Pendampingan manajemen pada pelaksanaan program kelas khusus Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Yusuf Abdusatar Kediri
DOI:
https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.7363Keywords:
Al-Qur’an, kelas khusus, Madrasah Ibtidaiyah, manajemenAbstract
[Bahasa]: Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yusuf Abdusatar memiliki program unggulan yaitu kelas khusus Al-Qur’an. Pengajar yang dimiliki juga merupakan para penghapal Al-Quran. Namun manajemen pengelolaan program kelas khusus ini belum terstruktur dengan baik. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pendampingan manajemen pada pelaksanaan program kelas khusus Al-Qur’an. Kegiatan pendampingan dilakukan melalui pelatihan dan praktek langsung. Metode pengabdian masyarakat ini adalah Participatory Rural Apraisal (PRA) melalui pola pelatihan dan praktik langsung dengan strategi model pemberdayaan masyarakat partisipatif. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yusuf Abdusatar dengan partisipan seluruh pengasuh/pembina dan santri di MI Yusuf Abdusatar. Hasil kegiatan menyimpulkan bahwa penyelenggaraan kegiatan pendampingan manajemen pada program kelas khusus Al-Qur’an memberikan dampak yang cukup signifikan pada para pengurus lembaga pendidikan dan pengasuh santri terkait pelaksanaan manajemen program. Selain itu, para pengurus dan pengasuh santri sebagai pelaksana program kelas khusus Al-Qur’an juga mampu melakukan kegiatan evaluasi program dan penyelesaian masalah yang dihadapi selama pelaksanaan program khusus ini. Bahkan para pengasuh santri mampu menentukan metode dan teknik bimbingan bagi para santri yang aktif, inovatif dan kreatif yang berdampak pada peningkatan mutu santri. Hasil kegiatan ini juga masih bisa dilanjutkan untuk meningkatkan kompetensi para pengurus dan pengasuh santri dalam membuat perencanaan program kelas khusus Al-Qur’an ataupun program lainnya. Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga bisa fokus pada pengembangan kompetensi teknologi digital para pengurus dan pengasuh santri sehingga mereka bisa menerapkan kemampuan itu pada manajemen lembaga.
Kata Kunci: Al-Qur’an, kelas khusus, Madrasah Ibtidaiyah, manajemen
[English]: Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yusuf Abdustar has a superior program, namely the Al-Qur'an particular class. The teachers are also memorizers of the Al-Quran, but the management of this program is not well structured. Therefore, this community service program aims to assist management in implementing the Al-Qur'an particular class program. Assistance activities are carried out through training and hands-on practice. The method used Participatory Rural Appraisal (PRA) through training and hands-on practice with a participatory community empowerment model strategy. The partner for this program is Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yusuf Abdusatar, with the participation of all caregivers/coaches and students at MI Yusuf Abdusatar. The results concluded that implementing management assistance activities in the Al-Qur'an particular class program had a significant impact on administrators of educational institutions and caregivers of students regarding the implementation of program management. In addition, administrators and caregivers of the students as executors of the Al-Qur'an particular class program can also conduct program evaluation activities and solve problems encountered during the implementation of this particular program. Even the caregivers of the santri can determine guidance methods and techniques for the santri, which are active, innovative and creative, which have an impact on improving the quality of the santri. The results of this activity can also be continued to improve the competence of administrators and caregivers of students in planning special Al-Qur'an class programs or other programs. In addition, the community service team can also focus on developing digital technology competencies for administrators and caregivers of students so that they can apply these skills to institutional management.
Keywords: Al-Qur'an, particular class, Madrasah Ibtidaiyah, management
Downloads
References
Achyar, A. (2019). Konsep manajemen mutu terpadu dan implementasinya dalam pendidikan islam studi kasus di pondok pesantren Darul Muttaqien Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 193–218. https://doi.org/10.32832/TAWAZUN.V10I2.1161
Ademika, Islamic. (2016). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur'An dan Hadits. Abdul Ghoffar.
Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode tahfidz al-qur’an di pondok pesantren kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91-102. https://doi.org/10.24014/JUSH.V24I1.1517
Alawamleh, H. S., Bdah, A., & Alahmad, N. (2013). The Impact of Planning on the Quality of Educational Programs at Al- Balqa’ Applied University. International Journal of Business Administration, 4(5). https://doi.org/10.5430/IJBA.V4N5P38
Ampry, E. S. (2018). Penerapan perencanaan strategis dalam penyusunan program pendidikan. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 1(2), 173–188.
Bahruddin, AH., & Mujahidin, E. (2018). Metode Tahfizh Al-Qur`an untuk Anak-Anak pada Pesantren Yanbu’ul Qur’an Kudus Jawa Tengah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 195. https://doi.org/10.32832/TADIBUNA.V6I2.1062
Chotimah, C., Rifai Rc, A., Prihatin, T., Tahfidz Al Qur, M., Syatibi Sholih, an, & Info, A. (2018). The Management of the Tahfidz Al Qurâ€TMan Education Program in Children Tahfidh Yanbuâ€TMul Qurâ€TMan Islamic Boarding School Kudus. Educational Management, 7(1), 39–45.
Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan tahfizh Al-Quran di pesantren tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 325–348. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6445
Faqih, N. (2020). Integrasi Program Tahfidz dengan Sekolah Formal di Pondok Pesantren Anak. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.31332/ATDBWV13I2.1134
Fatah, A. (2014). Dimensi keberhasilan pendidikan islam program tahfidz Al-Qur’an. Edukasia?: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V9I2.779
Fauz, H. N., Perawironegoro, D., & Suyadi, S. (2020). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Sebagai Strategi Efektif Dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 147-153. https://doi.org/10.35673/AJMPI.V10I2.994
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/TAALUM.2016.4.1.63-81
Lie, V., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Manajemen Mutu Terpadu: Suatu Pendekatan Transformatif Gerakan Mutu secara Mandiri pada Perguruan Tinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 55–61. https://doi.org/10.24036/JBMP.V10I1.112129
Narayanasamy, N. (2014). Participatory Rural Appraisal?: Principles , Methods and Application Participatory Mapping.
Mardhiyah, A. N., & Imran, A. I. (2019). Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada Anak melalui Komunikasi Interpersonal. Nyimak: Journal of Communication, 3(2), 97. https://doi.org/10.31000/NYIMAK.V3I2.1204
Mokoginta, H. E. L. (2012). Implementasi manajemen mutu terpadu dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Prosiding APTEKINDO, 6(1).
Priyatna, M. (2017). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Edukasi Islami?: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21. https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.87
Qamariah, N., Handayani, R., & Sonedi, S. (2022). Pemberdayaan dan peningkatan kemampuan manajemen usaha industri jamu tradisional kalimantan tengah melaluiteknologi diversifikasi produk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2131–2141. https://doi.org/10.31764/JMM.V6I3.8187
Qomarudin, A., Ma’had Aly, S., & Malang, A.-H. (2020). Inovasi pengembangan pendidikan islam melalui program unggulan. Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 133–152. https://doi.org/10.32478/talimuna.v9i2.490
Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur`An di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 65–76. https://doi.org/10.30631/INNOVATIO.V19I1.78
Supian, S., Vahlepi, S., & Sholiha, M. (2019). Strategi pemotivasian dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. tarbawy?: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 176–186. https://doi.org/10.17509/T.V6I2.19679
Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary?: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Sulhan, Nurul Lailatul Khusniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.