Upaya maksimalisasi kompetensi paedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di Mts Al-Ikhlasiyah Perampuan Labuapi Lombok Barat

Authors

  • Abdul Fattah Institut Agama Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2404

Keywords:

kompetensi paedagogis, eterampilan dasar mengajar, keterampilan membuka, keterampilan menjelaskan, keterampilan menutup, hypnoteaching

Abstract

[Bahasa]Dalam rangka maksimalisasi kompetensi paedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan, Labuapi, Lombok Barat. Madrasah ini telah berdiri sejak 27 tahun lalu, namun masih banyak menghadapi hambatan, terutama berkaitan dengan masalah kualifikasi dan kompetensi guru. Kompetensi guru MTs Al-Ikhlasiyah Perampuan telah dilakukan pembinaan dan pengembangan secara fungsional, sehingga memiliki kompetensi yang tinggi, terutama dalam hal kompetensi paedagogis dasar bagi seorang guru, yang meliputi komptensi membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, dan sebagainya. Dalam kegiatan pembekalan-pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan orientasi dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap guru MTs Al-Ikhlasiyah yang menjadi peserta sebanyak 15 orang tentang konsep-konsep upaya peningkatan kompetensi paedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar yang mutakhir. Kegiatan ini dalam penerapannya menggunakan metode ceramah, diskusi maupun latihan tugas tentang berbagai penting terkait kompetensi paedagogis guru. Termasuk dalam hal ini adalah konsep hypnoteaching dalam pembelajaran sebagai bagian dari metode menjelaskan. Sedangkan pendampingan merupakan kegiatan sebagai follow up dari kegiatan pembekalan-pelatihan agar guru yang berjumlah 15 orang selaku peserta tersebut benar-benar memiliki skill terbaru yang terkait dengan kepentingan implementasi kompetensi paedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar. Kegiatan pemberdayaan Kompetensi Paedagogis Guru Berbasis Keterampilan Dasar Mengajar dan Metode Hypnoteaching di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlasiyah Desa Perampuan, Kabupaten Lombok Barat ini telah berjalan dengan lancar.

Kata Kunci: kompetensi paedagogis, keterampilan dasar mengajar, keterampilan membuka, keterampilan menjelaskan, keterampilan menutup, hypnoteaching

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dkk., Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Djamarah, Saiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Hanafiah, dkk., Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung :PT Refika Aditama, 2010.

Jaya, Novian Triwidia, Hypno Teaching “Bukan Sekedar Mengajar, Bekasi: D-Brain, 2010.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru), Jakarta: Gaung Persada (GP), 2012.

Noer, Muhammad, Hypno Teaching for Succes Learning, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2010.

Nurrahmah, Potret Buram Pendidikan Daerah Miskin di Indonesia: Becermin dari Dompu Nusa Tenggara Barat, Mataram: Insan Madani Institute Mataram, 2014.

Saudagar, Fachruddin dan Ali Idrus, Pengembangan Profesionalitas Guru, Jakarta: Gaung Persada, GP Press, 2009.

Shaleh, Abdul Rahman, Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Situmorang, Robinson, Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (MI) untuk Pencapaian Kompetensi dalam Pembelajaran, dalam Mozaik Teknologi Pendidikan, eds. Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar, Jakarta: Kencana, 2008.

Soetjipto dan Kosasi, Profesi Keguruan, Jogjakarta: CV Wicaksana, 2012.

Suyanto dan M.S. Abbas, Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2004.

Tilaar, H.A.R, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta: PT Grasindo, 2002.

Tim FKIP, Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)- PGSD, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Yustisia, N., HYPNOTEACHING: Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Downloads

Published

2016-01-31

How to Cite

Fattah, A. (2016). Upaya maksimalisasi kompetensi paedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di Mts Al-Ikhlasiyah Perampuan Labuapi Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 12(1), 16–30. https://doi.org/10.20414/transformasi.v12i1.2404