Main Article Content

Abstract

This study aims to produce an evaluation instrumen for critical thinking using the software iSpring QuizMaker on ion balance material and the pH of a valid salt solution according to material and media experts, knowing the validity, reliability, level of difficulty, discriminating power and user response. This study uses a research and development (R&D) design with the Plomp model. The research subjects consisted of 3 teachers and 30 students of class XI SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 12 Pekanbaru and MAN 1 Pekanbaru. Data collection techniques are carried out by literature studies and field studies. The research data was obtained from the validation results of two material validators and two media validators as well as user trials. The results of the validation by the material validator based on the material aspect were 90.67%, the construction aspect was 87.33% and the language aspect was 90.89%. According to media validators based on aspects of substance content 100%, learning design 100%, display (visual communication) 98% and software utilization 97.14%. The results of the item analysis show that 15 items are valid, have very high reliability, have 5 items of "medium" and 10 items in the "difficult" category of difficulties and have good discriminating power. User response for the develop instrumen reached scores 92.00% by teachers and 93.00% by students with very good criteria.


 


Kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah masih tergolong rendah, sehingga diperlukan suatu instrumen soal evaluasi berpikir kritis menggunakan media. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen evaluasi soal berpikir kritis dengan software iSpring QuizMaker pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam yang valid menurut ahli materi dan media, mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda serta respon pengguna. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model Plomp. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru dan 30 peserta didik kelas XI SMAN 8 Pekanbaru, SMAN 12 Pekanbaru dan MAN 1 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi dua validator materi dan dua validator media serta uji coba pengguna. Hasil validasi oleh validator materi berdasarkan aspek materi sebesar 90,67%, aspek konstruksi 87,33% dan aspek bahasa 90,89%. Menurut validator media berdasarkan aspek subtansi isi 100%, desain pembelajaran 100%, tampilan (komunikasi visual) 98% dan pemanfaatan software 97,14%. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa 15 butir soal valid, memiliki reliabilitas sangat tinggi, taraf kesukaran “sedang” sebanyak 5 soal dan kategori “sukar” sebanyak 10 soal serta memiliki daya pembeda baik. Skor respon pengguna 92,00% oleh guru dan 93,00% oleh peserta didik dengan kriteria sangat baik.

Keywords

Berpikir kritis iSpring QuizMaker Kesetimbangan ion dan pH larutan garam

Article Details

How to Cite
Melcin, M. S., Erna, M., & Haryati, S. (2021). Pengembangan Soal Berpikir Kritis Menggunakan Software iSpring QuizMaker Sebagai Media Display Pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam: DEVELOPMENT OF CRITICAL THINKING PROBLEMS TEST USING iSPRING QUIZMAKER SOFTWARE AS A DISPLAY MEDIA ON ION EQUILIBRIUM AND pH OF SALT SOLUTION MATERIALS. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 3(2), 177–189. https://doi.org/10.20414/spin.v3i2.3985

References

  1. Arikunto, S. (2010). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  2. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Azhar, E. & Kusumah, Y. S. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teori Peluang Berbasis RME Untuk Meningkatkan Pemahaman, Penalaran, Dan Komunikasi Matematik Siswa SLTA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema Matematika Dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran pada Tanggal 3 Desember 2011 Di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 612–621.
  4. Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida. 16 (1). 1-12.
  5. Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2). 139-151.
  6. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidik SMA. Jakarta. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Depertemen Pendidikan Nasional. Jakarta
  7. Harta, J. (2017). Pengembangan Soal Esai Berbasis HOTS Untuk Menyelidiki Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Penelitian. 21(1): 62-69.
  8. Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
  9. OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. Executive Summary.
  10. Rahmasari, T. P., Kurnia, L. D., Juwani, G. M., Murti, A. D., Putra, K. A. P, & Linda, R. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan e-Magazine Dalam Pembelajaran Kimia di SMA Negeri Pintar Provinsi Riau. Unri Conference Series: Community Engagement. 1. 545-554.
  11. Retnawati., Heri., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ Knowledge about Higher-Order Thinking Skills dan Its Learning Strategy. Problems of Education in the 21st Century. 76(2). 215–230.
  12. Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  13. Surapranata, S. 2005. Analisis, Validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes: Implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Wijayanti, S., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berpikir Kritis Berbasis CBT dengan Software iSpring QuizMaker Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia.
  15. Yulianti, E., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan e-book interaktif laju reaksi berbasis representasi kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2). 105-116.