Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain yang digunakan ialah desain kuasi eksperimen non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes terdiri dari pre-test dan post-test berupa 15 butir soal pilihan ganda. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu media infografis tentang kesetimbangan kimia. Analisis hipotesis menggunakan uji t (one sample t-test) dan uji paired sample t-test menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep kesetimbangan kimia peserta didik yang diajarkan menggunakan media infografis dan yang tidak menggunakan media infografis berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t-test mengalami peningkatan. Namun, dilihat dari rata-rata nilai post-test peserta didik kelas eksperimen tidak lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga, pengaruh terhadap media infografis dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep kesetimbangan kimia peserta didik berdasarkan hasil perhitungan uji t (one sample t-test) berupa taraf signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ha diterima dan berdasarkan perhitungan paired sample t-test dihasilkan sebesar 11,92%.

Keywords

Discovery Learning Infographics Concept Understanding

Article Details

How to Cite
Sarah, M., Muna, K., & Rahmawati, H. (2022). PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PESERTA DIDIK: THE EFFECT OF INFOGRAPHIC MEDIA USING THE DISCOVERY LEARNING MODEL ON STUDENTS’ UNDERSTANDING OF THE CHEMICAL EQUILIBRIUM CONCEPT. SPIN JURNAL KIMIA & PENDIDIKAN KIMIA, 4(2). https://doi.org/10.20414/spin.v4i2.5847

References

  1. Apriyanti, N., Razak, R. A., Rahim, S. S. A., Shaharom, M. S. N., & Baharuldin, Z. (2020). Infographic Instructional Media as a Solution and Innovation in Physics Learning for Senior High School Students in Indonesia. International Journal of Information and Education Technology. 10(10). 773-780. doi: 10.18178/ijiet.2020.10.10.1457
  2. Azzajjad, M. F., & Ahmar, D. S. (2020). Analisis Kemampuan Simbolik Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Discovery. Jurnal Kreatif Online. 08(03). 202-207.
  3. Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19 . Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran. 01(02). 13-17. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v1i2.4948
  4. Boco Jr, N. O., Miralles, C. A., & Malindog Jr, E. A. (2020). The Effectiveness of Infographics in Teaching Chemical Bonding. Solid State Technology. 63(1). 150-157. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.28990.92485
  5. Creswell, J. W. (2019). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: UNDIP.
  7. Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. Jurnal Pendidikan Informatika. 02(01). 24-33. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868
  8. Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
  9. Mcguire, S. (2019). “What Are the 9 Types of Infographics? (+Infographic Templates)”. https://venngage.com/blog/9-types-of-infographic-template/ diakses pada 10 September 2022.
  10. Nurlindasari, S., Sutisnawati, A., Nurmeta, I. K., Jumhadi, & Suryaman, D. (2022). Penerapan LKS Berbasis Wayang Sukuraga terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 3. Jurnal Basicedu. 06(03). 5370-5377. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2908
  11. Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  12. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  13. Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektifitas Infografis sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual. 04(01).
  14. Taufik, M. (2012). Infografis sebagai Bahasa Visual pada Surat Kabar Tempo. Techno.COM. 11(04). 156-163.
  15. Trijono, R. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Papas Sinar Sinanti.
  16. Winarno, E., Zaki, A., & Community, S. (2015). Panduan Dasar SPSS. Jakarta: PT Gramedia.
  17. Wulandari, Y. I., Sunarto, & Totalia, S. A. (2015). Implementasi Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 01(02). 01-21. https://doi.org/10.20961/bise.v1i2.17972