Optimalisasi mutu lulusan dengan pembekalan keterampilan berhitung model MARS (matematika dan aritmatika sederhana)

Authors

  • Intan Sari Rufiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dwi Avita Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.471

Keywords:

optimization of skills, math counting, jarimatika

Abstract

[Bahasa]Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini (PKM) adalah memberikan keterampilan terkait dengan kemampuan aritmetika sederhana pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo khususnya pada Operasi Aljabar (Penjumlahan dan Pengurangan). Keterampilan ini termasuk di luar kompetensi utama yang mendukung keilmuan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dalam implementasinya, mahasiswa mampu bersaing dengan lulusan dari Perguruan Tinggi lain. Kegiatan ini dilaksanakan untuk (1) mempersiapkan dan membekali para calon pendidik khususnya mahasiswa program studi matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo Semester VI dan Semester VIII dalam hal berhitung cepat, (2) memberikan motivasi pada mahasiswa untuk memiliki keterampilan lain yang mendukung keilmuan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan keterampilan berhitung dengan menggunakan jarimatika. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat membangkitkan motivasi dan membekali mahasiswa dengan keterampilan lain yang mendukung keilmuannya. Dari 30 mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM, sebanyak 50% berpendapat bahwa model berhitung ini sangat mudah diterapkan, 30% menyatakan mudah diterapkan, dan sisanya menyatakan cukup mudah diterapkan. Selain itu, 53% dari 30 peserta sangat paham terhadap konsep berhitung menggunakan jarimatika, 27% dari 30 peserta menyatakan paham, 17% menyatakan cukup paham dan 3% menyatakan sulit.

Kata kunci: optimalisasi keterampilan, berhitung matematika, jarimatika

[English]The purpose of this community service program is to provide students with simple arithmetic skills in the Mathematics Education Study Program at Universitas Muhammadiyah Ponorogo, especially in Algebra Operations (addition and subtraction) which include as the supporting competencies. This program is expected to prepare students for competing with graduates from other tertiary institutions. It was carried out to (1) prepare and equip prospective mathematics teachers in terms of fast counting, (2) provide motivation for students to have other skills that support their main competences. The program was in the form of numeracy skills training using Jarimatika. Of the 30 students who took part; 50% of the students agreed that the numeracy model is very easy to implement, 30% said it was easy to apply, and the rest stated it was quite easy to apply. In addition, 53% of the 30 participants understood the concept of arithmetic using Jarimatika, 27% expressed understanding, 17% stated that they understood well, and 3% stated that it was difficult. The program can arouse motivation and equip students with additional skills that can support their knowledge.

Keywords: optimization of skills; math counting; jarimatika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M.K. (2012). Teknik Belajar Cepat Jarimatika. Jakarta: Sandro Jaya.

Anthony, G. and Walshaw, M. (2009). Characteristics of Effective Teaching ofMathematics: A View from the West. Journal of Mathematics Education. 2(2), 147-164.

Astuti, T. (2013). Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media.

Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS 2015, 72-84.

Darsono. (2000). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gasindo.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.

Khumaidah, N. (2007). Panduan Belajar Mental Aritmatika. Gresik: Master.

Korn, J. (2014). Teaching conceptual understanding of mathematics via a hands-on approach. (Thesis). Diakses di https://pdfs.semanticscholar.org.

Mulwa, E.C. (2015). Difficulties Encountered By Students In The Learning And Usage Of Mathematical Terminology: A Critical Literature Review. Journal of Education and Practice, 6 (13), 27-37.

Mulyono, H., Hadiyah, dan Suparno. (2012). Peningkatan Pemahaman Operasi Perkalian di Sekolah Dasar dengan Menggunakan Teknik Jarimatika. Didaktika Dwija Indria, 2(3), 1-5.

Primayanti, G., Suwu, E.S., dan Appulembang, O.D. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Lentera Way Pengubuan Pada Topik Persamaan Garis Lurus. Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2),135-149.

Sitio, T. (2017). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6(1), 146-156.

Stephanie Lem, Patrick Ongheno, Lieven Verschaffel & Wim Van Dooren. (2013). On the Misinterpretation of Histograms and Box Plots. Educational Psychology: An International Journal of Experimental Educational Psychology. 33(2), 155-174.

Syifa, F.M. & Simatupang, N.D. (2015). Penggunaan sempoa dalam Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 4(2), 1-6.

Tambychik, T and Subahan, T.M.M. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say?. International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010), 142–151.

Wahyuni, N. (2016). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 2(1), 399-406.

Wulandari, S.C. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Jakarta: PT Kawasan Pustaka.

Wulandari, S.C. (2013). Pembelajaran Berhitung Penjumlahan dengan Jarimatika . Jurnal Keilmuan dan Kependidikan MIPA, 8(1), 1-11.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Rufiana, I. S., Wahyudi, W., & Nurhidayah, D. A. (2019). Optimalisasi mutu lulusan dengan pembekalan keterampilan berhitung model MARS (matematika dan aritmatika sederhana). Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 44–52. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.471

Most read articles by the same author(s)