Pelatihan pengembangan produksi gula briket aren dengan pengemasan menarik yang memiliki nilai jual tinggi bagi masyarakat Desa Bukit Tinggi

Authors

  • Ahmad Sulhan Institut Agama Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i2.2394

Keywords:

Pengembangan, produksi gula briket aren, kemasan menarik, nilai jual tinggi

Abstract

[Bahasa]Dalam mengembangkan produksi gula briket aren dengan kemasan menarik yang memiliki nilai jual tinggi sebagai trend konsumen yang cenderung mudah tertarik dengan kemasan menarik sekarang ini, karena itu hasil pelatihan ini mengedepankan konsep fungsi kemasan bukan hanya menjadi pelindung untuk sebuah produk, melainkan sebuah kemasan juga harus mampu memberi citra bagi produk, dengan demikian produk akan dengan mudah dapet diingat melalui kemasannya. Rasa dari produk yang enak tidaklah cukup untuk menarik pembeli, sehingga penambahan unsur visual agar produk menjadi lebih menarik bagi pembeli sangatlah penting. Pengabdian ini bertujuan untuk:(1) Membangun mindset pengusaha gula briket aren yang kreatif dan percaya diri, (2) Mendesain pengemasan menarik yang memiliki nilai jual tinggi. Pengabdian ini menggunakan strategi-strategi yang dilakukan secara partisipatif untuk mencapai kondisi harapan tersebut, antara lain Livelihood Analysis dan Trends and Changes. Hasil pengabdian ini dapat mengembangkan kemasan gula briket aren yang menarik memiliki nilai jual tinggi berdasarkan Brand Image yang ingin ditampilkan pada kemasan tradisional dan modern yaitu simplicity. Ilustrasi yang ditambahkan adalah gambar pohon aren sebagai penegas bahwa produk-produk yang dihasilkan terbuat dari pohon aren. Serta ditambahkan pula identitas produksi: KUBE Bukit Aren, Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari, Kontak Person, dan gambar Gula Briket Aren. Dan juga terdapat motif kebon aren memberikan kesan alami yang melambangkan bahwa produk-produk Gula Briket Aren tersebut dibuat secara alami. Aplikasi Desain Logo Gula Briket Aren mempunyai kesan simplicity dan tradisional untuk menampilkan produk yang dijual yaitu gula aren yang diolah secara tradisional dan alami yaitu dengan pemakaian logogram dan logotype yang menunjang logo. Proses pembuatan logo Gula Briket Aren dimulai dari proses thumbnail, tight tissue, dan final.

Kata Kunci: Pengembangan, produksi gula briket aren, kemasan menarik, nilai jual tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, Sean. Master of Design: Logos and Identity. Massachusetts : Rockport Publishers, Inc., 2008.

Cenadi, Christine Suharto. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran, Nirmana Vol. 2, No. 1, Januari 2000.

“Gula Aren”. Bank Indonesia. 2009. 10 Mei 2009. http://arenindonesia.wordpress.com/panduan-tentangaren/bank-indonesia/>

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketiga. Jakarta: PN Balai Pustaka, 2001.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, “Kemasan”. Arti Kata. 2013.

Klimchuk, Marianne R., dan Sandra Krasovec. Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai Dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta : Erlangga, 2007.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Trans. Budiman Mahendra. Jakarta : PT. Prenhallindo, 1998.

“Kenapa Gula Aren Lebih Sehat Dari Gula Pasir?”. Detik Health. 2011. 11 Januari 2011. http://health.detik.com/read/kenapa-gula-aren-lebihsehat-dari-gula-pasir>

“Kemasan”. Arti Kata. 2013. 7 Februari 2013. Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia, 2009.

Sanyoto, Sajiman Ebdi. Nirmana: Dasar-dasar Seni dan Desain.Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

Downloads

Published

2016-07-31

How to Cite

Sulhan, A. (2016). Pelatihan pengembangan produksi gula briket aren dengan pengemasan menarik yang memiliki nilai jual tinggi bagi masyarakat Desa Bukit Tinggi. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12(2), 124–133. https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i2.2394