Peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat

Authors

  • Abdul Fattah Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.571

Keywords:

paedagogical competence, hypnoteaching, basic teaching skills

Abstract

[Bahasa]Artikel ini memaparkan peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung. Madrasah ini telah berdiri sejak 30 tahun lalu, namun masih banyak menghadapi hambatan, terutama berkaitan dengan masalah kualifikasi dan kompetensi guru. Kompetensi guru MI Nurul Karim NW Kebon Ayu telah dilakukan pembinaan dan pengembangan secara fungsional, sehingga memiliki kompetensi yang tinggi, terutama dalam hal kompetensi pedagogis dasar bagi seorang guru, yang meliputi komptensi membuka dan menutup pelajaran, keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, dan sebagainya. Dalam kegiatan pembekalan-pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan orientasi dengan tujuan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap guru MI Nurul Karim NW Kebon Ayu yang menjadi peserta sebanyak 15 orang tentang konsep-konsep upaya peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar yang mutakhir. Kegiatan ini dalam penerapannya menggunakan metode ceramah, diskusi maupun latihan tugas tentang berbagai penting terkait kompetensi pedagogis guru. Termasuk dalam hal ini adalah konsep hypnoteaching dalam pembelajaran sebagai bagian dari metode menjelaskan. Sedangkan pendampingan merupakan kegiatan sebagai follow up dari kegiatan pembekalan-pelatihan agar guru yang berjumlah 15 orang selaku peserta tersebut benar-benar memiliki skill terbaru yang terkait dengan kepentingan implementasi kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar.

Kata Kunci: kompetensi pedagogis, hypnoteaching, keterampilan dasar mengajar

[English]This article describes the improvement of teacher pedagogical competencies based on basic teaching skills at MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung. This madrasa has been established since 30 years ago, but still faces many obstacles, especially related to the problem of teachers’ competence. The competence of teachers at Nuron Karim NW in Kebon Ayu has been improved and developed through a functional way so that they have high competence, especially in pedagogical competencies which includes competence to open and close lessons, asking skills, explaining skills, and so on. The training program was intended to provide orientation by providing insights and knowledge to fifty teachers of Kebon Ayu MI Nurul Karim NW about the concepts of teacher pedagogical competency improvement based on the latest basic teaching skills. This program in its application uses lecture methods, discussions and exercises on various important tasks related to teacher pedagogical competence including the concept of hypnoteaching in learning as part of the method of explaining. While mentoring is a follow-up activity so that the participants really has the latest skills related to the importance of implementing teacher pedagogical competencies based on basic teaching skills.

Keywords: paedagogical competence, hypnoteaching, basic teaching skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman shaleh, Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005).

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991).

Azhar Arsyad. Media Pembelajaran. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 1999).

Djamarah dan Saiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005).

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).

Fachruddin Saudagar dan Ali Idrus. “Pengembangan Profesionalitas Guru”. (Jakarta: Gaung Persada (GP Press), 2009).

Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung : PT Refika Aditama, 2010).

H.A.R. Tilaar, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia (Jakarta: PT Grasindo, 2002).

Muhammad Noer, Hypno Teaching for Succes Learning (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2010).

Nurrahmah, Potret Buram Pendidikan Daerah Miskin di Indonesia: Becermin dari Dompu Nusa Tenggara Barat (Mataram: Insan Madani Institute Mataram, 2014).

N. Yustisia, HYPNOTEACHING: Seni Mengeksplorasi Otak Peerta Didik (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Novian Triwidia Jaya, Hypno Teaching “Bukan Sekedar Mengajar” (Bekasi: D-Brain, 2010).

Robinson Situmorang, “Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (MI) untuk Pencapaian Kompetensi dalam Pembelajaran”, dalam Mozaik Teknologi Pendidikan, eds. Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar (Jakarta: Kencana, 2008).

Soetjipto dan Kosasi, Profesi Keguruan (Jogjakarta: CV Wicaksaana, 2012).

Suyanto dan M.S. Abbas, Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2004).

Tim FKIP, Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)- PGSD (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008).

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). (Jakarta: Gaung Persada (GP), 2012).

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Fattah, A. (2018). Peningkatan kompetensi pedagogis guru berbasis keterampilan dasar mengajar di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 13–26. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.571