Main Article Content
Abstract
E-Learning Madrasah (ELM) adalah suatu Learning Management Sistem (LMS) yang dibuat oleh Kementerian Agama untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kualitas E-Learning Madrasah dan pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada 70 siswa; wawancara siswa dan guru; serta dokumentasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berpendapat bahwa semua indikator pada aspek kualitas E-Learning Madrasah (kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna) adalah baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa E-Learning Madrasah memiliki kualitas yang baik. Namun pada aspek pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah hanya indikator efisien yang menurut mayoritas siswa dalam kategori baik, sementara tiga indikator lainnya (pembelajaran yang aktif, pembelajaran yang lebih baik, dan persepsi efektivitas) dalam kategori buruk. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah hanya baik dalam hal efisiensi pembelajaran. Kualitas E-Learning Madrasah bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran kimia menggunakan ELM, faktor lain seperti karakteristik siswa, desain pembelajaran, karakteristik konten pembelajaran, karakteristik guru, dan juga lingkungan turut memengaruhi efektivitas pembelajaran daring dan faktor-faktor ini tidak bisa berdiri sendiri.E-Learning Madrasah (ELM) adalah suatu Learning Management Sistem (LMS) yang dibuat oleh Kementerian Agama untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kualitas E-Learning Madrasah dan pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada 70 siswa; wawancara siswa dan guru; serta dokumentasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa berpendapat bahwa semua indikator pada aspek kualitas E-Learning Madrasah (kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna) adalah baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa E-Learning Madrasah memiliki kualitas yang baik. Namun pada aspek pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah hanya indikator efisien yang menurut mayoritas siswa dalam kategori baik, sementara tiga indikator lainnya (pembelajaran yang aktif, pembelajaran yang lebih baik, dan persepsi efektivitas) dalam kategori buruk. Dengan demikian dapat diketahui bahwa pembelajaran daring kimia menggunakan E-Learning Madrasah hanya baik dalam hal efisiensi pembelajaran. Kualitas E-Learning Madrasah bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran kimia menggunakan ELM, faktor lain seperti karakteristik siswa, desain pembelajaran, karakteristik konten pembelajaran, karakteristik guru, dan juga lingkungan turut memengaruhi efektivitas pembelajaran daring dan faktor-faktor ini tidak bisa berdiri sendiri.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2021, Agustus). Structured or Semi-structured Interviews. Bandung: CRMS Indonesia.
- Alonemara, A. (2022). Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss pada Siswa . Diklabio Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 160-172. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.160-172
- Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
- Cahaya, N., Sari, R. P., & Nurhafidhah. (2022). Analisis Hasil Pelaksanaan dan Kendala Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri Kota Langsa. KATALIS Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia, 5(1), 36-46. https://doi.org/10.33059/katalis.v5i1.5096
- Calafeto, F., & Lanubile, F. (2010). Chapter 6 - Communication Media Selection or Remote Interaction of Ad Hoc Groups. In M. V. Zelkowitz, Advances in Computers : Improving Web (pp. 271- 313). San Diego, USA: Elsevier. https://doi.org/10.1016/S0065-2458%2810%2978006-2
- Chaw, L. Y., & Tang, C. M. (2018). What Makes Learning Management System Effective for Learning. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1-18. http://dx.doi.org/10.1177/0047239518795828
- Farida, L. D. (2017). Developer Tools Sebagai Alternatif Pengukuran User Experience Pada Website. Jurnal Ilmiah DASI, 18(1), 31-36. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/1831/1553
- Habayahan, A., Ritonga, M., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Sikap Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Tingkat SMA di Kecamatan Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal, 4(1), 107-114. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2240
- Kemenag. (2023). Bersama E-Learning Madrasah Siap Menyongsong Masa Depan Gemilang.
- Kite, J., E, S. T., Zhang, Y., Craske, S., & Dickson, M. (2020). Exploring Lecturer and Student Perceptions and Use of A Learning Management System in A Postgraduate Public Health Environment. E-Learning and Digital Media, 17(3), 183-198. https://doi.org/10.1177/2042753020909217
- Kwon, K., Park, S. J., Shin, S., & Chang, C. Y. (2019). Effects of Different Types of Instructor Comments in Online Discussions. Distance Education, 40(2), 226-242. http://dx.doi.org/10.1080/01587919.2019.1602469
- Liaw, S. (2008). Investigating Students' Perceived Satisfaction, Behavioral Intention, and Effectiveness of E-Learning: A Case Studyof the Blackboard System. Computers & Education, Vol 5, Issues 2, 51(2), 864-873. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2007.09.005
- Marlina, D., Sari, F., & Ismiati. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 266-273). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
- Miao, J., Chang, J., & Ma, L. (2022). Teacher–Student Interaction, Student–Student Interaction and Social Presence: Their Impacts on Learning Engagement in Online Learning Environments. The Journal of Genetic Psychology-Research and Theory on Human Development, 18(6), 514-526. https://doi.org/10.1080/00221325.2022.2094211
- Moore, M. (1989). Three Types of Interaction. The American Journal of Distance Education, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.1080/08923648909526659
- Noesgaard, S. S., & Orngreen, R. (2015). The Effectiveness of E-Learning : An Explorative and Integrative Review of the Definition, Methodologies and Factors that Promote e-Learning Effectiveness. The Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 278-290. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1062121.pdf
- Pham, T., Le, H., & Trang, D. (2021). The Factors Affecting Students' Online Learning Outcomes during the Covid-19 Pandemic : A Bayesian Exploratory Factor Analysis. Hindawi Education Research International, 2021, 1-13. https://doi.org/10.1155/2021/2669098
- Prigantini, R. D., & Kusmajid, A. (2022). Perubahan Perilaku Belajar dan Psikologis Siswa saat Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 986-1001. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2755
- Purwanto, K. K., Faizah, F., & Nurillah, H. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Journal of Chemical Education, 11(1), 14-22. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p14-22
- Remali, A. M., Zulkhepli, F. Z., Selavathy, J., Sanusi, N. S., & Aris, N. M. (2015). Understanding the impact of student' Perception in Learning toward Academic Performance. National Symposium & Exhibition on Bussiness & Accounting 2015 (NSEBA IV), (pp. 1-9).
- Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri 6 Kota Serang pada Masa Pandemi Covid-19. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90-97. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088
- Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(1), 91-102. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.255
- Roy, R., & Al-Absy, M. S. (2022). Impact of Critical Factors on the Effectiveness of Online Learning. Sustainability 14, 14073, 1-12. https://doi.org/10.3390/su142114073
- Sarkol, K. (2016). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Kaimana Papua Barat. (Tesis): Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.
- Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
- Talanquer, V. (2011). Macro, Submicro, and Symbolic : The Many Faces of The Chemistry "triplet". International Journal of Science Education, 33(2), 179-195. https://doi.org/10.1080/09500690903386435
- Wardana, A. N., Hairunnisa, & Wibowo, S. E. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa SMAN 2 Samarinda terhadap Minat dalam Memilih Universitas Mulawarman (Studi Pada Siswa Kelas 3). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4), 327-341.
- WHO. (2020, September 9). Timeline of WHO's Response to Covid-19. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline
- Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
References
Alijoyo, A., Wijaya, B., & Jacob, I. (2021, Agustus). Structured or Semi-structured Interviews. Bandung: CRMS Indonesia.
Alonemara, A. (2022). Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss pada Siswa . Diklabio Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(2), 160-172. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.2.160-172
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Cahaya, N., Sari, R. P., & Nurhafidhah. (2022). Analisis Hasil Pelaksanaan dan Kendala Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri Kota Langsa. KATALIS Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia, 5(1), 36-46. https://doi.org/10.33059/katalis.v5i1.5096
Calafeto, F., & Lanubile, F. (2010). Chapter 6 - Communication Media Selection or Remote Interaction of Ad Hoc Groups. In M. V. Zelkowitz, Advances in Computers : Improving Web (pp. 271- 313). San Diego, USA: Elsevier. https://doi.org/10.1016/S0065-2458%2810%2978006-2
Chaw, L. Y., & Tang, C. M. (2018). What Makes Learning Management System Effective for Learning. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1-18. http://dx.doi.org/10.1177/0047239518795828
Farida, L. D. (2017). Developer Tools Sebagai Alternatif Pengukuran User Experience Pada Website. Jurnal Ilmiah DASI, 18(1), 31-36. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/1831/1553
Habayahan, A., Ritonga, M., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Sikap Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Tingkat SMA di Kecamatan Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal, 4(1), 107-114. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2240
Kemenag. (2023). Bersama E-Learning Madrasah Siap Menyongsong Masa Depan Gemilang.
Kite, J., E, S. T., Zhang, Y., Craske, S., & Dickson, M. (2020). Exploring Lecturer and Student Perceptions and Use of A Learning Management System in A Postgraduate Public Health Environment. E-Learning and Digital Media, 17(3), 183-198. https://doi.org/10.1177/2042753020909217
Kwon, K., Park, S. J., Shin, S., & Chang, C. Y. (2019). Effects of Different Types of Instructor Comments in Online Discussions. Distance Education, 40(2), 226-242. http://dx.doi.org/10.1080/01587919.2019.1602469
Liaw, S. (2008). Investigating Students' Perceived Satisfaction, Behavioral Intention, and Effectiveness of E-Learning: A Case Studyof the Blackboard System. Computers & Education, Vol 5, Issues 2, 51(2), 864-873. http://dx.doi.org/10.1016/j.compedu.2007.09.005
Marlina, D., Sari, F., & Ismiati. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 266-273). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Miao, J., Chang, J., & Ma, L. (2022). Teacher–Student Interaction, Student–Student Interaction and Social Presence: Their Impacts on Learning Engagement in Online Learning Environments. The Journal of Genetic Psychology-Research and Theory on Human Development, 18(6), 514-526. https://doi.org/10.1080/00221325.2022.2094211
Moore, M. (1989). Three Types of Interaction. The American Journal of Distance Education, 3(2), 1-7. https://doi.org/10.1080/08923648909526659
Noesgaard, S. S., & Orngreen, R. (2015). The Effectiveness of E-Learning : An Explorative and Integrative Review of the Definition, Methodologies and Factors that Promote e-Learning Effectiveness. The Electronic Journal of E-Learning, 13(4), 278-290. http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1062121.pdf
Pham, T., Le, H., & Trang, D. (2021). The Factors Affecting Students' Online Learning Outcomes during the Covid-19 Pandemic : A Bayesian Exploratory Factor Analysis. Hindawi Education Research International, 2021, 1-13. https://doi.org/10.1155/2021/2669098
Prigantini, R. D., & Kusmajid, A. (2022). Perubahan Perilaku Belajar dan Psikologis Siswa saat Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 986-1001. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2755
Purwanto, K. K., Faizah, F., & Nurillah, H. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Journal of Chemical Education, 11(1), 14-22. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p14-22
Remali, A. M., Zulkhepli, F. Z., Selavathy, J., Sanusi, N. S., & Aris, N. M. (2015). Understanding the impact of student' Perception in Learning toward Academic Performance. National Symposium & Exhibition on Bussiness & Accounting 2015 (NSEBA IV), (pp. 1-9).
Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring di SMA Negeri 6 Kota Serang pada Masa Pandemi Covid-19. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90-97. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088
Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(1), 91-102. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.255
Roy, R., & Al-Absy, M. S. (2022). Impact of Critical Factors on the Effectiveness of Online Learning. Sustainability 14, 14073, 1-12. https://doi.org/10.3390/su142114073
Sarkol, K. (2016). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Kaimana Papua Barat. (Tesis): Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Talanquer, V. (2011). Macro, Submicro, and Symbolic : The Many Faces of The Chemistry "triplet". International Journal of Science Education, 33(2), 179-195. https://doi.org/10.1080/09500690903386435
Wardana, A. N., Hairunnisa, & Wibowo, S. E. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa SMAN 2 Samarinda terhadap Minat dalam Memilih Universitas Mulawarman (Studi Pada Siswa Kelas 3). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(4), 327-341.
WHO. (2020, September 9). Timeline of WHO's Response to Covid-19. Retrieved from World Health Organization: https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100