Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI SMA Negeri 2 Langgudu Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa untuk kelas eksperimen yang menggunakan model Creative Problem Solving dan 22 siswa untuk kelas kontrol yang menggunakan model bervariasi. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang telah diuji validitasnya. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t independent samples t-test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,020 < 0,05 dengan perbedaan nilai rata-rata pada post-test uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 68,67 dan kelas kontrol sebesar 50,32. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI SMA Negeri 2 Langgudu Tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords

Pengaruh Model creative problem solving Kemampuan berpikir kritis

Article Details

How to Cite
Jariyah, A., Wahyudiati, D., & Baiq Amelia Riyandari. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMAN 2 LANGGUDU: THE EFFECT OF CREATIVE PROBLEM SOLVING LEARNING MODEL ON STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITY ON ACID-BASE MATERIALS IN CLASS XI SMAN 2 LANGGUDU. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 4(2). https://doi.org/10.20414/spin.v4i2.5260

References

  1. Arini, S., Haryono., & Saputro., S. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Banyudono Semester Genap Tahun Pembejaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 6(2).
  2. Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika (JPK). 6(2). 128-143. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i2.1318
  3. Haryanto. (2006). Pengembangan Cara Berpikir Kritis Divergen-Konvergen Sebagai Isu Kritis dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. 2(1). 1-12.
  4. Hayudiani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Education. 4(1). 20-27. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383
  5. Jannah, R., Mahsul, A., & Mubarak, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 2(2). 116-131. https://doi.org/10.20414/spin.v2i2.2697
  6. Kartimi & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk Siswa SMA Perinngkat Atas dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1). 21-26. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2008
  7. Lina., Ningrat. H. K., & Mizriaty, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 2(1). 40-51. https://doi.org/10.20414/spin.v2i1.2020
  8. Mahmudah, R., Meilina, A., Kadir., & Kurniawati, L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Kota Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pendidikan dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta.
  9. Manurung, T, W. H., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Hidayah Medan. Journal Mathematic Education. 1(1).
  10. Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunnaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 7(3). 315-326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140
  11. Oktaviana. I. A., Catur, A. N., & Utami, B. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Modul pada Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan Kelas XI SMA Negeri Gondang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5 (1). 143-152.
  12. Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: UNY Press.
  13. Sari, V. T. A., & Hidayat, W. (2019). The Students’ Mathematical Critical and Creative Thinking Ability in Double-Loop Problem Solving Learning. International Seminar on Applied Mathematics and Mathematics Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1315 012024. doi: 10.1088/1742-6596/1315/1/012024
  14. Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. 8(2). 112-122. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
  15. Udiyah, I, N, A., & Pujiastutik, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference. 14 (1). 540-544.
  16. Wahyudiati, D. & Fitriani. (2021). Etnokimia: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 5(2). 102-111. https://doi.org/10,23887/jpk.v512.38537
  17. Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Tatsqif. 14(2). 143–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27
  18. Wahyudiati, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kearifan Lokal Sasak (PBMTKLS) pada Pembelajaran Kimia untuk Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Kognitif Mahasiswa. (Disertasi). Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
  19. Wahyudiati, D. (2022). The Critical Thinking Skills and Scientific Attitudes of Pre-Service Chemistry Teachers Through the Implementation of Problem-Based Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 8(1). 216–221. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1278
  20. Wahyudiati, D., Rohaeti, E., Irwanto, Wiyarsi, A., & Sumardi, L. (2020). Attitudes Toward Chemistry, Self-Efficacy, And Learning Experiences of Pre-Service Chemistry Teachers: Grade Level and Gender Differences. International Journal of Instruction. 13(1). 235–254. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13116a
  21. Zikrullah, M., Wildan., & Yayuk, A. (2016). Studi Magister Pendidikan IPA Program Pasca Sarjana IPA Universitas Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 2(2).