata mahasiswa bisa toleransi dan peran mahasiswa di sini adalah agen perubahan dalam kebaikan serta membangun moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat yang multikultural.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-28